Hubungan kamu dan dia sebenarnya tidak cukup hanya dengan saling mengucap kata cinta. Di balik kata cinta, setelahnya harus ada komitmen yang kuat dan kerja sama antara kamu dan dia agar hubungan kalian tetap bisa berjalan sesuai jalurnya. Sementara kata ‘cinta’ mudah diucap, membuktikannya tak segampang mengayunkan lidah yang tak bertulang.

Memilih pasangan juga berarti memilih orang yang bisa diajak bekerja sama untuk melewati sisa hidup bersama. Namun memilih orang yang bisa diajak bekerja sama juga bukan perkara mudah. Jika hubunganmu dan dia hanya berjalan satu arah, itu tanda kamu harus segera merelakannya. Jangan buang waktumu dengan orang yang tak mau membantumu untuk menjalani hidup.

Hubungan kalian bagi dia hanya numpang lewat saja. Saat kamu ingin tahu hubungan ini mau dibawa ke mana, dia bilang tak punya rencana

nggak punya masa depan dengannya via cheerioofrp.tumblr.com

Saat menjalin hubungan dengan seseorang, rencana masa depan seharusnya menjadi hal utama yang harus dibicarakan. Menjalani hubungan yang tanpa rencana sama saja dengan berjalan dalam kegelapan tanpa cahaya, dan akan membuatmu kehilangan arah. Ketika kamu bersama orang yang bahkan tidak membicarakan masa depan hubungan kalian berdua, maka tanpa perlu pikir panjang dia adalah orang yang pantas untuk kamu relakan. Bersamanya kamu hanya akan membuang waktu dan mungkin kesempatan untuk bertemu orang yang mungkin jauh lebih tepat.

Menjalani hubungan tanpa rencana, juga membuktikan bahwa hubungan kalian bisa berakhir kapan saja. Kamu bisa jadi hanya menjadi salah satu episode dalam hidupnya yang tidak akan bertahan lama. Sebelum hal ini terjadi, lebih baik kamu merelakannya terlebih dahulu. Dirimu terlalu berharga untuk tenggelam dalam hubungan tanpa arah.

Dia tak benar-benar tulus mencintaimu jika terus menuntutmu berubah. Padahal di sisi lain, dia juga tak pernah mau berubah lebih baik untukmu.

Advertisement

jangan berubah jadi orang lain hanya demi dia via www.funnynwallpaper.in.net

Saat memutuskan bersama, kamu dan dia seharusnya sudah bisa menerima diri kalian masing-masing apa adanya. Kalau dia terus menerus menuntutmu menjadi orang yang seperti dia inginkan, itu artinya dia tak mencintaimu dengan tulus. Lalu apa yang kamu harapkan menjalin hubungan dengan orang yang jelas-jelas tak punya cinta tulus untukmu? Biarkan dia pergi mencari orang yang bisa sesuai dengan keinginannya.

Jika kamu dan dia tak bisa bersama hanya karena kamu tak sesuai dengan sosok idamannya, itu bukanlah hal yang harus ditangisi. Kamu juga tak punya kewajiban untuk berubah menjadi orang lain demi dia. Perubahan terkadang memang perlu jika menjadikanmu pribadi yang lebih baik. Namun harus dihindari jika perubahan justru menuntunmu menjadi sosok yang benar-benar berbeda dari kepribadianmu. Dia bukanlah segala-galanya yang berhak menyetirmu menjadi sosok yang berbeda.

Perhatian adalah bentuk kasih sayang dalam sebuah hubungan. Tidak akan ada gunanya hubungan kalian diteruskan jika hanya kamu yang memberi perhatian

dia nggak pernah ada kabar via www.miyubeautyblog.com

Kembali lagi ke persoalan kerja sama dalam hubungan, hal itu juga mencakup bagaimana bentuk perhatian kalian satu sama lain. Jika selama ini hanya kamu yang mencurahkan waktu dan tenaga untuk memperhatikan kehidupannya, itu tanda kamu terjebak bersama orang yang salah dalam hubungan yang salah pula. Hanya kamu yang khawatir ketika dia tiba-tiba jatuh sakit, namun dia tak peduli ketika kamu yang mengalami hal serupa. Atau hanya kamu yang berupaya keras memberikannya dukungan saat dia akan melewati peristiwa besar seperti ujian skripsi atau presentasi promosi di kantornya, namun dia tak pernah sekalipun memberikan dukungan saat kamu akan menjalani wawancara untuk mendapatkan beasiswa.

Hubungan itu dijalani dua orang, kalau hanya salah satu yang berusaha berarti kamu dan dia tidak sedang menjalani hubungan. Tak berlebihan jika dibilang dia hanya memanfaatkan keberadaanmu untuk mendapatkan hal-hal yang dia inginkan. Kamu boleh mencurahkan perhatianmu kepada orang yang kamu sayang, tapi kamu juga berhak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang sama. Bukannya pamrih, tapi hubungan memang seharusnya berjalan dua arah dan juga saling memberi dan menerima.

Jika kamu terjebak bersama orang yang hanya bisa menuntutmu untuk memberi perhatian tapi tak mau melakukan hal sebaliknya, tak perlu ragu untuk melangkah pergi meninggalkannya. Tak perlu juga menunggunya untuk berubah, karena perhatian dan kasih sayang seharusnya bisa datang seiringan dengan kata cinta.

Cinta yang dewasa bukanlah cinta yang hanya melibatkan kamu dan dia, tetapi juga ada keluarga di dalamnya. Jika baginya dekat dengan keluargamu adalah sesuatu yang tak perlu dilakukan, maka silahkan berpikir ulang untuk bersamanya.

nggak mau kenalan sama ortu, tanda dia mempermainkanmu via girl.fimela.com

Keluarga selalu menjadi faktor penting dalam hampir semua aspek kehidupanmu. Termasuk juga soal calon pasangan hidupmu. Kedua orangtuamu berhak tahu dan mengenal calon pasangan yang akan mendampingimu sampai akhir hayat kelak. Orangtuamu juga berhak memberikan penilaiannya kepada calon pendamping hidupmu.

Berkenalan dengan orangtua pasangan bukan berarti kamu dan dia harus langsung menikah. Tapi itu adalah bentuk salah satu tanggung jawab kamu dan dia. Dia yang tak mau menemui orangtuamu, artinya dia tak mau bertanggungjawab atas dirimu. Tidak mustahil juga jika dia bisa bersikap seenaknya padamu.

Hubungan juga soal saling keterlibatan dalam rencana masing-masing di masa depan. Dia yang tak pernah melibatkanmu dalam rencana besarnya, maka dia tak benar-benar menginginkanmu.

kamu tak ada dalam rencana masa depannya via kathleenannpastorfide.wordpress.com

Selain tak punya rencana masa depan untuk hubungan kalian, kamu juga tak pernah menjadi bagian dalam rencana masa depannya. Dalam membuat daftar prioritas hidupnya, dia tak pernah memasukkan namamu di dalamnya. Itu artinya kamu bukanlah orang yang diinginkannya untuk menjalani hidupnya nanti. Dia sudah punya rencana lain, yang mungkin salah satunya harus meninggalkanmu.

Sebelum terlalu terlambat, kamu bisa mundur teratur terlebih dahulu. Kamu juga layak mengejar mimpimu sendiri. Mimpi pribadimu tak pantas dikubur hanya karena seseorang yang tak pernah tulus mencintaimu. Jika dia telah memiliki rencananya sendiri, maka ini waktunya kamu buktikan juga bahwa kamu bisa berhasil tanpanya. Dia tak layak kamu pertahankan jika dia tak pernah menginginkanmu.

Cinta yang berlebihan porsinya memang selalu berakhir dengan tangis. Selama kalian belum saling mengucap ikrar suci pernikahan, tak perlulah memberikan cinta yang berlebihan. Sewajarnya saja, namun kalian punya komitmen yang tinggi untuk saling menjaga dan menyayangi. Kamu boleh mencintai dia yang mencuri hatimu, tapi jangan pernah lupa untuk sisakan cinta untuk dirimu sendiri. Karena ketika dia yang kamu cinta telah pergi, cuma dirimu sendiri yang bisa membantumu dari keterpurukan.