“Bim, lu udah yakin sama si Bela?”
“Yakin kok. Kenapa emang?”
“Gak papa. Dia punya potensi boros aja,”
“Maksud lu?”
“Ya liat aja sifat sama hobinya… Hehe,”

Memilih calon pasangan yang tepat itu tak semudah memilih rasa mie instan yang terpampang jelas di etalase minimarket atau supermarket. Agar tak menyesal di kemudian hari, kamu harus tau benar seputar calon pasangan yang kamu inginkan dan bagaimana pasanganmu saat ini.

Advertisement

Saat berbicara soal hubungan perikahan, jelas urusan ekonomi tak boleh dilupakan begitu saja. Memiliki calon pasangan yang boros jelas bisa jadi bencana untuk kehidupanmu nanti. Untuk itu, coba deh lihat dulu pasanganmu. Kira-kira dia punya potensi boros atau malah bisa berhemat ya…

1. Kamu patut waspada dengan cewek yang seringnya ngajak kencan di tempat mahal. Dia yang tak keberatan diajak ke tempat-tempat sederhana jauh lebih layak untuk kamu pertahankan

Apalagi kalau kencannya seperti ini~

Apalagi kalau kencannya seperti ini~ via www.womendailymagazine.com

Kencan dengan pasangan itu hal yang wajar untuk dilakukan. Namanya juga masa-masa dimana perasaan sayang sedang berada di puncaknya. Namun kamu harus waspada kala pasanganmu adalah tipe yang sering ngajakin kencan di tempat mahal. Kalau makannya nggak di hotel berbintang nggak pernah mau, diajak makan ke warung kaki lima langsung berkelit gara-gara takut perut sakit. Cewek model gini tinggalin aja, mau secantik apa juga tetap bakal bikin kamu rugi ke depannya.

Sebaliknya kalau sekarang kamu sudah bersama cewek yang tidak banyak menuntut dan nggak pernah keberatan diajak kencan ke tempat-tempat yang sederhana, jelas dia layak dipertahankan.

2. Dia yang bisa punya inisiatif untuk membagi biaya makan kalian jelas jadi calon istri idaman. Beda dengan dia yang hanya menunggumu membayar tagihan

ngambek kalau nggak dibayarin

ngambek kalau nggak dibayarin via favim.com

Advertisement

Saat kencan dengan pasangan, cewek yang punya inisiatif untuk membagi biaya kencan jelas wajib untuk kamu nikahi. Cewek yang seperti ini punya potensi untuk menjadi istri yang bisa mengerem pengeluaranmu nanti. Berbeda jauh dengan cewek yang cuma menunggumu untuk membayari setiap kali kalian kencan berdua. Kalau cewekmu hanya mau menunggu untuk kamu bayari, saat nikah nanti dia hanya akan jadi beban keuanganmu saja.

3. Cewek yang sering pamer barang miliknya punya potensi untuk jadi istri yang boros nanti. Lebih baik kamu memilih dia yang rajin kerja saja

292

cari yang pintar memutar pendapatan via techgirl.co.za

Cewekmu punya hobi pamer barang-barang miliknya? Kamu wajib mengingatkannya agar menghentikan hobinya tersebut. Kalau cewekmu sering memamerkan barang miliknya, itu tandanya dia punya potensi kuat untuk jadi istri yang boros nanti. Karena barang yang dia pamerkan harus barang-barang baru dan bagus kan, oleh karena itu dia akan menghabiskan banyak uangmu untuk membeli barang baru. Kasihan dompetmu.

Daripada begitu, lebih baik menyeriusi dia yang lebih fokus kerja juga. Nggak melulu cewek yang kerja kantoran juga sih, mereka yang kerja dari rumah bisa tetap bisa diandalkan. Intinya, mereka paham betapa sulitnya nyari uang. Jadi mereka pun akan menggunakan secara bijaksana. Nggak asal beli barang-barang yang mereka inginkan dan sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan.

4. Jika cewekmu adalah tipe yang lebih suka memasak daripada jalan-jalan di mall, pertahankan! Dijamin kamu gak bakal menyesal.

Belajar masak dulu, ah~

Belajar masak dulu, ah~ via www.pinterest.com

Cewek yang lebih memilih melakukan hal bermanfaat di waktu luangnya, sudah pasti kamu beruntung jika bersamanya. Artinya dia bukanlah cewek yang konsumtif. Dibandingkan dengan cewek yang menjadikan mall sebagai rumah kedua. Bisa jadi setiap minggu dia kasih daftar belanjaan. Pusing nggak tuh!

5. Cewek yang bisa mengatur prioritas kebutuhan itu wajib kamu pertahankan. Dia yang lebih mementingkan keinginan lebih baik kamu tinggalkan

Lebih penting beli make-up

Lebih penting beli make-up via www.tumblr.com

“Yang, anter aku dong”
“Kemana?”
“Mau beli lipstik nih”
“Bukannya minggu kemarin udah beli?”
“Iya. Tapi yang ini warnanya beda. Kemarin kan warna merah, sekarang pengen beli yang nude,”

Kala harus memilih antara kebutuhan dan keinginan, masih banyak cewek yang belum bisa menentukan mana yang seharusnya jadi prioritas utama. Ketika harus membeli buku demi menyelesaikan skripsi atau membeli lipstik, masih banyak lho cewek yang memilih beli lipstik aja. Kalau kamu punya pasangan yang lebih memilih untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, memilih untuk mempertahankannya adalah keputusan yang tak akan pernah kamu sesali.

6. Hidupmu bakal jauh lebih tenang saat memilih dia yang tak mementingkan penampilan. Cewek yang boros membeli make-up dan baju bisa mengurangi tabungan

Cakep siih...

Cakep sih tapi boros via herintalk.com

Cewek mana sih yang tidak mementingkan penampilan? Zaman sekarang cewek yang tidak peduli penampilan malah cenderung dibilang cewek yang kurang pergaulan. Padahal, kenyataannya hidup rumah tanggamu nanti bakal lebih harmonis jika kamu memilih cewek seperti itu untuk jadi istri. Dia akan mampu mengerem pengeluaranmu dengan tidak terlalu banyak menuntut dibelikan ini itu. Rumah tanggamu nggak akan serta merta bahagia cuma karena kamu punya istri yang stylish ala model internasional.

7. Hati-hati jika cewekmu sering membandingkanmu dengan temanmu yang sukses lebih dulu. Potensinya borosnya lebih tinggi daripada dia yang mau berjuang bersamamu

Sering dibanding-bandingin sih

Sering dibanding-bandingin sih via quotesgram.com

Tidak ada cowok yang suka dibanding-bandingkan. Apalagi dibandingkan dengan temannya yang sudah sukses terlebih dahulu. Kalau cewekmu sering membandingkanmu dengan orang lain yang lebih dulu sukses, lebih baik kamu berpikir ulang untuk meneruskan hubunganmu dengannya. Cewek seperti itu berpotensi untuk jadi istri boros karena terus-terusan melirik kesuksesan orang! Dia nggak pernah bersyukur dengan apa yang dia miliki dan terus ingin hal yang lebih.

Lebih baik pilih dia yang mau berjuang bersama. Mau tetap bersama, meski kamu belum punya apa-apa. Tapi bukan berarti kamu males-malesan juga, mentang-mentang punya pasangan yang mau menerima apa adanya. Justru dukungan dari pasanganmu ini jadi cambuk untukmu, agar kamu bisa membahagiakan dia suatu saat nanti.

Nah, coba deh lihat bagaimana cewekmu sekarang. Kalau dia punya potensi untuk menghabiskan uangmu saat kalian menikah nanti, lebih baik kamu pergi mencari pengganti yang lebih mau diajak kompromi. Karena keuangan keluarga itu perkara besar, memilih istri yang mampu membantu mengurusnya jelas harus kamu jadikan prioritas!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya