Perihal mantan memang bisa jadi hal yang sensitif di telinga seseorang yang sedang di sisimu saat ini. Wajar pula kalau mantan bisa jadi hal yang bikin dia ketar-ketir sendiri, karena bagaimanapun juga kamu pernah membagi hati, waktumu bahkan seluruh cintamu untuk si mantan. Walaupun kisah itu sudah tutup buku, tapi tetap saja tanpa sadar dia yang kini bersamamu mengkhawatirkan beberapa hal saat tahu kamu masih menjalin hubungan baik dengan mantanmu meski hanya sebatas teman.

Nggak ada salahnya kok berteman dengan mantan, justru hal itu merupakan bentuk kedewasaanmu berdamai dengan masa lalu. Tapi kamu juga tetap harus membuat hubungan pertemananmu dengan mantan nggak keluar jalur dan malah menyakiti hatinya yang sekarang kamu sayangi. Tetap ada batasan yang harus dipatuhi agar nggak mengganggu hubungan yang sedang kamu bina saat ini. Patuhi 5 peraturan ini dulu kalau ingin berteman dengan mantan, biar nggak ada hati yang terluka nantinya.

1. Jangan sering-sering berkomunikasi sama mantan, meski sudah hilang rasa. Mana tau kalau bisa baper lagi~

Nggak usah sering komunikasi via Www.pexels.com

Advertisement

Mantan juga bisa jadi relasi yang baik. Sebagai makhluk sosial, siapa tau kamu membutuhkannya suatu saat kelak karena kita nggak akan pernah tau apa yang terjadi nanti. Maka dari itu, nggak ada salahnya tetap menjalin hubungan yang baik dengan mantan namun tetap pada level sewajarnya. Ingat, hubungan kalian saat ini nggak lebih dari sekedar teman jadi kamu nggak perlu menjaga intensitas komunikasi dengan mantanmu segala.

Jangan keseringan menghubungi atau menanggapi pesan teks darinya kalau memang itu nggak perlu diperpanjang. Kamu memang sudah hilang rasa, tapi belum tentu juga mantanmu begitu dan nggak ada jaminan kalau kamu nggak akan lagi terjerat pesonanya. Jadi lebih baik kamu mencegah hal itu dengan nggak sering-sering berkomunikasi.

2. Beri jarak pada mantan, agar masing-masing dari kalian bisa menetralkan perasaan dulu kalau masih ingin berteman

Menetralkan perasaan dulu via Www.pexels.com

Ibaratnya kamu juga butuh pemulihan pasca putus, kamu dan dia sama-sama butuh menetralkan perasaan kalau memang masih ingin berteman baik. Dalam fase pemulihan itu, ada baiknya kamu memberi jarak pada mantan. Sembunyikan semua media sosialnya, nggak perlu menggubris pesan teks yang masuk dari dia.

Advertisement

Pastikan kamu sudah betul-betul pulih dan benteng pertahananmu sudah kokoh lagi bahkan saat kamu berhasil move on dan menemukan sosok baru yang pas di hati karena kamu nggak akan bisa berteman baik dalam keadaan yang masih terluka dan menyimpan harapan. Sebab, bisa saja kamu goyah dan kembali lagi kepelukannya saat masih ada rasa yang tertinggal.

3. Nggak perlu curhat tentang masalah pribadi dengan mantanmu, kecuali kalau kamu memang beneran masih ngarep sih ya

Nggak usah curhat via Www.pexels.com

Sebaik apapun hubunganmu dengan mantan, kamu juga harus tau batasan. Mana yang sepatutnya jadi bahan obrolan dan mana yang sebaiknya nggak kamu bicarakan dengan mantan demi menjaga hati orang yang saat ini menggenggam hatimu. Batasi topik obrolan dan tindakanmu dengan mantan, jangan sampai topik obrolan kalian menjurus ke arah ‘kebaperan’ dan membuatmu kembali mengenang cerita lama bersamanya.

Kamu harus ingat, kalau saat ini kamu sudah punya hati yang harus dijaga. Toh buat apa, menceritakan masalah pribadimu dengan mantanmu kalau kamu nggak mengharapkan simpati apapun darinya.

4. Jangan ngajak mantan pergi berdua, kalau nggak mau ada hati yang terluka. Tahu keadaannya baik-baik saja, sudah cukup

Ngak perlu pergi berdua via Www.pexels.com

Akan jadi hal yang fatal kamu lakukan saat mengajak mantanmu pergi berdua saat dirimu sudah punya pasangan yang baru. Buat apa kalau memang nggak ada hal yang penting-penting banget untuk dilakukan? Itu hanya akan melukai dia yang kini sedang bersamamu. Toh kalau memang ingin bertemu dan ada sesuatu hal yang penting, sebaiknya kamu pun mengajak temanmu yang lain. Agar tak ada luka baru di hati pasanganmu yang sekarang.

5. Memberi hadiah pada hari spesialnya bukan lagi suatu keharusan, daripada kamu dianggap masih berharap

Nggak perlu ngasih hadiah segala via Www.pexels.com

Meski status hubungan kalian kini hanya teman, tapi tetap saja nggak bisa dipungkiri kalau kamu itu mantannya. Nggak perlu memberi hadiah segala di hari ulang tahunnya, meski sekarang berteman tapi bukan berarti kamu harus sebegitu perduli dan perhatian. Bisa saja dia malah salah menanggapi maksudmu saat kamu memberinya hadiah, yang padahal kamu ikhlas memberikan hadiah itu dan nggak bermaksud menaruh harapan lagi.

Berteman dengan mantan nggak ada salahnya kalau kamu memang sudah nggak berharap apapun lagi kepadanya. Namun ada satu hal yang harus kamu ingat saat kamu sudah punya pasangan yang kini menemani, jangan menyepelekan batasan berteman dengan mantan pacar demi hati yang harus kamu jaga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya