“Lu, ngapain liatin hepe mulu?”
“Ah, gak papa, kok. Hehe”
“Lu udah putus. Gak perlu ngarep ada yang sms lagi deh”

Dalam urusan perasaan, cowok sebenarnya paling jago urusan menyembunyikan kesedihan. Setelah putus, dia bakal tetap kelihatan biasa aja seperti gak pernah terjadi apa-apa. Cowok bakal tetep main seperti biasa bareng temen-temennya. Kadang malah gak jauh lama setelah putus, cowok udah keliatan jalan sama cewek lain. Berbeda jauh kan sama cewek yang setelah putus biasanya galau semalaman.

Advertisement

Tapi jangan salah, meskipun keliatannya cuek dan gak peduli sama “putus”, di dalam hati mereka ternyata ada rasa sedih juga loh. Meski gak diungkapkan langsung dengan tindakan nyata, tapi namanya juga pernah jadi pasangan, cowok bakal tetap perhatian sama kamu walau gak diperlihatkan dengan gamblang.

Dia mungkin terlihat biasa saat kalian berjumpa. Tapi gesturnya yang seakan tak berubah meski sudah berpisah bisa jadi bukti kalau dia masih menyimpan rasa

Meski udah putus, tapi tingkahnya sama aja kayak gak pernah putus

Meski udah putus, tapi tingkahnya sama aja kayak gak pernah putus via two.byu.edu

Bagi cowok, terlihat gugup, panik dan canggung di depan mantan adalah hal yang paling gak boleh diperlihatkan. Untuk itu cowok akan berusaha sekeras tenaga menutupi kecanggungannya tersebut. Apalagi jika memang si cowok masih menyimpan rasa kepada kamu, tentu dia ingin bertingkah senatural mungkin.

Tapi kalau tingkahnya tidak berubah sejak kalian masih jadian dulu, itu tandanya dia masih menyimpan rasa. Dia gak
ingin sikapmu kepadanya berubah, oleh karena itu dia berusaha bersikap seperti dulu agar kamu tetap merasa nyaman seperti dulu saat kalian masih jadian.

Kalau statusmu sering dikepoin sama dia, itu bukti nyata kalau seenggaknya dia masih peduli sama kamu. Dia ingin memastikan bahwa kamu baik-baik saja setelah kalian tak lagi bersama

Ciye yang lagi ngepoin mantan....

Ciye yang lagi ngepoin mantan…. via deduce-my-heart.tumblr.com

Advertisement

“Kamu kenapa, Han? Statusmu kok galau gitu?”

Karena cowok adalah makhluk penuh gengsi kalau urusan perasaan, dia pasti senantiasa menutupi perasaannya yang
sesungguhnya dari kamu. Yah, paling tidak agar teman-temannya gak tau lah kalau ternyata dia masih punya rasa suka kepadamu. Kan malu kalau teman-temannya tau.

Namun kalau sampai cowok ngepoin statusmu dengan jelas, itu tandanya dia benar-benar masih peduli kepadamu. Dia sudah gak mempedulikan lagi apa kata teman-temannya. Mau teman-temannya ngelarang atau malah mendukung, baginya masa bodoh dengan pendapat orang. Kenapa kok bisa sampai segitunya? Jelas aja, kan dia benar-benar masih peduli dan sayang kok sama kamu.

Kamu juga bisa melihat dari status-statusnya di media sosial. Kalau masih menyinggung soal kamu atau hubungan kalian dulu, itu tandanya dia sebenarnya masih suka

Owww... Dia masih suka update status tentang akuu...

Owww… Dia masih suka update status tentang akuu… via www.huffingtonpost.ca

Sudah jadi rahasia umum bahwa sekarang setiap orang sudah menggunakan akun Facebook-nya untuk mencurahkan segala perasaannya. Dari situ kamu bisa melihat bagaimana isi hatinya yang sebenarnya. Kalau postingannya isinya tentang kamu atau tentang hubunganmu dan dia dulu, sudah pasti dia masih menyimpan rasa.

Bagi cowok, gak mungkin untuk memposting hal menye-menye. Palingan postingannya disembunyikan dalam bentuk lirik lagu atau postingan “Listening to” di Path yang isinya juga lagu gagal move on. Jadi kalau misal ditanya, dia bisa jawab “cuman dengerin lagu doang, kok”, padahal aslinya emang masih peduli dan memendam rasa sama kamu. Hehe

Kamu perlu mengerti bahwa sebenarnya dia memang masih peduli. Itulah kenapa dia bahkan tak sungkan menanyakan kabarmu kepada sahabatmu meski kalian sudah lama tak bertemu

Si Oji kemarin nanyain kabarmu, looh....

Si Oji kemarin nanyain kabarmu, looh…. via 40.media.tumblr.com

“Na, kabarnya Hanny gimana? Baik-baik aja kan dia?”
“Baik-baik aja kok. Kemarin gue abis ketemu dia”
“Alhamdulillah deh kalau gitu. Dia keliatan seneng gak?”
“Eciyee… Yang masih suka sama Hanny…”
“Hashhh….”

Menanyakan kabar mantan adalah salah satu hal yang paling “nggak banget” untuk dilakukan pasca putus. Dengan menanyakan mantan, maka hal itu akan menunjukkan bahwa kamu masih menyimpan rasa kepada mantan yang sudah meninggalkanmu. Bagi cowok, hal itu jangan sampai terjadi.

Tapi kalau ada cowok yang masih aja sering tanya soal mantan meski udah jarang ketemu, bisa jadi dia emang sedari dulu benar-benar peduli dengan kamu. Cowok yang gak sungkan menanyakan kabar mantan cuma punya satu alasan, dia masih peduli. Terlepas dari apapun alasan yang keluar dari mulutnya, dari dalam hatinya yang terdalam, dia masih menyimpan rasa sayang.

Jangankan sama pacar baru, ngeliat kamu jalan sama teman aja dia udah cemburu. Yah, namanya juga masih peduli, dia bakal terus ngasi komen setiap kamu jalan sama orang lain

“Na, aku kok rada gak percaya ya sama cowok yang jalan sama Hanny”
“Lah? Kenapa? Kalian udah saling kenal?”
“Belum sih. Tapi kok gak yakin aja kalau dia beneran suka temen lu”
“Ya elah. Lu udah jadi mantan masih aja cemburu. Udah move on sana”
“Bodo ah…”

Cemburu memang wajar ditunjukkan oleh pasanganmu. Tapi kalau ditunjukkan oleh mantan? Ya agak kurang pantas juga sih sebenarnya. Tapi mau bagaimana lagi, tentunya kalau memang masih suka, cemburu mau gak mau pasti akan kamu rasakan. Padahal sejatinya cowok tau bahwa cemburu sama mantan itu gak perlu.

Hanya saja, kadang susah untuk mengatur perasaan kepada mantan. Meski gak pingin keliatan cemburu, tapi kadang
kecolongan juga. Kalau kata orang cemburu itu tanda cinta. Jadi jika cowok menunjukkan tanda-tanda kalau dia cemburu, itu tandanya dia masih menyimpan rasa kepadamu.

Biasanya, momen Hari Raya jadi modus untuk bisa saling berkirim pesan. Awalnya sih cuman ngirim ucapan, tapi ntar juga berubah jadi ngajak ketemuan. Hehe

tumblr_mr3fcqxhpR1qc848mo1_r1_1280

“Han, selamat Idul Fitri, ya. Maafin kesalahanku dulu baik yang sengaja ataupun yang gak kusengaja. Aku tau kok kalau aku banyak salah sama kamu. Makanya aku mau minta maaf, mumpung momennya lagi lebaran. 🙂 Eh iya, kalau ada waktu, aku mau main ke rumahmu. Itung-itung silaturahmi lebaran. Kabarin ya kamu kapan ada waktunya”

Ini mah modus paling umum yang sering banget digunakan saat ada mantan pingin ngajak ketemuan. Momen hari raya kan memang momen sakral dimana kamu ingin minta maaf kepada semua orang yang pernah kamu sakiti. Oleh karena itu momen lebaran paling cocok digunakan cowok untuk ngajak ketemuan sama mantannya.

Yah, ngapain lagi ngajak ketemuan mantan kalau bukan untuk menyelesaikan masalah hati. Bisa jadi dia ingin ngajak
balikan, bisa jadi juga dia cuman pingin tau kabarmu. Yah, paling tidak dari ucapan selamat hari raya aja sebenarnya
udah keliatan sih kalau dia masih peduli sama kamu.

Cowok memang seharusnya jadi gentleman dengan membantu orang yang tengah kesusahan. Dalam hal ini, dia yang masih peduli pasti menawarkan bantuan walau tanpa kamu minta

Sini dek. Tak ajarin main ice skating~

Sini dek. Tak ajarin main ice skating~ via streetanswers.com

Oke, banyak orang yang berpendapat bahwa kala cowok menawarkan bantuan kepada cewek, itu pasti niatnya mau caper atau kalau nggak gitu ya mau ngasi impresi bagus agar keliatan keren dimata sang cewek. Pun demikian kalau cowok nawarin bantuan ke mantan.

Kalau ada mantanmu yang nawarin bantuan kepadamu, itu tandanya dia masih peduli sama kamu. Dia masih ingin bisa mengawasi dan menjagamu meski kalian tak lagi terikat dalam suatu hubungan. Meski keliatan banget modusnya, tapi setidaknya cowok yang masih berani menawarkan bantuan kepada mantan patut diacungi jempol atas usahanya yang bahkan sampai sekarang aja masih peduli sama kamu.

Meski bukan alasan utamanya, tapi ada juga cowok yang lebih memilih jomblo agar dia bisa bebas ngawasin kamu. Saking pedulinya sama kamu, tuh

Aku memilih jomblo karena kamu

Aku memilih jomblo karena kamu via weheartit.com

“Ji, lu kenapa kok sampai sekarang masih jomblo aja?”
“Haha ya emang belum ada yang mau aja sama gue”
“Halah… Kemarin bukannya sempet deket sama si Dita, ya?”
“Ya deket doang. Tapi nggak jadian, kok.”
“Jangan-jangan lu masih suka sama mantan, ya? Haha”
“Hah???? Enggak, lah” *Padahal iya

Kadang, ada orang yang memilih untuk menjomblo karena dia ingin sendiri. Ada juga orang yang memilih untuk menjomblo karena memang gak ingin pacaran. Tapi ada juga loh orang yang memilih untuk jomblo karena memang dia masih sulit untuk berpindah ke lain hati. Dia masih saja mengingat mantan yang dulu pernah mengisi hatinya.

Cowok yang masih belum pacaran lagi setelah putus biasanya masih sangat mengharapkan agar bisa balikan sama mantan. Maklum lah, di dalam strata sosial masyarakat, cowok harus mulai maju duluan. Kalau cowok masih aja jomblo, berarti dia kurang usaha atau emang gak mau usaha gara-gara sudah ada orang yang dia sayang. Dan orang itu biasanya adalah mantan. Saking pedulinya sama mantan, cowok bahkan rela menjomblo hanya agar dia bisa menjaga dan mengawasi kamu dengan bebas. Iya juga sih, kalau udah punya pacar kan gak mungkin bisa terus ngawasin kamu.
Nah, ada diantara mantanmu yang seperti itu? Kalau ada bisa jadi dia masih sayang sama kamu tuh… Hehehe 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya