Rata-rata cowok beranggapan kalau cewek itu manja dan selalu maunya bergantung sama cowoknya. Ngapa-ngapain maunya dibantuin, ke mana-mana maunya diantarin. Sekalinya tak terpenuhi maunya, cewek bisa seketika merajuk.

Tapi sebelum cowok menyamaratakan cewek dengan sikap kemanjaan itu cowok perlu tahu, kalau di luar sana ada juga cewek-cewek yang justru berkebalikan dari stigma yang ada. Cewek yang selalu punya prinsip untuk tak menyusahkan orang lain dan berusaha melakukan apa-apa sendiri selama dirinya mampu.

Sekilas sosok cewek ini mengesankan karena mencolok sekali perbedaannya. Di bayangan cowok, punya cewek yang mandiri itu keuntungan tak terkira.

Tapi hati-hati juga untuk cewek mandiri ini, jangan karena terbiasa dan selalu yakin melakukan apa-apa sendiri membuatmu lupa punya pasangan yang harusnya diajak berbagi banyak hal. Kasarannya, jangan sampai juga kemandirianmu membuat cowokmu akhirnya merasakan keganjilan-keganjilan seperti di bawah ini. Hubungan kalian bisa nggak berjalan mulus kalau begini…

1. “Eeeeh aku bisa sendiri kok!” Keseringan mengucapkan ini bikin dia merasa nggak dipercaya

dia ingin jadi yang pertama soal mengulurkan tangan via dylandsara.com

Advertisement

Namanya juga pasangan, perasaan ingin saling melengkapi satu sama lainnya pasti ada. Nggak akan tega juga cowok melihat ceweknya melakukan hal-hal sulit sendiri. Setiap dia menawarkan bantuan kamu sering dengan tegas mengatakan, “Eh aku bisa sendiri kok!”

Kamu memang menolaknya dengan halus, sambil meyakinkan lagi dia bahwa dirimu bisa melakukannya sendiri. Sekali dua kali mungkin cowokmu masih biasa saja. Tapi kalau sudah keseringan dia pun akhirnya berpikir, kalau kamu justru tak percaya dengan usahanya.

Saat ingin menolaknya biasakan mengawali semua dengan ucapan, “Terima kasih ya Sayang. Tapi kali ini aku bisa sendiri kok. Lain kali kalau nggak bisa pasti aku minta tolong ke kamu.”

2. Semua perkara bikin kamu bilang, “Udah aku aja.” Cowok jadi mikir fungsinya dia apa?

sosoknya ada, tapi….

Mengandalkan diri sendiri memang baik. Selain tak menyusahkan orang lain, kemampuanmu dalam segala hal pun bisa terasah. Tapi hubungan selalu melibatkan dua orang. Menanggung semua beban sendiri menunjukkan kalau kamu nggak menghargai pasanganmu.

Sebagai orang yang mendampingi wajar kalau dia juga punya ekspektasi. Dia pun ingin jadi orang yang bukan cuma menyandang status Pacar tapi juga berkembang jadi orang yang bisa diandalkan. Tidak ada salahnya memberi dia kesempatan untuk menunjukkan perhatiannya.

Walau kamu bisa membuat desain web mu sendiri, tak perlulah berkata “Udah aku aja..” Biarkan sesekali dia punya peran.

3. Jangan biarkan dia berpikir kamu nggak memerlukan dia lagi. Minder sama pasangan sendiri itu nggak enak!

Mandirinya kamu bikin dia minder via dylandsara.com

Jika perasaan takut-karena-merasa-tak-dipercaya itu dipelihara, akhirnya bisa muncul perasaan minder terhadap sosokmu. Di mata dia, kamu itu cewek luar biasa yang mendekati kata sempurna. You got everthing under control, without help.

Keren sih, tapi cowokmu ini lama-lama berpikiran apakah dia layak mendampingimu kalau kamu jarang membutuhkannya. Wajar saja kalau dia jadi merasa dirinya tak cukup mumpuni untuk semua hal yang penting di hidupmu.

4. Cara paling mudah menghancurkan kepercayaan pasangan? Kamu selalu menolak ajakannya untuk menjemput dan mengantar

berpikir dua kali untuk menawarkan sesuatu via dylandsara.com

Kamu membuat semua terasa kebalikan. Kalau biasanya cewek yang meminta dijemput sama pacarnya, di kasus kalian justru cowokmu yang selalu meminta untuk menjemput atau mengantarmu. Sedihnya lagi, kamu selalu menjawab tawarannya dengan penolakan.

Kalimat jawaban andalanmu, “Aku bisa berangkat sendiri kok. Udah ah nggak usah dijemput..”

Sementara bagi cowok mengantar jemput jadi cara menunjukkan perhatian yang paling sederhana tapi paripurna. Menolaknya berkali-kali akan membuat dia merasa kalau kamu benar-benar nggak membutuhkannya.

5. Teman-teman memanggilmu Independent Girl. Kamu pun merasakan hal sama. Walau bangga, kondisi ini membuat dia bertanya

Kadang bangga, tapi kadang juga kesal via elizabethwellsphoto.com

Kamu harus tahu, betapa bangganya dia mempunyai cewek yang mandiri. Tak seperti cewek lain yang hobinya membuat sibuk cowoknya dengan segala macam permintaan. Kamu memang membuat hubungan kalian lebih mudah dijalani. Dia merasa tak pernah dipaksa untuk melakukan ini itu, karena memang kamu tak pernah memintanya. Terlebih saat teman-temannya tahu seperti apa kamu, dia bisa banjir pujian karena memilikimu.

Tapi ada kalanya juga, cowokmu ini berada dalam posisi sedikit putus asa karena dirinya merasa tak berguna. Sebab kamu sendiri aja tak pernah mau sekadar diantar atau dijemput olehnya. Bahkan saat dia menawarkan bantuan untuk mengoreksi pekerjaannya saja dia selalu menolak. Apa mungkin kamu memang menganggap dia tak berguna sama sekali?

6. Lama-lama kamu yang lebih banyak ‘punya suara’ dalam hubungan kalian. Pasangan mana yang nyaman bertahan sama orang terlalu dominan?

Sosokmu yang dominan menurutnya via elizabethwellsphoto.com

Meski kamu tak pernah menyuruhnya melakukan apapun untukmu termasuk membantunya, dia malah merasa kalau sosokmu ini lebih dominan dalam hubungan. Bagaimana nggak dominan, kalau sosoknya tak pernah bisa mengambil bagian untuk membantumu atau sekadar melengkapi hidupmu. Dia merasa seperti pohon, yang ada tapi cuma diam saja. Bukan karena memang tak bisa bergerak, tapi kamu memang membatasi geraknya untuk dirimu sendiri.

Dominasi berlebih dalam hubungan tidak pernah jadi tanda kamu menjalani hubungan yang sehat. Saat kamu yang lebih punya banyak suara dalam hubungan ini saatnya kamu berpikir ulang.

Kemandirian memang salah satu simbol kedewasaan, tapi jangan sampai kamu lupa dengan kodratmu sebagai manusia sosial. Setidaknya meski sungkan untuk meminta bantuan, kamu bisa ‘kan menerima uluran tangan. Toh kalau kamu terus bersikap seperti ini, yang ada bukan cuma cowokmu aja yang minder dan mundur, tapi juga cowok-cowok lainnya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!