Anak kos irit pengeluaran

Suka-duka jadi anak rantau cukup menguji diri, terutama saat akhir pekan tiba. Mau jalan-jalan bareng teman takut uang cepat habis. Mau di kosan seharian pasti nanti bosan. Kalau dipikir-pikir aktivitas yang bisa dilakuan anak rantau tanpa harus keluarkan banyak biaya sehari-hari cukup langka.

Tapi, sebenarnya ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan bareng teman-teman di kosan. Dijamin, kamu nggak akan bosan, kalau baru patah hati pun langsung bisa happy, dan nggak merasa kesepian lagi. Terlebih pengeluaranmu juga bakalan irit. Sudah terbayangkan asiknya seperti apa? Langsung disimak saja yuk, artikel berikut ini.

1. Movie marathon atau nonton drama korea selalu jadi pilihan seru. Silahkan pilih genre yang kalian suka

nonton drakor via www.sbs.com.au

Advertisement

Aktivitas padat pada hari kerja bikin kamu cuma pengen goler-goler manja saat akhir pekan. Biar leyeh-leyeh kamu di kosan nggak ngebosenin, coba ajak teman-teman kosan movie marathon atau nonton drama Korea (drakor). Tapi intinya, kalian bisa pilih genre apapun yang lagi ingin ditonton atau sekalian pamer koleksi film dan drakor masing-masing.

2. Bikin games yang ada sebagai pertandingan kecil-kecilan, hadiahnya cukup jajanin es krim pasti menyenangkan

yang menang dibelikan es krim via www.thebunyion.com

Namanya juga akhir pekan, inginnya cuma santai-santai di kamar kos tersayang. Kamu bisa manfaatkan kenyamananmu yang malas gerak (mager) ke mana-mana dengan main games saja. Entah itu playstation, monopoli, main uno, atau catur, nggak ada salahnya kan. Nah, biar games lebih seru, kamu juga bisa jadikan itu sebagai pertandingan yang hadiahnya bakal dibelikan es krim.

3. Punya teman kosan yang kreatif? bisa kan ajak dia membuat barang-barang DIY berdua?

bikin diy bareng-bareng via www.americasbestracing.net

Daripada bengong-bengong nggak jelas di kamar, mending kamu dan teman-teman kompakan bikin barang-barang do it yourself (DIY). Terlebih kalau ada teman kos yang orangnya memang kreatif, kamu jadi punya benda-benda unik dengan memanfaatkan barang bekas di kosan. Hore, punya barang baru!

4. Kenapa nggak coba masak bareng? Lumayan perut kenyang dan skill masak pun bertambah

masak bareng via dorismarket.com

Advertisement

Karena berdiam diri di kosan pasti bikin perut sering lapar, kenapa kamu nggak ajak teman-teman buat masak bareng? Tentu kalian jadi lebih hemat karena bisa patungan beli bahan-bahan masaknya. Apalagi skill masak kamu juga bertambah, tuh seneng kan?

5. Ajak temanmu ootd-an, tinggal mix and match baju dan cari background photo yang bagus, akhir pekanmu jadi nggak membosankan

ootd seru-seruan via www.paulaandrewsphotography.com

Bisa dibilang kalau sudah di kosan kamu bakal sibuk main media sosial (medsos) yang ujung-ujungnya cuma buat kepoin mantan atau gebetan. Daripada kuotamu abis untuk hal nggak berfaedah semacam itu, bukankah lebih baik unggah foto hasil coba-coba outfit of the day bareng teman. Tinggal bongkar-bongkar lemari, saling pinjam pakaian, cari background foto yang bagus, dan gantian berfoto, upload deh.

6. Buat kamu yang cewek, nggak ada salahnya main dandan-dandanan, siapa tahu nantinya bisa buka usaha MUA beneran

main dandan-dandanan via www.justjared.com

Selain iseng ootd-an, kamu dan teman bisa banget main dandan-dandanan. Mulai dari tampilan natural make-up sampai glamour make-up, semua bisa kamu coba bareng teman. Kalian bisa saling share kosmetik masing-masing, terus hasilnya difoto dan di-upload  ke medsos deh. Siapa tahu nanti di-endorse. Alhamdulillah.

7. Atau bisa juga iseng cover song terus diunggah ke YouTube Channel

cover songs via www.pinterest.com

Nggak mesti punya suara merdu kayak penyanyi beneran, namanya juga cover song ya suka-suka kamu saja. Kamu bisa bareng sama teman kosan cover song sambil main gitar, terus nanti diunggah video atau rekaman suaranya ke YouTube Channel. Kalau nanti ada komentar yang isinya saran dan kritik, anggap saja sebagai masukan biar kualitas cover song kalian makin bagus.

8. Bersihkan kamar kos bareng-bareng. Kalau bukan pas akhir pekan, kapan lagi gotong royong peduli sama tempat tinggal bersama di perantauan?

ayo bersihkan kamar via www.proactiveclean.ca

Satu hal pasti yang bisa kamu dan teman-teman lakukan saat weekend tiba yaitu gotong-royong bersihkan kosan. Mulai dari merapikan isi lemari baju, buku-buku, sampai sarang laba-laba yang ada di langit-langit kamar memang nggak boleh ditunda lagi. Demi hidup bersih, sehat, dan lebih fresh tentunya!

Kedelapan hal seru tadi bisa kamu lakukan selama akhir pekan bareng teman-teman kosan. Namanya juga anak rantau, kamu harus pintar cari cara supaya nggak gampang bosan tinggal berjauhan dengan kampung halaman. Apalagi harus irit pengeluaran juga. Anyway, selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya