Memang tak semua orang bisa mengucapkan “aku sayang kamu” dengan entengnya. Tapi kebanyakan orang masih selalu percaya kalau ungkapan itu sesuatu yang wajib diucapkan kalau benar-benar sayang. Setidaknya ucapan itu tak perlu membuat pasanganmu bertanya-tanya atau tebak-menebak perasaanmu yang sekarang. Meski aslinya ucapan itu seperti halnya hidup manusia yang fana, yang ada kalanya mudah terlupa, tapi ada kalanya tak sampai benar-benar menyentuh ke perasaan terdalam seseorang.

Sementara tak banyak orang yang paham kalau uangkapan sayang yang sebenar-benarnya dan lebih mudah dirasa itu justru tindakan secara langsung. Bukan juga seperti memberi hadiah atau mengajak makan malam romantis. Tapi bisa sesederhana beberapa hal yang Hipwee Hubungan uraikan di bawah ini.

Sikap seperti ini pun jangan dilakukan sekali atau dua kali saja, tapi harus dipupuk setiap saat!

1. Kamu berusaha ada untuknya setiap hari. Sesederhana pulang kantor bersama, entah naik kendaraan umum seperti bus kota atau kereta

Naik kereta bareng via redsheepphotocinema.com

Bukan karena terlalu posesif, kamu cuma ingin bisa menjaga dia dengan sebaik-baiknya. Kan tak ada salahnya juga kalian pulang atau pergi kerja berbarengan, kalau memang rumah dan kantor kalian satu jalan. Sebab sayang juga yang membuat kepedulian dan rasa ingin saling membantu kalian besar. Ada kalanya bantuan tak selalu dalam bentuk menemani atau mengantar-jemput saja, tapi bisa saja dengan membantunya meminta buku-buku dia yang ada dipinjam temannya.

Advertisement

Sederhana, tapi itulah cinta.

2. Memberi perhatian penuh saat kalian bersama, dengan meninggalkan ponselmu sementara waktu

Tak ada ponsel di antara kalian via redsheepphotocinema.com

Apa arti kebersamaan kalau kalian masih saja sibuk dengan ponsel atau gawai masing-masing? Karena perasaan sayang pun harusnya membuat kalian lebih bisa melihat situasi dan kondisi. Membuat kalian mengerti kalau waktu berdua kalian tak seharusnya diganggu oleh keberadaan ponsel, baik kamu atau dia. Kecuali kalau memang ada sesuatu yang penting sekali.

3. Nggak harus berbicara manja atau rangkulan, tapi cukup dengan menggenggam tanganya saat kalian berada di keramaian

Bergandeng tanga di keramaian via unsplash.com

Sebab bergandeng tangan bukan hanya ajang pamera pasangan, tapi cara untuk menjaga dia yang kamu sayang. Toh berpegangan tangan juga yang membuat ikatan emosi kalian semakin erat, dibandingkan berucap dengan suara manja ataupun merangkul pinggangnya.

4. Tak banyak mengumbar kata semangat, tapi kamu berusaha mendukung dengan sikap seperti mengingatkan dia untuk fokus mengerjakan tesis

Sukses bersama via www.pexels.com

Karena kalimat, “semangat ya sayang,” pun tak beda jauh dengan ungkapan “aku sayang kamu,” yang sudah terlalu biasa dan tak benar-benar bisa dirasakan faedahnya. Berbeda dengan sikap saling mendukung, seperti tak sekadar mengingatkan tesisnya, tapi kadang kamu bersedia dimintai pendapat atau mengoreksi tulisannya. Kadang sesederhana mengenalkan pasangan ke temanmu yang bisa membantunya untuk mendapatkan pekerjaan impian.

5. Selalu tanya apapun yang dia rasakan saat ini, bukan sekadar ingin tahu, tapi kamu ingin kalian punya jalinan emosi yang kuat

Tanya perasaan pasangan via unsplash.com

Perasaan di sini bukan soal sayang atau cinta saja. Tapi perasaan secara keseluruhan, seperti perasaannya saat tiba-tiba murung dan berdiam diri. Atau saat dia terlihat berseri-seri sekali.

Kamu kayaknya senang sekali hari ini? Hayo ada apa nih?

Hari ini, aku diangkat jadi editor, Yang….

Wah, selamat ya Yang.

6. Tak perlu mengajaknya pergi ke restoran mahal, tapi bisa dengan memasakan makanan kesukaannya

Masak untuk cewek tersayang via unsplash.com

Masih ingatkan kadang cinta berasal dari perut yang kenyang, karena bahagia pun kadang berasal dari sana.

7. Jangan cuma bilang “aku sayang kamu,” tapi kamu pun harus bisa mengucapkan rasa terimakasih atas hadirnya dia selama ini di sisimu

Makasih ya sayang via redsheepphotocinema.com

Kalau memang kamu tipe orang yang sulit sekali bilang “aku sayang kamu,” Sebenarnya kamu bisa menggantinya dengan ucapan “terima kasih” atas semua hal yang dia berikan ke kamu. Setidaknya ucapan terima kasih ini pula yang buat kalian benar-benar terasa saling menghargai.

8. Memuji bukan sekadar merayu atau ada mau saja, tapi memang ini sebagai ungkapan kalau kamu bangga dengannya

pujian ini salah bentuk kebanggaanmu ke dia via www.pexels.com

Jangan pernah pelit untuk memuji pasangan. Tapi jangan juga berlebihan melakukannya. Karena pujian juga penting sebagai wujud rasa bangga dengan sosoknya. Apalagi saat dia berhasil mewujudkan mimpinya, seperti menerbitkan sebuah novel, atau sesepele menurunkan berat badan.

Mengungkapkan perasaan ke pasangan memang perlu, tapi jangan sampai cuma lewat kata-kata “aku sayang kamu,” kalau ada yang lebih baik seperti sikap tadi, kenapa tak belajar dibiasakan.