Meski Agama Sudah Sama, Begini Ribetnya Hubungan Cinta Beda Aliran. Susah Juga, yha~

Cinta Beda Aliran Agama

Dalam perkencanan, katanya sih cinta beda agama paling rumit dan susah. Ibaratnya, sejak awal, cinta beda agama sudah ditentang oleh dua Tuhan sekaligus. Beberapa hubungan beda agama memang berhasil sampai pelaminan, tapi tak sedikit juga hubungan beda agama yang gagal di tengah jalan, bahkan saat masih pacaran.

Kalau membayangkan risikonya aja, orang sudah pengin menyerah duluan. Bukannya nggak mau berjuang, cinta beda keyakinan memang banyak rintangan. Jadi, banyak yang berpikir mending memilih yang seagama. Eits… Tunggu dulu! Siapa bilang yang udah satu agama dan satu iman maka akan minim rintangan?

Mungkin kamu dan doi sudah satu agama, tapi bisa jadi ternyata kalian beda aliran. Seperti kita tahu, setiap agama kan biasanya punya beberapa aliran. Misalnya, kalau di Islam ada aliran Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Sementara di agama Kristen, ada beda aliran gereja yang biasa disebut denominasi.

Cinta beda aliran agama ini tak kalah runyam dibandingkan cinta beda agama lo. Bahkan, masalah bisa timbul cuma gara-gara hal sepele. Yang bikin lebih ruwet, kita mungkin nggak memikirkan masalah ini akan terjadi sebelumnya.

Cara beribadah yang dilakukan bisa jadi punya perbedaan. Makanya, sering timbul perdebatan di antara pasangan

Perdebatan dalam hubungan satu agama tapi beda aliran | Photo by Eric Ward on Unsplash

Hubungan yang dijalani oleh dua orang yang punya agama sama nyatanya nggak luput dari perdebatan lo. Meskipun sudah satu iman dan satu keyakinan, kalau alirannya beda, maka cara beribadahnya pun bisa jadi tak sama. Perbedaan cara ibadah ini mungkin terdengar sepele. “Ngapain sih dipermasalahkan?” begitu pikirmu. Eh, jangan salah, justru hal-hal yang terlihat sederhana ini malah bisa bikin hubungan jadi runyam. Perderbatan bisa jadi tak terhindarkan.

Contohnya nih, sepasang kekasih melakukan ibadah di waktu yang sama. Sekilas mungkin caranya juga serupa, tapi saat ada sedikit perbedaan dalam menunaikannya. Hal ini bisa jadi pemantik kerenggangan. Misalnya, dalam kasus Rahma (nama samaran) dan pacarnya.

“Eh, kok kamu nggak pakai doa ini sih?” tanya sang pacar.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini