Semenjak dunia literasi khususnya genre pop makin diminati, karakter cowok tengil selalu bisa membuat kami para cewek penasaran. Sebutlah Dilan karya Pidi Baiq, Harris Risjad, atau yang lebih senior seperti Boy atau Lupus sekalian. Kiblat cowok idaman sepertinya bukan lagi yang tinggi-kaya-ganteng dan naik mobil mewah. Berkat tokoh-tokoh tengil di atas, definisi cowok idaman kami sedikit berubah. Sedikit nakal, keras kepala dan dekat-dekat dengan masalah adalah idaman yang baru bagi kami, kaum cewek di era millenials ini.

Buat cowok yang jauh dari kata tengil atau bahkan nggak bisa sama sekali gombal, tenang! Cowok tengil kayak Dilan atau Harris Risjad memang sukses buat kami penasaran. Tapi yakinlah, cowok dengan tipe-tipe di bawah inilah yang kelak akan kami pilih sebagai pasangan.

1. Cowok yang peduli tanpa mengekang. Memang ada beberapa hal yang dia larang, tapi kami yakin itu semua demi kebaikan

Sayang tapi nggak mengekang via www.nouba.com.au

Advertisement

Kadang rasa sayang disamakan dengan mengekang. Kekangan dan larangan gencar diberikan hanya karena modal rasa sayang. Tapi cowok yang benar-benar sayang tak akan pernah mengekang. Dia yang beneran sayang justru akan membebaskan. Meskipun masih ada beberapa hal yang nantinya akan dia larang. Contoh sederhananya seperti boleh lembur asal nggak telat makan. Cowok dengan tipe seperti inilah yang diam-diam akan kami pilih menjadi pemimpin keluarga nanti. Sebab dia yang sayang tanpa mengekang, kelak bisa membuat kami berkembang.

2. Tak apa dia jarang gombal dan berkata manis. Asalkan sabarnya panjang dan tak berbuat kasar

Tak berbuat kasar via www.unsplash.com

Kami sadar bahwa kadang gombalan dan kata-kata manis memang dirindukan. Tapi tak lantas dia yang hanya bisa ngegombal dan umbar kata-kata manis akan kami pilih jadi pasangan. Bagi kami, masa depan tak akan bisa dilewati hanya dengan dua hal itu. Namun dia yang sabar dan tak berbuat kasar, adalah pilihan yang jelas akan kami pilih nanti. Sabarnya kelak akan mencukupkan kami dari amarah. Sifat antikasarnya kelak akan buat keluarga kecil ini hangat dan jauh dari masalah.

3. Cowok humoris dan suka bercanda. Bersamanya kami yakin seberat apapun hidup pasti bisa dilewati bersama

Bersamanya, kami lebih siap menghadapi dunia via www.nouba.com.au

Dunia ini sudah cukup berat dan bikin penat. Untuk itu, dia yang punya sifat humoris dan suka bercanda punya kesempatan untuk kami pilih nantinya. Dia yang humoris akan bisa menyelamatkan kami dari monotonnya dunia. Dia yang humoris juga punya cara pandang tersendiri terhadap sesuatu. Kami yakin, bersamanya yang masih bisa tertawa ini, seberat apapun masa depan, pasti bisa ditakhlukkan.

4. Dia yang menomorsatukan keluarga adalah sebaik-baiknya pilihan yang pernah ada

Sayang keluarga~ via www.nouba.com.au

Advertisement

Kami sadar, bahwa hubungan yang lebih serius tak hanya menyangkut dua orang insan. Tapi lebih luas hingga mencakup keluarga. Ada di satu titik kami merasa dialah orangnya. Saat dia minta maaf harus membatalkan janji makan berdua, karena harus mengantar ibunya periksa. Atau menutup sambungan telepon kami saat ayahnya tiba-tiba minta bantuan sesuatu. Meski kadang kami tak didahulukan, cowok yang menomorsatukan keluarganya ini punya rasa sayang yang luar biasa. Kami yakin, di masa depan cowok dengan tipe seperti ini tak akan pernah menyia-nyiakan kami begitu saja.

5. Kadang kami juga memilih dia yang sederhana. Sesederhana tak akan meninggalkan kami saat pertengkaran ada

Meski bertengkar, tetap tak menghindar via www.nouba.com.au

Mau hubungan baru berjalan dua bulan atau udah tahunan, pertengkaran jelas ada. Dari pertengkaran inilah kami diam-diam melakukan audisi untuk calon imam kami. Dia yang tak meninggalkan saat bertengkar hebat punya poin tersendiri bagi kami. Sebab dia yang tak mudah meninggalkan ini jelas punya komitmen kuat untuk menjaga dan mengasihi meskipun tengah dilanda emosi.

6. Tak hanya dia yang berupaya menyamakan langkah. Tapi kami juga akan memilih dia yang bersedia menopang saat merasa lelah

Kompromi, hal kecil yang penting sekali via www.nouba.com.au

Bagi kami, hubungan yang serius bukanlah perkara menyamakan langkah. Lebih dalam lagi, hubungan yang serius itu juga tentang menjadi penopang saat salah satu mulai lelah. Dia yang mau memperlambat langkahnya dan sesekali berhenti demi kami, adalah pilihan yang punya probabilitas tinggi. Sebab dia yang bisa memperlambat langkah ini kelak akan mampu berkompromi dengan keadaan kami yang kadang susah dipahami ini.

7. Dia yang memperlakukan kami sebagai orang terdekat dengan terhomat. Sudah jarang bukan cowok yang seperti ini?

Menghormati kami via www.nouba.com.au

Benar-benar sayang bisa menumbuhkan rasa nyaman. Kenyaman itu yang membuat banyak cowok berlaku semena-mena dan cenderung tak menghormati. Bagi kami, menunjukkan rasa nyaman sah-sah saja. Tapi jangan sampai menghapuskan batasan-batasan yang ada. Untuk itu, dia yang memperlakukan kami sebagai orang dekat dengan terhormat, menjadi pilihan paling masuk akal. Sebab cowok dengan tipe seperti ini kelak tak akan menyia-nyiakan. Dia mampu menyayangi kami tanpa menyakiti.

Kami sadar kalau cowok tengil dan pintar ngegombal memang ada gregetnya sendiri. Tapi untuk masa depan, mohon maaf sekali, tipe-tipe di atas akan kami prioritaskan. Sebab tengil dan pintar ngegombal saja belum cukup untuk menghadapi masa depan ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya