Putus cinta memang menjadi sebuah hal yang akan sangat membuatmu merasa sakit hati dan bersedih. Wajar kalau kamu merasakan hal-hal yang membuat air matamu bisa menetes begitu saja. Ya, karena tak bisa dipungkiri kalau kehilangan seseorang yang disayangi dan sudah menemani hari-hari adalah salah satu hal berat yang mesti dijalani.

Namun, meski begitu jangan biarkan rasa sedih yang kamu rasa karena putus cinta menjadikan kamu larut dalam air mata, sebab hidupmu tak berhenti sampai di situ aja. Hei, nyatanya hidupmu masih berjalan meski tidak lagi bersamanya. Kamu harus meyakini bahwa ada hal yang bisa diambil dari rasa sakitmu. Yap! Kamu bisa belajar dari patah hati itu karena sebenarnya ada hikmah di balik setiap luka yang kamu alami.

Dengan putus cinta, kamu bisa belajar arti dari sebuah kehilangan. Kelak kamu akan tahu bagaimana cara menjaga dan mempertahankan

kelak kamu bisa mempertahankannya.

kelak kamu bisa mempertahankan dengan lebih baik lagi via pixhome.blogspot.com

Advertisement

Jangan dikira perpisahanmu dengan dia tak bisa dijadikan sebuah alasan untuk kamu memelajari sesuatu. Justru, kamu bisa belajar arti sebuah kehilangan seseorang yang kamu sayang, selain hanya dihinggapi rasa sedih dan sakit hati.

Kamu perlu belajar memahami arti kehilangan agar suatu saat, kamu tahu bagaimana cara menjaga dan mempertahankan dia yang memang layak untuk kamu pertahankan. Selain itu, kamu juga akan terbentuk menjadi seseorang yang jauh lebih kuat dari hari ini setelah kamu bisa melewati prosesnya dengan baik.

Berpisahnya kalian membuatmu bisa belajar mencari tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan di dalam hidupmu

ya, aku mau....

Dengarkan kata hatimu via www.stocksy.com

Sebagai manusia, sangat wajar kalau kamu memang memiliki banyak keinginan di dalam hidupmu. Nah, saat kamu ada di dalam hubungan yang baik-baik saja dengannya, pasti semua akan terpusat hanya pada dia yang kamu sayangi. Namun, setelah kalian berpisah, kamu jadi punya ruang untuk memusatkan perhatian kepada dirimu sendiri.

Advertisement

Dan, itulah saat yang tepat bagimu untuk mengingat segala macam hal yang baik dan buruk dari hubunganmu dulu. Dengan begitu, kamu pasti akan tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan di dalam hidupmu. Mengertilah kalau putus cintamu bisa jadi pengalaman yang baik di dalam hubunganmu berikutnya.

Perpisahan ada karena sebuah kesalahan. Dengan bekal itu, kamu bisa belajar menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi

aku bisa lebih baik!

aku bisa lebih baik! via pixhome.blogspot.com

Perpisahanmu dengan dia bisa terjadi mungkin karena adanya sebuah kesalahan yang dilakukan di antara kalian. Bersyukurlah, karena dengan itu kamu bisa mengajak dirimu untuk mengoreksi segala hal buruk yang sebenarnya tertanam di dalam dirimu. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk memaafkan dirimu dan masa lalu yang nantinya akan membuat hidupmu jauh lebih tenang dari sebelumnya.

Tidak henti sampai di situ saja, ketika kamu sudah berusaha mengintrospeksi diri dan memaafkannya, kamu pun bisa belajar untuk tidak mengulangi segala kesalahan di masa yang akan datang. Ketika kamu sudah bisa menerima dan memahaminya, yakinlah kalau kamu akan menjadi seorang dengan pribadi baru yang jauh lebih baik lagi. 🙂

Kesendirian toh jadi tidak terlalu menakutkan. Perpisahan akan mengajak kamu belajar mandiri dengan kakimu sendiri

harus mandiri!

berusaha sendiri, apapun yang terjadi via absfreepic.com

Saat kamu bersama dengan dia, mungkin kamu terbiasa melakukan banyak hal bersama-sama. Lantas, setelah kalian harus berpisah otomatis kamu harus melakukan semua kebiasaan itu seorang diri. Beruntunglah kamu kalau sebelumnya kamu tidak sepenuhnya menggantungkan diri padanya, karena itu tidak akan membuatmu merasa terlalu berat saat dia sudah tak lagi ada untukmu.

Namun, biar bagaimana pun dulu kamu bergantung padanya, cobalah untuk membiasakan diri dengan melakukan segala sesuatunya dengan kakimu sendiri setelah perpisahan itu ada. Percayalah, kalau kamu perlahan melakukannya dengan sabar maka kamu akan terbentuk menjadi seseorang yang begitu mandiri.

Tidak lagi mengutuk, kamu sekarang mulai belajar menerima segala kenyataan yang membuatmu lama-lama terbiasa

iya, aku tau keadaannya...

aku paham dan mengerti keadaan ini via www.pillowfights.gr

Membiasakan diri pada keadaan yang sebenarnya juga harus kamu pelajari dan kamu pun harus membiasakannya. Kamu memang hidup di dalam keadaan nyata yang ada di hadapanmu, kamu tidak hidup di dalam apa yang kamu pikirkan.

Tidak semua yang kamu pikirkan sesuai dengan kenyataan yang ada di dalam hidupmu. Untuk itu, belajar menerima segala keadaan yang kini ada di hadapanmu juga harus kamu lakukan agar kamu bisa dengan mudah melanjutkan kehidupan yang masih menunggu di depan.

Yang terpenting di balik perpisahan, kamu akan dilatih untuk belajar sabar dan ikhlas menerima semua yang sudah ditakdirkan

sabar dan ikhlas

sabar dan ikhlas via www.flickriver.com

Seharusnya kamu bisa mensyukuri perpisahan yang kamu alami, karena di balik perpisahan yang ada kamu tengah disiapkan untuk menjadi pribadi yang memiliki sabar serta rasa ikhlas yang lebih lagi. Ya, kamu dilatih untuk memiliki dua hal yang rasanya wajib dimiliki semua orang tapi memang susah untuk dilakukan.

Perkara sabar dan mengikhlaskan memang tak pernah sesederhana membalikkan telapak tangan, tapi dengan perpisahan yang kamu rasakan, maka kamu bisa melakukannya dengan gampang.

Jadi, apa kamu masih hanya mau sebatas meratapi perpisahan tanpa melihat hikmah di balik kesedihan yang kamu rasakan? Percayalah kalau kamu bisa mendapatkan banyak hal yang jauh lebih baik setelah kamu berpisah dengannya, banyak pelajaran yang akan membuat hidupmu untuk jauh berkembang. Yuk, jangan larut begitu saja di dalam sana. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya