“Ji, mau sampai kapan kamu tiduran? Kuliah gih!”
“Iya, Buk. Toh masuk kuliahku juga masih jam 9 nanti”
“Anak lanang kok males! Bangun pagi, mandi, kuliah! Gak malu sama pacarmu yang udah lulus semester kemarin?!”
*sedih. Nangis di pojokan.

Tak bisa dipungkiri bahwa di masyarakat kita saat ini, anggapan bahwa cowok harus selalu lebih dari cewek masih saja melekat di benak masyarakat Indonesia. Meski memang anggapan tersebut sudah sedikit memudar di kalangan generasi muda, tapi sejatinya masih saja kental terasa di kalangan para orangtua.

Advertisement

Mau tak mau jelas pandangan tersebut mengusik pikiran para cowok, dong. Nah, sebenarnya ini nih yang ada dalam pikiran cowokmu kala melihat karirmu yang lebih dulu berkembang.

1. Meski dia sendiri sebenarnya tak peduli, tapi tuntutan masyarakat mau tak mau tetap mengusik. Jadi jangan kaget jika tiba-tiba jadi pendiam dan cuek dengan prestasimu.

TIba-tiba dia jadi cuek

TIba-tiba dia jadi cuek via iidonghae.wordpress.com

Namanya juga hidup bermasyarakat dengan berbagai macam golongan manusia, anggapan dan pendapat dari orang lain mau tak mau akan selalu kamu dengar. Cowokmu yang mulanya tak peduli dengan siapa yang lebih dulu sukses, lama kelamaan bakal terganggu dengan ucapan banyak orang yang semakin kesini semakin merendahkan kemampuannya karena kamu yang sukses lebih dulu.

“Cowok kok kalah sama ceweknya?! Cowok apaan itu.”

Advertisement

Anggapan seperti itu mau tak mau jelas mengusik pikiran cowokmu. Yang awalnya gak mempermasalahkan, lama-lama bakal gak nyaman juga. Itulah kenapa cowokmu tiba-tiba diam dan cuek dengan prestasimu. Hatinya dongkol karena omongan orang yang merendahkan kemampuannya.

2. Kadang melihatmu sukses terlebih dahulu semakin membuatnya kehilangan rasa percaya diri. Namun perasaan itu ia pendam sendiri.

Senyumnya rada kecut gimana gituu

Senyumnya rada kecut gimana gituu via ematjokro.blogspot.com

“Ji, nanti malam keluar, yuk?”
“Kemana? Aku lagi gak ada duit, nih”
“Tenang, aku habis gajian. Aku yang traktir”
“Oh… O-Oke, deh.”

Kamu yang cewek perlu tau bahwa sebenarnya cowokmu juga tersiksa kala kamu lebih sukses dari dia. Meski keliatannya dia fine dan biasa aja saat kamu ngajak dia jalan, tapi dalam hatinya ada perasaan yang menyiksa. Memang sih, kelihatannya lucu dan tak beralasan, tapi yang tidak kalian pahami adalah bahwa kepercayaan diri cowokmu bakal terusik dengan melihatmu lebih dulu sukses darinya.

3. Karena cowok juga punya harga diri, kamu yang lebih dulu sukses kadang menimbulkan kecemburuan dari dalam hati. Cewek mohon ngertiin dan sabar ya…

Dia jadi sering cemburuan...

Dia jadi sering cemburuan… via bonafidepanda.tumblr.com

Kata orang, harga diri seorang pria itu setinggi langit. Jika dilihat dari fakta di lapangan, hal itu memang ada benarnya sih. Cowok bakal merasa bahwa dia harus lebih dari siapapun karena memang harga dirinya yang tinggi. Gak heran bahwa kalau kamu perhatikan, bahkan banyak cowok yang sampek pukul-pukulan karena merasa harga dirinya dilangkahi oleh cowok lain.

Itu baru sama cowok, belum lagi saat cowok merasa harga dirinya kalah sama cewek. Jelas lah dia bakal sakit hati. Ada rasa cemburu yang muncul dari dalam hatinya saat melihatmu lebih dulu sukses dari dia. Bukan berarti dia gak suka, tapi karena memang tingginya harga diri itu yang bikin cowokmu rada sensi kalau ngomongin masalah sukses bersamamu.

4. Jangan salah, kecemburuan cowok bukan berarti dia gak suka dengan kesuksesanmu. Dia hanya sedikit malu dengan dengan dirinya sendiri yang masih begini saja.

Dia butuh waktu aja buat berpikir tentang masa depannya

Dia butuh waktu aja buat berpikir tentang masa depannya via www.linguabarcelona.com

“Ji, kamu kok berubah sih semenjak aku kerja?”
“Ah, masa? Cuma perasaanmu aja kali, Dit”

Cowokmu berubah saat tau kamu lebih dulu sukses dari dia? Kalau iya, sepertinya dia sedang dalam masa introspeksi diri. Kamu gak perlu khawatir selama dia juga mau menunjukkan usaha untuk berusaha lebih giat lagi. Bagi cowok, melihatmu lebih dulu sukses itu seperti tamparan keras yang membuatnya malu pada dirinya sendiri.

Yang perlu kamu tau adalah sebenarnya bukan berarti cowokmu gak suka kamu sukses, tapi dia hanya malu aja sama dirinya sendiri. Dia suka dan bangga kok dengan kesuksesanmu. Hanya saja, kamu yang sukses lebih dulu ini rasanya telah memberikan tamparan pada dunianya. Itulah kenapa dia berubah. Dia ingin mengintrospeksi dirinya sendiri terlebih dulu agar nanti bisa mengejar kesuksesanmu.

5. Dalam diam dan cemburunya, kamu sebenarnya adalah motivasi terbesar baginya. Ketika kamu lebih sukses dari dia, dia akan termotivasi untuk selalu berusaha lebih giat.

Kamu itu motivasinya

Kamu itu motivasinya via www.youtube.com

“Kamu kok diam sih, Ji? Aku udah cerita panjang loh soal kerjaanku hari ini…”
“Ah, maaf, Dit. Aku lagi banyak pikiran juga nih. Maaf banget ya…”

Sebenarnya kamu juga tak perlu memikirkan perubahan sikap dari cowokmu. Memang sih dia tiba-tiba berubah jadi pendiam dan cemburuan saat kamu sudah mulai sukses lebih dulu. Tapi sebenarnya dalam diam dan cemburunya dia berpikir keras bagaimana caranya agar bisa mengimbangi, bahkan melebihi, kesuksesanmu.

Kesuksesanmu adalah tamparan sekaligus motivasi terbesar baginya. Yah, wajar lah. Cowok dengan harga diri super tinggi akan merasa malu dan seakan tak berdaya kala melihat ceweknya lebih dulu sukses. Tapi malu dan tak berdaya itu akan selalu ia jadikan motivasi agar nantinya bisa membahagiakanmu dengan usaha dan hasil kerjanya sendiri.

6. Dari lubuk hatinya yang terdalam, kesuksesanmu sebenarnya juga adalah kebanggaan baginya. Suksesmu membuktikan bahwa dia gak salah pilih pasangan.

Dia yakin telah memilihmu!

Dia yakin telah memilihmu! via www.chobirdokan.com

Meski memang dia jadi pendiam, sebenarnya dari dalam lubuk hati terdalamnya dia bangga loh dengan prestasimu. Tapi ya maklum lah, ya. Namanya juga cowok yang penuh gengsi. Baginya agak sedikit berat untuk mengucapkan pengakuan bahwa kamu memang lebih sukses dari dia.

Namun, meski memang sulit untuk dia ucapkan, sebenarnya dia serius bangga, loh. Kesuksesanmu membuktikan bahwa selama ini dia tak salah memilih pasangan. Untuk urusan membina rumah tangga, tentu cewek yang punya karir yang sukses adalah calon istri yang sempurna. Selain bisa mengurus rumah tangga dan kerjaan, kamu juga pasti bisa mendidik anak agar kelak anak kalian lebih bisa berkompetisi di dunia kerja!
Yah, tapi memang tak bisa dipungkiri juga sih kalau ada perasaan terganggu dan gak enak kala cowok melihat ceweknya lebih dulu sukses dari dia. Tapi kamu yang cewek gak perlu risau dan galau, dalam cemburu dan diamnya, kamu adalah motivasi baginya. Dia bakal berusaha agar bisa mengimbangimu, kok.:)

Kalau menurut kamu, Anisa Rahma bagaimana? Hehe

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya