“Jomblo karena nggak laku atau gimana?”

“Kok bisa sih betah jadi jomblo, emang nggak capek sendiri terus?”

Setiap orang pasti memberikan reaksi atau komnetar yang berbeda-beda saat mereka tahu jika kamu masih sendiri alias jomblo hingga menginjak usia 20an. Kamu sendiri sebenarnya sudah terbiasa dengan komentar-komentar itu. Toh kamu menjalani kejombolanmu dengan santai dan tak menjadikannya beban.

Advertisement

Terkadang kamu merasa aneh, kenapa orang menganggap kejombloanmu ini hal yang menyedihkan. Padahal untuk menjadi bahagia tak harus punya pasangan. Sebagai bukti, ini lho hal-hal yang menjadi kunci bersyukurmu sebagai jomblo di usiamu sekarang.

1. Waktu yang lebih banyak untuk diri sendiri, buat kamu lebih produktif meraih cita-cita atau melakukan hobi yang kamu suka

kamu lebih produktif via favim.com

Akhir pekanmu tak disibukkan dengan acara kencan rutin. Kalaupun keluar dan kumpul bersama teman-teman, tak sampai tiap bulan bertemu. Kamu lebih sering menghabiskan akhir pekan dengan hobimu atau pekerjaanmu. Misalnya kamu yang suka bermain musik, setiap akhir pekan selalu menyempatkan diri mengcover beberapa lagu lalu memposting di media sosial. Dan hasilnya meski bukan penyanyi yang punya album, kamu sudah punya penggemar tetap di akunmu ini. Kalau kata orang-orang terdekatmu, kamu itu produktif sekali.

2. Begitu juga kebersamaan bersama keluarga ataupun teman bisa lebih sering kamu rasakan. Bukankah itu membahagiakan?

kebersamaan dengan keluarga via blog.anthropologie.com

Sabtu ini kamu menemani ibu belanja, minggu depan ada acara kumpul-kumpul di rumah eyang, dan akhir bulannya nonton bareng dengan teman-teman. Selebihnya, masih ada kegiatan lain yang kamu habiskan di rumah bersama keluarga. Kebersamaan dengan keluarga juga teman yang lebih banyak sudah lebih dari cukup membuat kamu bahagia.

3. Sendiri itu nggak ribet, sebab kamu bisa menjalani hidup sesuai dengan maumu, tanpa perlu ada dia yang komentar ini itu

Nggak ribet via www.logancoleblog.com

Advertisement

Kok kamu pakai baju itu sih, bagusan yang kemaren aku beliin. Ganti gih!

Daripada ngumpul sama teman-teman kamu, mending nemenin aku aja yuk.

Banyak banget belanja Neng, terus nabungnya kapan?

Bukannya kamu nggak mau dikritik atau diatur-atur. Tapi kamu sendiri memang masih nyaman menjalani hidup sesuai maumu. Mau pergi bareng teman, bisa langsung pergi. Mau ikut kegiatan komunitas di luar, nggak perlu ada yang repot memantau setiap waktunya. Apapun yang kamu lakukan nggak perlu ada dia mengomentari, dan semua terasa lebih simpel lagi.

4. Kamu bisa bebas menjalin pertemanan dengan lawan jenis. Single mah bebas!

Berteman dengan siapa saja via www.lovepanky.com

Nggak ada yang menaruh curiga, nggak ada yang melarang, atau nggak ada yang cemburu saat kamu menjalin pertemanan dengan siapapun, entah cewek atau cowok. Asalkan orang itu baik, kamu pun nggak akan ragu untuk menjalin pertemanan. Begini lah jadi single, bebas bertanggung jawab atas lingkungannya sendiri.

5. Sendiri berarti juga harus bisa lebih jaga diri. Dari sini kamu akan belajar lebih berhati-hati

sendiri sama dengan berhati-hati via www.logancoleblog.com

Saat mereka yang sudah punya pasangan lebih sering diantar jemput oleh pasangannya. Kamu justru selalu berusaha pergi kemana-mana sendiri. Rasa takut yang kadang terbesit, selalu berusaha kamu tepis dengan cara lebih memawaskan diri dan berhati-hati. Sebab kalau bukan diri sendiri yang menjagamu, siapa lagi?

6. Terbiasa melakukan apa-apa sendiri, akhirnya membentukmu jadi pribadi yang mandiri.

Kamu menjelma jadi pribadi mandiri. Bukannya angkuh dan tak mau terima bantuan sama sekali, namun kesendirianmu sekarang membuatmu sadar bahwa kamu tak bisa menggantungkan segala hal ke orang lain. Dan lagi beberapa hal dalam hidupmu memang akan selalu jadi tanggung jawabmu sendiri, bukan bergantung pada orang lain kan?

7. Kamu bisa terhindar dari stres berlebihan, sebab kamu nggak perlu khawatir diselingkuhin atau diputusin

Stress nggak mampir tuh via www.logancoleblog.com

Kok dia berubah ya sekarang? Jangan-jangan dia udah nggak sayang aku lagi. Atau jangan-jangan dia selingkuh!

Kamu yang jomblo nggak akan dipusingkan dengan pikiran-pikiran seperti itu. Pikiranmu lebih bebas memikirkan atau menyikapi hal-hal lain, yang menurutmu  lebih penting demi kemajuan diri serta kebaikan orang lain. Asalkan semua baik-baik aja, pikiran dengan sendirinya tenang dan stress hilang. Bahagia itu sederhana, sukup dengan pikiran yang tak dijejal kekhawatiran.

8. Nggak perlu disayang sama pacar, sebab sendiri jadi tanda kamu lebih disayang Tuhan

ada Tuhan yang sayang kamu via www.afistfullofbolts.com

Biar jomblo kamu nggak haus dengan kasih sayang. Masih ada keluarga yang kasih sayangnya tercurah, teman yang juga perhatian denganmu, serta Tuhan yang kasih sayangnya nggak perlu diragukan lagi. Menjagamu tetap dalam status jomblo adalah tanda sayang tuhan yang tak terbatas ke dirimu. Tuhan membuatmu perasaanmu tetap terjaga, agar tak disakiti oleh pasangan yang cuma main-main denganmu. Jadi buat apa berharap sekali dapat kasih sayang dari pacar-pacaran yang kebanyakan semu.

9. Toh setiap manusia sudah punya pasangannya masing-masing. Jadi kalem aja kalau sampai sekarang masih sendiri

tenang nanti juga ketemu pasangan via www.afistfullofbolts.com

Kamu sering heran, kenapa orang lain yang justru bingung sendiri saat kamu masih menjomblo hingga sekarang? Padahal kamu yang menjalani santai dan kalem aja. Sebab kamu selalu percaya, jika kamu sudah dipasangkan oleh Tuhan dengan seseorang. Hanya saja sekarang kalian belum dipertemukan dan masih dipersiapkan satu sama lainnya.

Jadi, kalau ada orang yang bilang kamu jomblo ngenes, maaf ya selama ini dirimu tetap bahagia-bahagia aja. Terserah juga orang mau bilang apa, kan hidup ini kamu yang jalani. Mereka tinggal diam dan lihat saja. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya