Dalam hidup ini, barangkali nggak ada yang bisa menandingi kasih sayang orangtua kepada anaknya. Contoh terdekatnya adalah orangtuamu sendiri yang nggak pernah putus memberi perhatian serta kasih sayangnya, meski semakin hari kamu semakin dewasa dan mandiri. Barangkat dari kepedulian tersebut rasanya kelewat kurang ajar kalau kebaikan mereka nggak kamu balas.

Sebagai anak, kamu tentunya juga sayang kepada mereka. Meskipun terkadang kamu kerap bersinggungan dengan keribetan-keribetan saat bapak – ibu bertanya tentang suatu hal, mulai dari masalah kesehatan yang sudah kelewat sering ditanyakan sampai masalah jodoh yang kamu malas menjawabnya. Nah berikut ini Hipwee coba merangkum 9 pertanyaan yang sering orangtuamu tanyakan.

1. “Bagaimana kabarnya, sehat-sehat saja kan?”

Bertanya keadaan via www.unsplash.com

Advertisement

Pertanyaan seputar kesehatan adalah hal wajib yang dilakukan orangtua meskipun kamu sudah dewasa dan mandiri. Kadang suka sebal sendiri karena tentunya kamu merasa sudah bisa menjaga diri sendiri. Tapi kamu harus memaklumi mereka sebab terkadang bayangan sosokmu saat kecil dulu masih kerap terbayang dalam benaknya.

2. “Kapan ambil cuti libur? nggak kangen bapak – ibu apa?”

Berkuliah di rantau, kemudian dilanjutkan bekerja membuat orangtuamu jarang melihat sosokmu di rumah. Meski sudah mengetahui bahwa kamu nggak pulang bukan karena nggak kangen rumah, melainkan karena belum libur, tapi tetap saja orangtuamu pasti selalu mengingatkan untuk segera pulang saat ada waktu senggang.

3. “Bagaimana kerjaan, lancar? Suasana kantor aman-aman aja kan ?”

Masalah pekerjaan via www.unsplash.com

Masalah pekerjaan juga nggak kalah sering ditanyakan. Wajar sih sebenarnya, cuma kadang-kadang yang bikin sebal adalah pertanyaan semacam “Kerjanya ngapain sih?” diulang-ulang padahal sudah sering dijelaskan panjang lebar. Maklumin saja, namanya juga orangtua banyak pikiran jadi suka lupa.

4. “Nak, ada pendaftaran CPNS tuh, kamu nggak mau coba?”

Advertisement

Meski tahu bahwa sekarang kamu sudah bekerja, satu hal yang pasti sering ditanyakan adalah ketika tes CPNS sedang bukaan. Di situ kadang kamu suka sebal soalnya kamu sudah pernah menjelaskan bahwa belum siap kalau suruh jadi PNS sekarang, masih pingin bebas. Tapi ya namanya juga orang tua, wajar jika mereka menginginkan hidupmu di masa depan sejahtera.

5. “Nak, ibu boleh minta tolong bantu belikan mesin cuci?”

Minta kiriman via www.unsplash.com

Selain soal kiriman bulanan, orangtua pun kadang menanyakan kesanggupan anaknya untuk membantu kebutuhan dadakan di rumah. Padahal harusnya si anak lebih peka dengan kondisi rumah, sebelum ibu atau bapaknya meminta. Kan memang sudah jadi tugas anak balik membantu orangtua ketika dirinya sudah bisa mandiri. Sebab harta anak itu, harta orangtua juga.

6. “Kapan mau nyusul teman-temanmu, nikah?”

Pingin punya cucu via www.pixabay.com

Pertanyaan ini adalah menjadi pertanyaan paling sukar dijawab olehmu. Dengan mengajukan pertanyaan seperti ini jelas bahwa orangtuamu sudah ingin segera menimang cucu. Namun pertanyaan ini seringkali menjadi dilematis sebab sejatinya kamu mau-mau saja menikah, namun cuma belum siap saja.

7. “Kamu udah calon belum, atau pacar gitu? Apa mau ibu bapak carikan?

Tanya pacar via www.pexels.com

Petanyaan semacam ini juga sering ditanyakan kepadamu. Kamu yang sudah sering bercerita tentang pacarmu tentu saja membuat penasaran orangtuamu untuk melihat siapa sosok yang mencintaimu selain mereka. Pertanyaan ini juga sekaligus sebagai cara mereka untuk menilai apakah pacarmu calaon pendamping yang baik untukmu di pelaminan nanti. Yang masih jomblo, sabar ya 😀

8. “Ibadahmu nggak pernah lupa ‘kan? Jangan nyari duit terus. Inget duit nggak dibawa ke akhirat”

Anjuran mengingat Tuhan via www.unsplash.com

Hal wajib yang sering diingatkan oleh orangtua manapun adalah perihal ibadah. Ya inilah bentuk perhatian yang sesungguhnya dari orangtuamu yang nggak mau anaknya menanggalkan keyakinannya. Mereka sekedar ingin mengingatkan bahwa ada yang lebih penting dari sekedar mengejar karir, yaitu mengejar bekal amal di akhirat nanti.

Itulah beberapa pertanyaan yang pasti sering ditanyakan oleh orangtuamu setelah kamu lulus dan bekerja. Meski kadang terasa menyebalkan karena ditanyakan terus-menerus, tapi percayalah itu semua dimaksudkan demi kebaikan masa depanmu juga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya