Untukmu yang percaya bahwa ada yang lebih dari sekadar penampilan, Bukalapak mempersembahkan artikel ini.

“EEEH…kok pakai celana pendek sih?”

“Loh. Kok kamu nggak dandan? Dandan dong, dikit aja!”

Urusan penampilan memang sering menimbulkan pertanyaan. Di satu sisi kita sering merasa kalau penampilan itu bukan yang utama. Asal hati dan kinerja oke penampilan bisa jadi nggak begitu signifikan dalam hidup kita.

Tapi ada juga pendapat lain yang bilang bahwa biar bagaimanapun penampilan itu tetap harus diperhatikan. Sebab dari penampilan lah orang pertama kali akan mendapat kesan. Hmmm…apakah hal ini benar? Bukannya dia yang sederhana dan tampak biasa saja malah bisa memberikan lebih banyak hal?

1. Dia yang penampilannya apik jelas enak dipandang mata. Tapi konon hubungan bertahan kalau kalian bisa jadi rekan bicara

Konon hubungan bertahan kalau kalian bisa jadi teman bicara via app.deathtothestockphoto.com

Setelah 2 sampai 3 tahun berjalan bukan lagi kemeja yang pas di badan atau muka mulus yang membuatmu bertahan. Dia yang datang dengan penampilan apiknya memang menciptakan senyum di muka. Itu artinya demi kamu dia rela meluangkan usaha lebih untuk mematut diri lebih lama.

Tapi ada yang lebih penting dari sekadar penampilan yang enak dipandang mata. Dia yang bisa diajak bicara, dia yang bisa memberimu masukan soal pencapaian yang harus kamu capai setelahnya, sampai dia yang bisa jadi sparing partner yang oke waktu bicara tentang masa depan kalian berdua.

2. Ini bukan soal dia pakai celana khaki atau tampil santai dengan celana pendek. Gagasan dan visi besar bisa muncul dari dia yang penampilannya cuek

Gagasan dan visi besar bahkan bisa muncul dari dia yang cuek via www.youtube.com

Achmad Zaky, CEO Bukalapak yang tampil nyeleneh dengan celana pendeknya di Video Hari Belanja Online Nasional Bukalapak jadi contohnya. Siapa yang menyangka pria sederhana dengan celana pendek dan kuciran di kepala punya mimpi-mimpi besar yang mengantarkannya jadi salah satu pengusaha marketplace paling sukses di Indonesia?

Video yang menempati peringkat ke 3 video iklan di YouTube (menurut data dari Google) yang paling banyak dilihat di Indonesia ini, menggambarkan semangat besar dengan penampilan apa adanya. Yang menjamin masa depan jelas bukan penampilan. Melainkan gagasan dan visi-visi besar yang dia punya.

3. Penampilan yang biasa dekat dengan pribadi apa adanya. Janjinya tidak banyak. Kamu akan lebih sering menemukannya bekerja

Janjinya tidak banyak. Tapi hasil pekerjaannya terlihat jelas via app.deathtothestockphoto.com

Orang yang penampilannya sederhana dan biasa sering sepaket dengan kepribadian yang apa adanya. Dia tidak ingin terlihat lebih ‘Wow’ di depan orang lain atau pasangannya. Dampaknya, janji manisnya tidak sering menyapa telinga.

Dibanding bicara tentang masa depan kalian bersama, memberimu bayangan soal hidup macam apa yang bisa kalian jalani nantinya — kamu akan lebih sering menemukannya bekerja. Dalam diam dia membangun masa depan yang kelak membuatmu bahagia.

4. Saat penampilan bukan jadi fokus utama, bukankah kamu akan dimanjakan dengan kebaikan lainnya?

Bukankah kamu akan dimanjakan dengan kebaikan lainnya? via app.deathtothestockphoto.com

Oke lah dia memang bukan orang yang selalu tampil rapi setiap kalian keluar berdua. Bahkan saat fine dining pun dia tetap tampil santai dengan jeans dan kaus andalannya. Tapi bukankah dengan begini kamu akan lebih fokus ke kelebihan lainnya?

Di balik kaus sederhananya atau jaket kebesaran yang sudah dia pakai bertahun-tahun lamanya ada orang dengan ketulusan hati dan gagasan besar yang membuatmu jatuh cinta. Kamu tidak akan merasakan halusnya kain kemeja atau parfum harum saat memeluknya. Dia memanjakanmu dengan sisi kebaikan lainnya.

5. Sering dipandang kurang meyakinkan, dia yang penampilannya biasa malah  mengejutkanmu dengan pencapaiannya

Dianggap kurang meyakinkan dia malah mengejutkanmu dengan berbagai pencapaian via app.deathtothestockphoto.com

“Lah, Zacky yang pakai celana pendek di Video Hari Belanja Online Nasional itu CEO Bukalapak to? Gak keliatan….”

Saat kelak dia yang penampilannya biasa memberimu banyak pencapaian, kamu akan tersenyum dan ingin bilang ke semua orang yang menilainya cuma dari penampilan. Di sampingnya semua pencapaian terasa lebih besar dan mengejutkan. Sekilas dia seperti kurang meyakinkan. Tapi kalau urusan prestasi dia bisa diandalkan.

6. Merasa dicintai dan diterima apa adanya — dia ikhlas saja menawarkanmu semua yang dia punya. Kamu jadi poros dunianya

Dia akan ikhlas saja menawarkan hal yang dia punya via app.deathtothestockphoto.com

Di luar sana jelas lebih banyak orang dengan penampilan yang lebih enak dipandang mata. Tapi kamu memilihnya. Mendukung dan menerima dia apa adanya.

Merasa dicintai dengan apa adanya bukankah dia akan ringan saja melakukan hal yang sama? Dia juga akan memberimu semua hal yang dipunya. Kalau perlu menjadikanmu poros hidupnya.

Jadi gimana? Masih mau cari yang rapi jali atau malah dia yang biasa-biasa aja nih?