8 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Hari Ayah. Sosok yang Selalu Mencintaimu Tanpa Kenal Lelah

Hal yang bisa kamu lakukan kepada ayah di Hari Ayah

Kalau daftar orang yang menyayangimu diurutkan, setelah ibu, ayah menempati posisi kedua. Meski ia cuek dan jarang berbincang denganmu, jangan sangsikan kepeduliannya kepadamu. Siapa yang memberimu uang jajan dari kecil hingga sekarang? Siapa yang membayari pendidikanmu? Siapa membelamu saat sedang tertimpa masalah dengan orang luar?

Advertisement

Kasih sayang ayah nggak perlu diragukan lagi. Tapi sayangnya, jika dibandingkan dengan ibu jarang sekali jasa ayah kamu kenang. Hayo coba ingat kapan terakhir kali kamu tulus mengucap terima kasih kepadanya? Sudah lama bukan? Nah mumpung sekarang tanggal 12 November alias Hari Ayah, 8 hal ini bisa kamu lakukan sebagai penghormatan dan rasa terima kasih karena sudah banyak berkorban untukmu selama ini.

1. Nggak ada salahnya memberikan kejutan kecil untuk ayah, seperti bawakan makanan atau kopi kesukaannya sepulang kamu beraktivitas

Bikinkan kopi via www.nlg.nhs.uk

Kapan terakhir kali kamu menunjukkan baktimu kepada ayah? Sesibuk-sibuknya kamu, nggak ada salahnya luangkan waktu sebentar untuk memberikan hadiah kecil di Hari Ayah. Cukup dengan membuatkan kopi atau makanan kesukaannya setelah kamu selesai beraktivitas untuk dia yang telah rela bertahun-tahun rela membanting tulang bekerja demi kamu dan keluarga.

2. Berikan beliau pijatan sepulangnya bekerja, agar ia tahu bahwa kau juga selalu mencintainya

Pijatan manja untuk ayah via nepaltraveller.com

Kamu yang sudah jarang bercengkrama dengan ayah, bisa menggunakan Hari Ayah ini sebagai momen mengembalikan kehangatan ikatan. Sepulang ayah kerja, mampirlah ke sisi ayah, pijitlah pundaknya yang lelah setelah bekerja seharian itu dengan cinta. Percayalah ayahmu pasti akan terkejut bahagia mendapat perlakuan istimewa darimu.

3. Kamu yang merantau, menelpon atau video call dengan ayah jelas penting, meski sekadar menanyakan kabarnya hari ini

Hubungi ayah via www.pexels.com

Untukmu para perantau, coba ingat kapan terakhir kali kamu menelpon ayah?

Memang kamu masih sering menghubungi ayah, tapi selain meminta uang bulanan apakah pernah kamu menyapanya? Nah di hari spesial ini sudah sepatutnya kamu menghubungi beliau. Kalau kamu susah untuk mengucapkan Selamat Hari Ayah kepada beliau, kamu bisa berbasa-basi dengan menanyakan kabar dahulu. Barulah setelah suasananya mencair, kamu utarakan maksud dan tujuanmu. Ucapkan terima kasih kepadanya.

4. Jangan lupa pula meminta maaf untuk segala kesalahan yang pernah kamu lakukan kepada ayah

Maaf ayah via www.pexels.com

Selain berterima kasih, Hari Ayah ini bisa kamu gunakan sebagai momen meminta maaf kepada ayah atas kesalahan yang pernah kamu lakukan kepadanya. Mungkin kamu merasa nggak pernah menyakiti ayah atau membuat beliau marah, namun kamu nggak pernah tahu yang ada di dalam perasaan beliau. Maka dari itu meminta maaflah selagi kamu bisa.

Advertisement

5. Mendoakan beliau agar selalu diberi kesehatan dan dimudahkan segala urusannya

Berdoa via www.unsplash.com

Dalam salah satu kitab suci, doa anak kepada orangtuanya sangat manjur dikabulkan oleh Yang Maha. Meski ayah nggak pernah meminta, tapi atas segala kebaikan yang telah beliau lakukan nggak ada salahnya untuk mendoakannya sehat selalu dan dilancarkan segala urusannya. Terutama bagi kamu yang telah ditinggal ayah, doamu sangat dibutuhkan ayah untuk membukakan jalannya menuju surga.

6. Nggak ada salahnya sesekali memberikan hadiah kepada ayah, sesuatu yang beliau inginkan tapi belum sempat dibeli

Kalau kamu sedang ada uang berlebih, nggak ada salahnya lho memberikan ayah kado sebagaimana yang beliau lakukan dulu kepadamu saat ulang tahun. Nggak perlu sesuatu yang mahal, cukup yang ia butuhkan saja. Sesuatu yang telah lama ayah tunda untuk membelinya.

7. Untuk menghargai jasa ayah kepadamu ucapkan, “Terima kasih, Ayah telah merawat, mendidik, dan memberikan banyak bekal hidup dari kecil hingga aku dewasa”

Ungkapan kasih sayang via www.unsplash.com

Selama ini mungkin kamu canggung untuk sekadar mengucap terima kasih kepada ayah secara verbal atas segala pengorbanan yang telah ia berikan. Nah mau sampai kapan kamu tunda? Sekaranglah momen yang tepat untuk mengungkapkannya. Beranikan dirimu untuk mengatakan semuanya.

8. Hari ayah adalah waktu yang tepat untukmu meminta restu untuk menikah. Hatinya pasti akan berbunga-bunga saat mendengarkan

Meminta restu via www.pexels.com

Kamu yang bingung meminta restu dari orangtua saat sudah mendapat lampu hijau dari kekasih, mungkin bisa menggunakan momen ini untuk mengatakannya. Setelah mengucapkan “Selamat Hari Ayah”, meminta maaf dan memberi hadiah, kamu bisa menyelipkan niatmu untuk menikah di momen bahagia ayah ini. Permintaan ini bisa menjadi puncak kebahagiaan ayah, hatinya akan merekah  berbunga-bunga mendengarnya.

Kalau dikalkulasikan sejak kamu lahir, mungkin segala hal yang kamu lakukan di sisa hidupmu nggak akan mampu membalas jasa ayah. Tapi setidaknya dengan hal sederhana pun kamu bisa bikin dia bahagia sebagai balas cintamu kepada beliau. Sebab mau kapan lagi? Mumpung ada momennya, lho.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE