Memiliki sebuah ikatan yang lebih serius tentunya menjadi hal yang diinginkan semua orang. Nggak terkecuali kamu yang tentunya sudah menahun menjalin hubungan dengan pasanganmu. Selama ini mungkin kamu hanya salah satu dari sekian banyak orang yang ditanya “kapan nikah?” oleh famili bahkan orangtua sendiri, seperti “ibu sudah mau menggendong cucu nih” dan sindiran lainnya yang membuatmu secara nggak langsung ingin menikah.

Tetapi ketika kamu sudah dapat lampu hijau dari kekasihmu, ternyata nggak mudah mengungkapkan keinginanmu untuk menikah ke orangtua. Entah mengapa saat ingin bilang lidah serasa kelu, bingung bagaimana memilih kalimat yang tepat agar keinginanmu untuk menikah terdengar serius. Sebab salah-salah nanti orangtuamu beranggapan keinginanmu ini hanyalah sesaat. Simak beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan untuk meminta izin menikah ke orangtua yang telah Hipwee susun untukmu!

1. “Pak, Bu, aku mau beranjak ke hubungan yang lebih serius sama pacarku”

Singkat dan sungguh-sungguh via medicalxpress.com

Advertisement

Kalimat yang cenderung singkat ini memang terkesan nggak to the point. Namun ada kedalaman makna yang tersirat, secara nggak langsung kamu telah menunjukkan keseriusanmu dan tanggung jawabmu dalam berhubungan.

2. “Aku kan sudah lulus kuliah, sudah dewasa, sudah punya penghasilan sendiri. Izinkan aku menikah dengan pacarku, Pak – Bu,”

Untuk cowok via www.unsplash.com

Cowok cenderung lebih susah dapat restu dari orangtua untuk menikah. Apalagi jika kamu belum memiliki penghasilan yang tetap dan berlebih, alih-alih direstui justru dimarahi. Nah dengan kalimat semacam di atas, sejatinya kamu sudah menunjukkan bahwa dirimu telah memenuhi persyaratan minimal dari orangtuamu untuk menikah.

3. “Restu bapak dan ibu akan jadi bingkisan terindah yang pernah aku terima seumur hidup”

Best gift via evoke.ie

Yang ini agak tricky, karena dalam kalimat ini secara nggak langsung kamu menyentuh perasaan orangtuamu. Dari yang tadinya mereka butuh alasan kuat darimu untuk menikah, tapi dengan kalimat itu tanpa sadar hati mereka telah luluh dengan sendirinya.

4. “Bagaimana caranya agar aku bisa mendapat izin bapak dan ibu untuk menikah? Aku sudah ingin, Pak – Bu”

Tanya dulu via chapterscapistrano.com

Advertisement

Bagi kamu yang sudah bilang namun belum menerima izin, barangkali ada yang salah dari cara menyampaikan keinginanmu. Memang sebisa mungkin wacana untuk menikah nggak ucapkan tiba-tiba. Mulailah dari pertanyaan ringan, jangan dadakan dan blak-blakan. Mereka pasti kaget.

5. “Pak, ada laki-laki yang baik ingin menjadi suamiku. Bolehkah aku menikah dengannya sekarang?”

Baik-baikin calon suamimu via www.parenttoolkit.com

Pertimbangan orangtua saat anaknya meminta menikah salah satunya adalah calonnya. Nah untuk membuat mereka setuju yaitu dengan mencitrakan calonmu dengan yang baik-baik.

6. “Aku memang belum sepenuhnya dewasa, tapi aku mungkin nggak akan pernah menikah kalau terus bertanya ‘kapan aku siap?’ Jadi, Bu – Pak izinkan aku coba menjalaninya,”

Argumen yang kuat via newsroom.clevelandclinic.org

Saat meminta restu ayah, kamu jangan lekas menyerah hanya karena beliau belum memperbolehkanmu. Teruslah memaparkan keinginanmu, bikin argumen yang sulit bagi ayahmu untuk menolaknya.

7. “Aku sudah bosan hidup begini-begini saja, semua sudah diraih. Jadi aku ingin memiliki tanggung jawab yang lebih lagi, Pak – Bu…”

Argumen lain yang bisa dipakai via www.unsplash.com

Syarat paling mudah untuk menyiasati restu orangtua adalah dengan kemapanan. Kamu yang sudah memiliki karir yang mapan cenderung lebih mudah mendapat izin.

8. “Terima kasih sudah mendidik dan merawatku sampai sekarang. Aku ingin menikah karena ingin melihat bapak dan ibu lega.”

Prakata sebelum beralih ke topik via www.guideposts.org

Jangan pernah lupa sampaikan rasa terima kasihmu kepada kedua orangtuamu sebelum mengungkapkan keinginanmu. Sebenarnya dia hanya ingin kamu bahagia, maka ia selalu mengkhawatirkanmu. Untuk itu kamu perlu meyakinkan dia.

Nah, bagaimana? Nggak sesulit yang kamu bayangkan ‘kan? Pada dasarnya kamu hanya butuh trik menggunakan kalimat yang pas untuk meyakinkan. Kamu harus membuat orangtuamu percaya bahwa permohonanmu serius dan sudah kamu pikirkan dengan masak. Jangan lupa minta doa agar kelak pernikahanmu akan harmonis seperti hubungan orangtuamu ya! Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya