Begini Cara Menyamakan Ekspektasi dalam Hubungan, Jangan Terpaku pada Relationship Goal di Luar Sana

Ekspektasi dalam hubungan

Setiap pasangan pasti memiliki ‘relationship goal‘ masing-masing. Melihat pola hubungan orang lain yang bahagia membuatmu merasa bahwa hubungan yang sesungguhnya itu ya yang seperti itu. Tapi banyak pasangan yang lupa bahwa sejatinya hubungan bahagia itu tak tergantung pada relationship goal- relationship goal yang banyak terpampang di luar sana.

Advertisement

Mau ada acuan atau tidak, bahagianya hubungan itu kamu yang bisa merasakan. Membebaninya dengan angan-angan hubungan yang tinggi bisa jadi justru perangkap yang akan membuat kalian tak bahagia.

Mungkin pada masa awal kalian jadian, relationship goal yang tinggi bisa jadi motivasi agar hubungan kalian berjalan lancar

Begitu banyak standar yang ditentukan oleh orang lain via unsplash.com

Tak masalah sih ketika awal jadian kamu dan pasnagan menempatkan satu tujuan dalam hubungan kalian. Melihat pasangan lain bahagia pasti akan menimbulkan perasaan iri dalam hatimu. Ingin rasanya bisa jadi pasangan bahagia seperti mereka. Oleh karena itu kamu dan pasanganmu menempatkan tujuan dan ekspektasi hubungan kalian agar bisa seperti mereka. Pasangan-pasangan bahagia tersebut adalah motivasi dan panutanmu agar hubunganmu bisa mencapai ekspektasi bahagia seperti mereka.

Namun seiring berjalannya waktu, kamu akan tahu bahwa setiap pasangan punya pola bahagia yang berbeda. Menyamakan bahagiamu dengan mereka adalah sebuah kesalahan

Kebahagiaan untuk tiap orang itu berbeda  via unsplash.com

Setelah beberapa lama hubungan kalian berjalan, kamu akan sadar bahwa ekspektasi tinggi yang kamu ambil dari relationship goal pasangan lain tak bisa menjamin kebahagian kalian. Pola bahagia setiap pasangan itu berbeda. Mencoba menyamakan ekspektasi bahagia hubunganmu dengan pola bahagia hubungan pasangan lain itu tak mudah dan bahkan cenderung berbahaya. Dengan memberinya ekspektasi yang tinggi, kamu pun akan mendapat tekanan yang lebih berat dari ekspektasi tersebut.

Advertisement

Kamu dan dia pasti punya ekspektasi yang berbeda soal angan hubungan kalian. Menyamakannya adalah perkara susah yang tak mungkin bisa dicapai jika anganmu terlalu tinggi

Kenali versi bahagiamu dan bahagianya  via www.pexels.com

Jangankan ekspektasi bahagia hubunganmu dan pasangan lain, ekspektasi model bahagiamu dan pasanganmu saja sudah berbeda. Bisa jadi pola hubungan romantis yang kamu inginkan berbeda jauh dengan yang ada di angannya. Bisa jadi juga pola hubungan santai bayangannya juga berbeda dengan bayang-bayangmu soal hubungan kalian. Bukan perkara mudah menyamakan ekspektasi kalian. Ekspektasi terlalu tinggi yang meniru pola bahagia pasangan lain bisa-bisa akan membuat hubunganmu makin bahaya.

Lebih baik bicarakan berdua dulu soal ekspektasi hubungan kalian. Mau dibawa ke arah mana hubungan kalian ya kalian sendiri yang bisa tentukan

Bersama dan berkompromi untuk menyelusuri liku-liku kehidupan via www.pexels.com

Cara paling tepat untuk menyamakan ekspektasi antara kamu dan pasangan adalah dengan membicarakan. Kamu dan dia wajib menyisihkan sedikit waktu untuk berbicara perkara mau dibawa kemana hubungan kalian. Bicaralah dengan pasanganmu perkara hubungan seperti apa yang sebenarnya kalian inginkan. Dengan begitu, ekspektasi hubungan kalian tak akan jauh meleset dari yang diharapkan.

Cobalah untuk menemukan bahagiamu sendiri, bukan dengan cara meniru pola bahagia relationship goal dan ekspektasi orang lain

Temukan jalur kebahagiaan yang hanya milik kalian via www.pexels.com

Daripada kamu memposisikan pola bahagia hubungan pasangan lain sebagai relationship goal hubungan kalian, kenapa tidak mencoba untuk menemukan pola bahagia hubunganmu sendiri? Tak masalah jika memang kamu masih meraba soal pola bahagia hubungan kalian. Yang penting kamu dan pasanganmu mencarinya bersama. Dengan begitu hubungan kaliana akan mencapai titik bahagia yang sebenarnya. Tanpa perlu meniru apa yang dilakukan orang-orang.

Usahakan untuk menemukan bahagiamu sendiri tanpa membebani ekspektasi hubungan kalian. Samakan dulu ekspektasi yang kamu inginkan dari hubunganmu ini dengan ekspektasi apa yang diinginkan pasanganmu. Dengan begitu, hubungan kalian baru bisa bahagia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE