Pasti kamu pernah mengalami keraguan ketika akan memulai hubungan asmara dengan seseorang. Walaupun kalian sudah jelas-jelas memperlihatkan ketertarikan satu sama lain, untuk menjajaki hubungan yang lebih serius dibutuhkan banyak pertimbangan lain.

Jangan hanya mengandalkan perasaanmu. Pastikan kamu dapat menemukan alasan yang kuat mengapa dia adalah orang yang pantas mendapatkan cinta dan kesetiaanmu. Jangan begitu mudah menyerahkan hatimu kepada seseorang jika kamu tidak menemukan kualitas-kualitas ini pada orang tersebut!

1. Hanya Di Hadapannya, Kamu Benar-Benar Nyaman Untuk Membuka Diri

szerelmes-pár

Kamu tidak pernah senyaman ini via napiboldogsag.com

Advertisement

Jika dia memang orang yang tepat untuk mendampingimu dalam kehidupan, kamu akan merasa nyaman untuk berbagi segala perasaan dan pemikiran yang kamu miliki. Kamu tidak akan merasa perlu menahan atau menutup-nutupi luapan emosi yang kadang kala meledak. Kamu juga tidak takut untuk terlihat tidak sempurna.  Bahkan ketika tidak ada pembicaraan, kalian justru dapat menikmati kesunyian yang ada tanpa rasa canggung.

Dapat menjadi dirimu yang sebenar-benarnya di hadapan seseorang yang kamu cinta adalah salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup. Jika ketika bersama orang tersebut kamu dapat menjadi dirimu yang utuh dan sejujur-jujurnya, maka mungkin dia adalah orang yang layak mendapatkan tempat teristimewa dalam hatimu.

2. Dia Tidak Hanya Sekedar Mendengar, Tapi Juga Berusaha Memahami Curahan Hatimu

Durham_Artistic_Engagement_Photography-10-1

Dengan adanya dia yang selalu mendengarkan, bebanmu jadi lebih ringan via cdn.lightgalleries.net

Salah satu tanda bahwa dia benar-benar peduli kepadamu adalah ketika dia benar-benar mendengarkanmu. Dia akan memberikan perhatian penuh terhadap apa yang kamu katakan karena dia ingin tahu apa saja yang terjadi dalam kehidupanmu. Dia tidak akan sekedar mengangguk-anggukan kepala terkesan mendengarkan tapi lupa lima menit kemudian. Dia akan bertanya, menanggapi, atau menunggumu melanjutkan curahan hatimu selagi juga merenungkan apa yang bisa dia dapat perbuat untuk membuat perasaanmu lebih baik.

Advertisement

Mendengarkan orang lain bukanlah hal yang mudah tapi dengan mendengarkanlah baru kita bisa mulai memahami. Jika dia benar-benar bisa mendengarkanmu, berarti dia memiliki keinginan untuk benar-benar memahamimu dan jadi bagian dari hidupmu.

3. Kalian Mampu Berkomunikasi Tidak Hanya Lewat Kata-Kata

edit3

Ketika bertemu dia, kamu akhirnya mengerti mengapa mata adalah jendela hati via lovepaperhearts.files.wordpress.com

Jalinan spesial yang kalian bangun dari pemahaman mendalam antara satu sama lain, tidak akan cukup diungkapkan hanya dengan kata-kata. Tiba-tiba kamu mendapati dirimu memahami tatapan bisunya dari seberang ruangan yang penuh dengan orang. Dia juga bisa mengerti keinginanmu untuk pulang lebih cepat hanya dengan senggolan kecil yang kamu berikan di sikunya.

Jika kamu dan dia mampu memiliki bahasa yang hanya dimengerti oleh kalian berdua, berarti kalian telah berhasil membangun dunia yang hanya dimiliki oleh kalian berdua. Dia-lah satu-satunya orang yang mampu memahamimu dengan cara seperti itu dan karena alasan itulah tempatnya tidak akan bisa tergantikan.

4. Bersama Dia, Kamu Merasa Tak Pernah Kekurangan Kasih Sayang

Pleasing-Couple-Love-Hug-Wallpaper

Hanya dia yang tahu membuatmu sebahagia ini via www.mollanderson.com

Ketika sedang dirundung kesedihan, kamu akan selalu membutuhkan seseorang untuk mengatakan kepadamu bahwa semua akan baik-baik saja. Jika dia adalah orang yang tepat, dia akan selalu bisa memberikanmu pelukan hangat di saat-saat kamu paling membutuhkannya, bahkan sebelum kamu mengatakan apa-apa. Pengertian dan kasih sayangnya adalah remedi terbaik dalam setiap kemalanganmu.

Pernyataan cintanya mungkin tidak seekspresif atau sesering yang kamu harapkan, tapi dia tidak pernah gagal menunjukkan perasaannya di saat-saat terpenting.

5. Dia Memiliki Keahlian Khusus Untuk Terus Membuatmu Bersemangat

street-boy-girl-bicycles-love-hearts-city-hd-wallpaper

Dengan dia yang selalu mendampingi, tidak ada yang tidak mungkin via everythinggl.com

Dalam keputusasaanmu, dia akan dapat menyediakan energi tambahan supaya kamu bisa melanjutkan kembali perjuangan hidupmu. Hanya dengan membayangkan kehidupan yang akan kamu miliki bersama di masa depan, bisa memacumu untuk dapat mengatasi kesulitan yang kamu hadapi saat ini. Segala perhatian dan kasih sayangnya selalu mengingatkanmu bahwa kamu tidak pernah sendirian di dunia ini.

Jika kebersamaan yang kalian miliki dapat menjadi inspirasi tersendiri dalam kehidupanmu, maka mungkin dia adalah orang yang layak kamu pertahankan.

6. Dia Bisa Meyakinkanmu, Bahwa Di Matanya — Kamu Sempurna

niki-svend-happy-couple-fall-kelowna

Bahkan tanpa melihat pun dia tahu kamu sempurna via www.electrifyphotography.com

Kesempurnaan adalah hal yang tidak akan pernah dimiliki seorang manusia biasa. Tapi mungkin jika bersama dengan dia, kamu bisa menemukan versi kesempurnaanmu sendiri. Kesempurnaan yang hanya bisa terwujud karena keyakinan bahwa kalian saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dia tidak akan berharap kamu tidak memiliki cacat. Justru dia adalah orang yang mengakui kekuranganmu dan berharap dapat melengkapinya.

Dia adalah orang yang mengetahui, memahami, dan mengakui segala kelemahanmu tapi tetap memandangmu sebagai kesempurnaan. Karena baginya, hanya kamu yang juga dapat melengkapi segala kekurangannya. Jika kamu sudah menemukan orang seperti ini, cobalah untuk tetap bersama dalam kesempurnaan tersebut.

7. Dia Adalah Orang yang Paling Keras Menentang Saat Kamu Mulai Merendahkan Diri Sendiri

IMG_5510-2

Dia tahu cara menghargaimu via 4.bp.blogspot.com

Tidak peduli pandangan orang lain tentangmu, dia adalah orang yang akan selalu memastikan kamu tahu bahwa dirimu berharga. Dia tidak akan membiarkan pendapat orang lain menghancurkan kepercayaan dirimu. Karena kamu adalah orang yang paling penting dalam kehidupannya, dia akan selalu tahu cara terbaik untuk menghargaimu. Sampai akhirnya kamu juga tahu cara menghargai dirimu sendiri.

Tidak ada gunanya merendahkan diri sendiri karena pandangan orang lain, jika sebenarnya kamu sudah mendapatkan penghargaan tertinggi dari orang yang paling kamu sayangi.

8. Dia Mampu Mengingatkan Kembali Apa Yang Sebenarnya Penting Dalam Kehidupanmu

Color-058

Selalu siap jika kamu hilang arah via 2.bp.blogspot.com

Ritme kehidupan yang tidak menentu seringkali membuatmu kehilangan fokus dalam melihat tujuan akhirmu. Kamu akan selalu membutuhkan orang yang dari waktu ke waktu dapat menuntunmu keluar dari kebingungan tersebut. Jika dia benar-benar ingin yang terbaik untukmu, dia tidak akan membiarkanmu tersesat untuk waktu yang lama. Dia akan memintamu menghadapi segala kenyataan hidup, tidak peduli seberapa sulit atau pahit kenyataan tersebut. Karena dia tahu hanya dengan menghadapinya, kamu baru bisa berkembang.

Keberadaannya juga akan terus-menerus mengingatkanmu untuk tidak menghindari segala rintangan yang mungkin menghadang jalanmu menuju cita-cita dan impian. Dan kamu tidak akan takut lagi karena kamu tahu dia akan bersamamu sepanjang jalan tersebut.

9. Dia Adalah Orang yang Tidak Keberatan Mengakui Kesalahan Dan Akan Melakukan Sesuatu Untuk Memperbaiki Keadaan

creative-engagement-shoot-photos-sad-heartbreaking-field-101

Berkomitmen kuat untuk terus bersama via thaoski.com

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Apa yang mereka lakukan selepas itu adalah hal yang akan membedakan kualitas orang tersebut. Pastikan dia bukan termasuk orang yang suka menghiraukan kesalahan dan berpura-pura bahwa semua baik-baik saja. Maka dari itu justru bersyukurlah ketika dia datang ke hadapanmu dan mengakui kesalahannya. Jangan terlalu terbenam dengan kenyataan bahwa dia melakukan kesalahan, tapi fokuslah kepada apa yang bisa kalian lakukan untuk membuat keadaan lebih baik.

Jika dia adalah orang yang serius ingin mempertahankan hubungan kalian, dia akan terus berupaya memperbaiki kesalahan tersebut sebagai bentuk komitmennya kepadamu. Dia juga tidak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya karena dia mengerti dampaknya dalam hubungan kalian. Jika kamu tidak menemukan kualitas ini di dirinya, mungkin sudah waktunya kamu melepaskan dia dari kehidupanmu.

10. Hubungan Kalian Dilandasi Kejujuran Dan Pengertian

couple-talking-on-couch-main

Pentingnya pembicaraan dari hati ke hati via www.glamour.com

Setiap hubungan perlu landasan yang kuat untuk dapat bertahan. Jika dia memiliki komitmen kuat untuk terus bersamamu, dia akan terus berupaya mengomunikasikan aspek-aspek hubungan kalian yang perlu diperbaiki dengan penuh kejujuran dan pengertian. Dia tidak akan secara tiba-tiba marah kepadamu tanpa kata-kata atau penjelasan. Dia akan berupaya membuatmu mengerti kemarahannya tersebut dan berupaya mencari solusinya secara bersama-sama.

Jika kalian memiliki kemampuan untuk menghadapi tiap permasalahan dengan penuh kejujuran dan pengertian, niscaya hubungan kalian akan jauh lebih bermakna.

11. Sekecil Apapun Perhatian yang Kamu Berikan, Dia Akan Mampu Menghargainya

508fd8f587b3193f2ee823977c7bca01

Dia selalu menyempatkan untuk bilang ‘terimakasih’ via media-cache-ec0.pinimg.com

Jika dia adalah orang layak mendapatkan seluruh perhatianmu maka dia tidak akan pernah bisa mengacuhkan hal-hal kecil yang kamu lakukan khusus demi dia. Dia akan menghargai segala bentuk perhatian yang kamu berikan kepadanya karena dia tahu itu adalah bentuk penegasan bahwa perasaan kalian saling berbalas. Dia tidak akan mau kamu mendapatkan pemikiran bahwa dia tidak lagi memiliki perasaan yang sama denganmu.

Tidak peduli sesibuk apapun dia, jika hubungan kalian adalah prioritas penting baginya maka dia akan berusaha sekuat tenaga untuk mengekspresikan kegembiraannya atas perhatianmu.

12. Dia Membuatmu Tak Takut Untuk Terus Bermimpi. Bersamanya, Kamu Tak Pernah Kehilangan Inspirasi

9-reasons

Kalian dapat mencapai tempat yang lebih tinggi bersama-sama via themindunleashed.org

Jika kalian mampu menginspirasi satu sama lain untuk meraih segala cita-cita dan impian yang kalian miliki, kemungkinan besar kamu sudah bersama orang yang layak mendapatkan kesetiaanmu. Dia akan mampu mendorongmu untuk menjadi versi terbaik dari dirimu.

Dia akan sungguh-sungguh berbahagia dan bangga akan semua pencapaianmu. Kamu juga berani memimpikan impian yang lebih tinggi karena kalian memiliki satu sama lain untuk berbagi semua kekhawatiran dan rintangan yang mungkin menghadang. Di akhir, kebahagiaan dan kebanggaan kalian juga berlipat ganda karena kalian dapat menikmatinya bersama.

Adakah kamu menemukan kualitas-kualitas ini dalam pasangan atau gebetanmu? Jika iya, maka berikanlah segala perhatian dan kasih sayang yang layak mereka dapatkan darimu. Tapi jangan lupa untuk juga memastikan bahwa pasangan atau gebetanmu juga dapat menemukan kualitas-kualitas tersebut dalam dirimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya