“Sayang, tuh si Nia sama Ragil udah mau nikah bulan”
“Wah, iya ya. Kita musti siap-siap kondangan kalo gitu”
“Maksudku kita kapan nyusul?”
“Aduh, bentar sayang. Perutku tiba-tiba mules”
*Ngacir gitu aja

Dalam hubungan, entah kenapa di negara kita cewek duluan yang biasanya ngasi kode-kode agar segera dilamar. Kamu pasti pernah tau beberapa respon cowok pas dapet kode seputar nikahan dari pasangan. Mulai dari yang panik, alesan sakit perut, ngalihin pembicaraan sampai yang diem seribu bahasa.

Nah, berikut Hipwee coba ngasi tau apa aja sih yang sebenarnya ada di benak cowok pas ceweknya tanya seputar nikahan. Simak yuk~

1. Cowok sebenarnya girang kalo cewek tanya seputar nikahan. Mereka bahagia karena walau masih banyak kurang, ada cewek yang bersedia menerima

Cowok bahagia jika kamu menerimanya apa adanya via dylandsara.com

“Pas dia ngasi kode pingin nikah sih gue seneng banget, sob. Paling nggak ,dia mau nerima gue yang masih biasa-biasa kayak gini. Gaji juga belum seberapa, gue juga bukan anak orang kaya. Jadi pas cewek gue ngode minta segera dinikah ya jelas girang, lah!”

~ Rizal, 25 Tahun

Advertisement

Ini nyata! Banyak cowok yang sebenarnya girang waktu pacarnya ngasi kode buat segera ngelamar. Gak tanggung-tanggung, bahkan ada yang berani menyatakan kesiapan melamarmu saat itu juga.

2. Pertanyaan kapan nikah itu ibarat lampu ijo. Kalau kamu udah ngasi aba-aba, cowok bakal langsung Go!

Pas dapet lampu ijo, langsung girang banget! via aurapsikologi.com

“Jujur aja. Sebenarnya seneng banget waktu si dia nanyain nikah. Gue emang udah serius sama dia. Jadi ibaratnya mau masuk rumah nih, dia udah ngasi kuncinya ke kita. Tinggal kitanya aja mau masuk apa nggak. Nah karena gue serius ya gue bakal niat masuk rumahnya, lah”

~ Bima, 27 Tahun

Cowok sebenarnya merasa bahagia saat kamu ngode agar segera dinikahin. Ada emang cowok yang emang udah pingin ngelamar kamu tapi masih ragu bakal ditolak apa nggak. Nah, dengan ngode itu kamu seakan memberi lampu ijo yang pastinya bikin cowokmu girang bukan kepalang. 😀

3. Cowok kadang juga suka nyari aman. Mereka gak mau mikir nikah sebelum mapan

Kalo belum mapan, belum mau mikir nikah

“Urusan nikah itu urusan besar. Gak bisa disepelekan. Iya sih seneng pas dia ngode biar segera ngelamar dia gitu. Tapi dalam hati aku juga mikir. Aku ogah nikah kalau belum mapan, kasihan dia. Tapi mau bilang gitu ke dia itu susah. Takutnya dibilang aku gak serius sayang sama dia. Jadi mending ngeles aja. Alesan apa gitu kek biar dia gak nanyain itu lagi.”

~ Adib, 24 Tahun

Tapi ada juga tipe cowok yang ketika kamu nanyain kapan nikah, dia malah galau. Ya wajar lah ya. Bagi cowok, nikah kan gak cuman akad dan ijab-qobul doang. Masih ada keperluan lain yang perlu dipenuhi pasca nikah. Itulah yang bikin cowok mikir 1000 kali sebelum dia mikir buat ngelamarmu.

4. Kadang cowok juga bisa galau saat ditanya perkara nikah. Ketika ceweknya ngode dia cuma bisa diam tanpa suara

Cuman bisa diam tanpa suara via butlerwritings.com

“Sumpah gue shock pas tiba-tiba dia nanya kapan nikah. Gue gak nyangka kalau dia udah mikir bahwa hubungan kami seserius itu. Seneng mah pasti. Tapi ya mau gimana lagi, gue masih belum mikir kesana. Jadinya bingung banget musti jawab gimana”

~ Rosyid, 25 Tahun

Berbeda dengan kebanyakan cewek yang emang antusias ketika bicara soal nikah, cowok justru sebaliknya. Banyak cowok yang emang bahagia kalau ceweknya ngode soal nikah, tapi bingung kalau mikir gimana-gimananya. Ya secara cowok gitu kan ya. Kebanyakan belum mikir nikah kecuali emang udah bener-bener waktunya.

5. Ya ada juga sih yang emang belum kepingin mikir nikah. Maklum, cowok kan memuja kebebasannya

Karena cowok memuja kebebasannya via jumixy.tumblr.com

“Entah mengapa gue masih belum pingin mikir nikah. Gue adalah tipe orang yang slow aja. Gak mau yang gupuh-gupuh dalam hubungan. Makanya gue bilang “Sabaaaar” gitu aja ke dia. Mungkin menurutnya biar gue berjuang dulu. Tapi sebetulnya nggak. Gue serius emang belum mikir mau nikah dalam waktu dekat ini”

~ Kuncoro, 26 Tahun

Cowok yang tipe seperti ini juga ada. Ketika ceweknya udah antusias bicara nikahan, si cowok iya-iyain aja. Tapi dalem hati teriak “Jangan dulu ya, sayang”

6. Kejujuran adalah intinya. Jadi ketika ditanya nikah, ada yang jujur bilang belum siap dan bilang apa adanya

Ada juga cowok yang jujur ngomong apa adanya

“Dia? Nanyain tentang nikah? Pernah sih. Tapi sekali terus gak tanya nikah-nikah lagi. Gue cuman jelasin kondisi gue apa adanya. Dia tau gue sayang sama dia dia tau gue masih belum jadi apa-apa. Terus dia diem dan gak tanya nikah-nikah lagi. Untung cewek gue pengertian. Hehe”

~ Adit, 25 Tahun

Yang seperti ini juga ada. Cowok yang rasional banget sama masa depan hubungannya. Dia yang menjelaskan semuanya secara jelas dengan baik kepada ceweknya bahwa emang dia masih dalam proses menuju ke jenjang pelaminan. Jadi gak asal nolak atau ngeiyain gitu aja.

7. Ego cowok emang gak bisa dikhianati. Urusan nikah pun ada yang emang harus dia yang inisiatif sendiri

Cowok itu harus yang punya inisiatif sendiri! via www.vphairstyles.com

“Girang setengah mati! Nikah sama dia emang udah jadi keinginan gue sejak pertama hubungan. Tapi ya gitu, gue masih gak berani ngeiyain gitu aja kode nikahnya. Secara gue cowok. Gue pingin inisiatif sendiri kalo ntar ngomongin nikahan sama dia. Jadinya gue cuman bisa senyum-senyum gak jelas gitu aja… Untuk sekarang. Hehe”

~ Roni, 27 Tahun

Tapi ada juga cowok yang sebenernya girang setengah mati, tapi dia juga berusaha mati-matian buat menutupi. Alasannya sederhana, karena cowok punya gengsi. Dia harus yang beri inisiatif dakam urusan nikahan ini. Makanya dia pura-pura biar keliatan biasa. Padahal dalam hati sih dia senyam-senyum bahagia. :))

8. Cowok ada juga yang mikir nikah tuh ntar aja. Mereka gak mau terburu-buru dan kecewa dengan pernikahannya

Nikahnya ntar-ntar aja ya via www.huffingtonpost.com

“Sebenernya gue bingung sama cewek gue pas dia ngasi kode minta segera nikah. Kenapa sih cewek buru-buru ngajakin nikah? Gak tau apa kalo sebenernya cowok masih pingin bebas dulu. Nikah tuh ntar aja. Sekarang yang penting kerja dan menikmati masa muda dulu. Gak mau juga kan kalo hidup kecewa nanti gara-gara nikah terlalu cepet dan pas belum siap”

~ Ilham, 26 Tahun

Ini pendapat yang cowok banget. Cowok emang sangat menjunjung tinggi kebebasan. Dalam hal ini, nikah dianggap sebagai salah satu pengekang kebebasan kaum cowok. Yah, gak bisa disalahkan juga kalau respon dari cowok yang menjunjung kebebasan jadinya kayak gitu.

9. Sebenarnya cewek-cewek tenang aja. Sebenarnya tanpa dikode pun cowok akan ngelamar kamu kalau sudah saatnya

Dia akan ngelamar kamu kalau udah saatnya via www.weddingsbyminnowpark.com

“Gak salah juga kalo ngode pingin cepet-cepet nikah dan gue seneng dia percaya sama gue buat jadi imamnya. Tapi ya gimana juga ya. Kami para cowok ini kalo udah yakin dan mantap pasti ngelamar mereka kok. Kami gak ngelamar-ngelamar itu bukan karena gak serius, tapi emang mikir dan usaha dulu biar nanti pas udah nikah gak hidup susah.”

~ Wayan, 26 Tahun

Pendapat yang satu ini juga sebenarnya gak bisa disalahkan. Cowok emang banyak gengsinya. Jadi kalau disinggung urusan nikahan kayak gini ya agak gimana juga. Gak perlu dikode juga. Kalo udah mantap pasti langsung ngelamar kok.

Yap, demikian beberapa kejujuran yang sebenarnya ada dalam benak cowok ketika ditanya seputar nikahan sama pasangan. Setelah kamu tau, coba deh tanyain jujur sama pasanganmu.

Kalau Jovial Da Lopez ditanya kapan nikah, apa ya jawabannya? Cek aja langsung @jovialdalopez