7 Alasan Cowok yang Membiarkanmu Gantian Bayarin Saat Kencan Adalah Seromantis-romantisnya Pasangan

Kencan bayar sendiri-sendiri atau gantian

Mungkin kita masih terbawa budaya patriarki, bahwa pria bertugas sebagai penanggung nafkah dalam keluarga. Lantas, pria harus memiliki penghasilan lebih tinggi dari perempuan. Hal ini terbawa juga dalam pacaran. Pokoknya, cowok harus membayari saat kencan kalau nggak mau dianggap pelit dan nggak bertanggung jawab!

Advertisement

Padahal pacaran dan pernikahan itu jauh berbeda. Pun, cowok tak punya kewajiban untuk selalu menraktir saat kencan. Lalu saya sebagai perempuan, apakah ingin selalu dibayari saat kencan?Jawabannya adalah tidak. Karena menurut saya, cowok yang memberi kesempatan pada ceweknya untuk gantian membayari, atau minimal split bill saat kencan, justru tipe pasangan romantis yang bisa banget dipertimbangkan untuk diajak serius. Berikut alasan-alasannya.

1. Dia mengakui kamu mampu dan mandiri, bukan sosok yang harus ditanggungnya setiap hari

dia ingin kamu jadi mandiri via unsplash.com

Menyanyangimu bukan berarti mengambil semua kemandirianmu. Perkara siapa yang bayar saat kencan baginya bukan soal siapa yang lebih mampu. Tapi dia menghargai bahwa kamu adalah sosok yang mandiri dan memiliki daya untuk berdiri di kaki sendiri. Pria yang seperti ini, diam-diam bangga atas segala hal yang sudah kamu lakukan lho. Mungkin dia hanya tak pernah mengutarakannya padamu saja.

2. Dia memberimu kesempatan untuk berjuang bersama-sama dalam hubungan yang memang harusnya dua arah

sama-sama berjuang via unsplash.com

Sebuah hubungan harusnya berjalan dua arah. Misalnya komunikasi. Jika dia tak menghubungi, wajar saja jika kamu yang menghubunginya duluan kan? Begitu juga soal perkara bayar-membayari ini. Bukankah manis, jika kalian punya cerita perjuangan yang sama seperti “Ingat nggak waktu aku bokek banget, terus kamu lagi dapat rezeki jadi kita bisa makan enak waktu itu? Eh besoknya gantian aku yang dapat rezeki”.

3. Dia bisa menepikan egonya, dan memberimu kesempatan untuk berkontribusi yang sama dalam sebuah hubungan

menepikan ego via unsplash.com

Bukan rahasia lagi bila pria memiliki ego yang lebih tinggi. Terkadang, dibayari cewek saat makan dianggap sebagai penghinaan akan harga diri. Tapi dia jelas bukan tipe pria yang egois seperti ini. Dia mengerti bahwa hubungan akan lebih indah bila kedua belah pihak memiliki kesempatan untuk berkontribusi dengan porsi yang sama. Sehingga rasa kepemilikannya pun lebih besar. Kalau hubungan yang seimbang dengan perjuangan yang sama begini, pastinya lebih sulit dilepaskan juga bukan?

4. Dia mengajakmu masuk dalam sebuah hubungan yang setara. Dengan begitu, dia juga akan menghargaimu dengan kesetaraan yang sama

hubungan yang setara via unsplash.com

Dia adalah tipe pria yang memiliki pikiran terbuka. Dia mengerti kesetaraan, dan ingin memperlakukanmu dengan setara. Dia tidak ketakutan pada fakta kamu bisa melakukan sesuatu yang sama dengannya. Kelak jika menjadi pasangan jangka panjang, dia akan menghargaimu dan tidak memperlakukanmu seperti barang yang sudah menjadi hak miliknya sepenuhnya.

5. Membiarkanmu gantian membayari saat dia tak ada uang, dia sudah tidak menganggapmu orang lain

sudah bukan orang lain lagi via unsplash.com

Harus diakui, soal finansial ini adalah hal sensitif terutama untuk pria. Banyak yang memilih untuk pura-pura punya uang supaya tetap baik citranya, dibanding memberikan kesempatan kepada pasangan untuk gantian. Butuh keberanian dan hati yang lapang untuk bilang “Sayang, aku lagi nggak punya uang nih. Habis-habisan pengeluaran kemarin buat benerin motor”. Jadi saat dia mengatakan ini dan membiarkanmu mengambil alih pembayaran, sebenarnya dia sudah begitu terbuka atas banyak hal kepadamu. Tandanya, kamu sudah bukan orang lain baginya.

Advertisement

6. Dia yang bersedia split bill bukan berarti individualis. Tapi dia berusaha menghargai sekat dan privasimu

menghargai privasi via unsplash.com

Lantas bagaimana dengan split bill alias bayar sendiri-sendiri? Yah, sekilas mungkin ini terkesan individualis dan awkward momen, karena kalian kencan barengan. Tapi sebelum negative thinking, coba pikirkan bahwa dia hanya sedang berusaha menghargai privasimu. Dia mengerti bahwa sebelum sah, kalian adalah dua orang lain yang tak punya kewajiban untuk menanggung satu yang lain. Dia menghargai privasimu.

7. Dengan gantian membayari atau split bill, dia pun bisa nabung. Jadi kalian sama-sama menyiapkan dana untuk masa depan nanti

sama-sama nabung untuk masa depan via unsplash.com

Dengan gantian membayari ataupun split bill, artinya tidak membebani finansial di salah satu pihak doang. Arti lebih jauhnya, ada dana yang bisa dihemat dan disimpan. Dengan demikian, kamu dan dia sama-sama bisa menabung untuk hal-hal yang bermanfaat di masa depan. Misalnya nih, menabung untuk biaya pernikahan. Jadi, meski tidak kelihatan, kalian sama-sama mengusahakan dan memperjuangkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Romantis, ‘kan?

Kadang-kadang sisi romantis itu tidak hanya bisa dilihat dari seberapa sering dia mengirimkan kado. Atau seberapa rajin dia mengirimkan ucapan selamat tidur. Lewat bagaimana dia memberimu kebebasan melakukan apa yang biasa dia lakukan juga bisa dinilai sebagai sisi romantis. Tapi harap diingat bahwa yang dimaksud di sini adalah ‘gantian membayari’ lo ya, bukan bayarin terus-terusan. Kalau yang terakhir mah, itu namanya kamu diporotin. Hehehe

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE