Hubungan yang sehat

Siapa sih yang nggak ingin hubungannya lancar jaya tanpa hambatan? Pasti hampir tiap manusia ingin merasakannya terkecuali mereka yang hubungannya nggak beres. Beres atau nggaknya hubungan nggak diukur oleh seberapa lama hubungan itu terjalin. Karena ada saja mereka yang telah membangun hubungan yang lama bukannya tambah rukun malah justru semakin kekanak-kanakan dan sering bertengkar.

Cinta itu ibarat kehidupan yang selalu penuh kejutan. Meskipun begitu, bukan berarti kita nggak bisa menerka masa depan hubungan dengan yang terkasih. Ada beberapa hal yang mengindikasikan bahwa hubungan percintaan yang dijalani baik atau tidak. Nah inilah 6 hal yang menjadi tanda bahwa hubungan asmaramu dengan yang terkasih tergolong sehat dan memiliki prospek yang cerah.

1. Ketika kamu dan dia menjalin hubungan bukan karena alasan takut kesepian

Atas dasar cinta via unsplash.com

Advertisement

Nggak jarang, seseorang menjalin hubungan bukan karena dilandasi oleh cinta melainkan hanya mengisi kekosongan dalam hidup. Orang yang semacam itu biasanya adalah orang yang penyendiri atau sulit bergaul. Hubungan yang dibangun hanya untuk mengusir kesepian tergolong hubungan yang nggak sehat. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang dibangun karena rasa cinta yang tulus dan kecocokan satu sama lain.

2. Ketika kalian saling terbuka dan mengerti satu sama lain, demi meminimalkan kesalahpahaman

Saling terbuka via www.pexels.com

Ketika kamu tidak ragu bercerita tentang apa saja; entah itu masa lalumu yang buruk atau kesalahan memalukan yang pernah kamu lakukan. Ketika dia nggak malu menunjukan kebiasaan joroknya kepadamu. Ketika semua hal mudah kalian bagi satu sama lain dan tidak ada lagi rahasia yang tersimpan karena sudah sama-sama memahami. Kesemuanya itu merupakan salah satu indikasi bahwa hubunganmu baik-baik saja.

3. Ketika kalian tetap bisa menjadi diri sendiri saat dalam hubungan, nggak ada yang namanya jaim-jaiman

Jadi diri sendiri via www.pexels.com

Ungkap klise ‘menerima apa adanya’ seringkali kelur dari tutur orang-orang di awal mereka menjalin hubungan. Lalu apa sih maksud kalimat tersebut? Ketika kamu masih bisa menjadi diri sendiri meskipun kamu sudah menjalani hidup bersamanya. Ketika ia tak menyuruh kamu menjadi seperti ini dan itu.

Advertisement

Kesulitan utama dalam menjalin hubungan adalah penyesuaian. Meski butuh waktu untuk bisa mendukung kelebihan dan menerima kekurangan masing-masing, namun ketika itu terjadi, kamu mesti berbahagia karena boleh jadi itulah pertanda bahwa hubunganmu sehat walafiat dan dialah sosok yang tepat.

4. Ketika aturan dalam hubungan kalian masih dalam tahap wajar dan nggak bikin salah satu pihak tertekan

Tak membatasi via www.pexels.com

Nggak bisa dipungkiri, hubungan tanpa aturan semacam mobil yang melaju di jalur tanpa rambu lalu lintas. Bisa melaju namun terbuka akan masalah-masalah. Sejatinya aturan dibuat agar kamu dan dia punya batas karena hubungan butuh pedoman atas mana yang boleh dan tidak dilakukan, mana yang baik dan tidak untuk hubungan. Jikalau aturan-aturan itu masih tahap wajar –dalam artian tidak memberatkan satu sama lain, kamu mesti bersyukur karena hubunganmu tergolong sehat.

5. Ketika pertengkaran selalu berusaha diselesaikan segera dan dengan duduk berdua, berbicara dari hati ke hati

Pakai kepala dingin via unsplash.com

Menjalin hubungan nggak bisa dipisahkan dari yang namanya pertengkaran. Tunggu, pertengkaran nggak selamanya buruk, lho bagi hubungan, kadang justru dibutuhkan seperti saat kamu dengan dia sedang dalam fase cuek. Butuh pertengkaran untuk kembali mempersatukan. Selain itu pertengkaran juga memberikan kesempatan bagi kalian untuk mengetahui sifat masing-masing dan menememukan komunikasi yang pas satu sama lain.

6. Ketika komitmen kalian jelas, mau dibawa sampai kemana hubungan yang sudah sepakati ini

Komitmen jelas via www.pexels.com

Ciri hubungan yang nggak sehat adalah ketika hubunganmu tak punya tujuan yang jelas. Lantas apa lagi yang diharapkan dari hubungan selain untuk menikah? Karena begini, banyak kasus mereka yang telah membangun hubungan lama nggak punya komitmen yang jelas mau diapakan hubungan ini selanjutnya. Nah maka dari itu hendaknya segera dipastikan kalau belum jelas apa tujuan dari hubungan yang telah kalian bangun ini. Kalau hanya untuk main-main, ya sahabatan saja.. ingat umur sudah nggak muda lagi 😀 Haha

Hubungan yang sehat membuat hidup semakin terasa menyenangkan. Cinta kasih dari seseorang yang kita sayang dapat memberikan semangat hidup kepadamu. Sebagai bahan kontemplasi, nggak ada salahnya kamu melakukan evaluasi hubunganmu dengan dia supaya kamu tahu bahwa prospek cintamu seperti apa. Kalau sehat, berarti masa depanmu cerah dan kamu patut bersyukur atas pemberian Tuhan kepadamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya