Perkembangan teknologi dan keberadaan media sosial saat ini menunjang seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan mudah. Nggak hanya membawa dampak positif bagi para penggunanya. Era digital ini pun memiliki efek negatif jika tak digunakan semestinya, termasuk juga dapat mengancam hubungan asmara. Banyak pasangan yang nggak sadar jika memulai berinteraksi dengan orang lain (dengan kondisi tertentu) di dunia maya menjadi benih-benih perselingkuhan.

Bukannya curigaan, tapi alangkah baiknya kamu mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan tersebut dengan mengenali tanda-tanda pasangan yang ‘berlaku curang’ lewat dunia maya. Jangan panik dulu, kamu bisa melakukan beberapa pengecekan di bawah ini secara bertahap dan dengan tujuan yang baik tentunya, bukan berarti mengekang apalagi mengintimidasi pasangan, ya!

1. Di dalam gawainya terdapat medsos atau aplikasi chatting yang asing dan nggak melibatkanmu di dalamnya

Medsos dan aplikasi chatting yang asing via www.konbini.com

Advertisement

Pasangan yang perhatian pastinya ingin tahu segala hal tentangmu termasuk juga aktivitas yang tengah kamu lakukan kapan dan di manapun. Bukan berarti posesif, paling nggak dia tahu bagaimana kondisi dan di mana keberadaanmu saat ini, sebagai wujud perhatian juga. Nah, jika kamu berkesempatan untuk mengecek gawai pasanganmu, lalu menemukan media sosial atau aplikasi chatting yang asing dan nggak melibatkanmu di dalamnya, kamu patut waspada. Tanyakan saja baik-baik dengan tanpa mengurangi privasinya.

2. Dia nggak berteman atau saling follow di akun medsos dengan orang itu, tapi punya history like, chat atau komentar dengan orang tersebut

Punya history aktivitas dengan orang di luar pertemanan via www.konbini.com

Ada kalanya seseorang yang tengah berinteraksi dengan orang lain secara sembunyi-sembunyi, memulainya dengan hal-hal kecil yang juga sulit untuk diketahui. Salah satunya adalah dengan memberikan pujian lewat simbol dan kode seperti like atau poke. Lantas berlanjut dengan memberikan komentar di setiap postingan orang yang menarik perhatiannya tersebut. Dan akan terus berlanjut hingga kerap bertukar pesan lewat chatting di direct message. Janggalnya  semua hal ini dilakukan dengan tanpa status pertemanan atau saling mem-follow akun masing-masing. Jika kamu menemukan tanda-tanda ini pada pasanganmu, segera bicarakan baik-baik, ya!

3. Pasanganmu saling berbalas komentar di medsos dengan orang yang sama setiap harinya

Sering berbalas komentar dengan orang tertentu di medsos via www.pexels.com

Jika pasanganmu seringkali mengomentari status seseorang pada akun medsos dengan intensitas yang sering, maka dimungkinkan pasanganmu sudah mengawali langkahnya untuk menjalin kedekatan dan komunikasi yang akrab dengan orang tersebut. Jika setiap kali orang tersebut melayangkan status dan selalu ditanggapi oleh pasangan, cobalah untuk mengklarifikasinya. Namun, pada kondisi ini, kamu pun tetap harus bersikap objektif dan nggak cemburu buta pada pasangan. Sebaiknya, cari tahu lebih dulu siapa sosok yang seringkali berbalas komentar dengan pasangan pada akun medsos yang dimilikinya.

4. Sementara itu, dia justru hampir nggak pernah merespon postinganmu di medsos

Jarang merespon postinganmu via blogs.psychcentral.com

Advertisement

Kelihatannya pasangannya selalu berkutat pada gawainya dan terlihat berbalas komentar dengan orang lain, namun apapun yang kamu posting di medsos nggak pernah mendapatkan respon apapun darinya. Terutama di momen berharga di mana kamu sungguh-sungguh mengharapkan respon pasangan meski hanya sekadar apresiasi saja. Apalagi jika pasanganmu sangat aktif membuka akun medsosnya di mana kalian saling berteman satu sama lain. Rasanya nggak mungkin jika pasanganmu melewatkan momen yang kamu bagikan tersebut, bukan? Kalau memang ada yang janggal, jangan ragu untuk menanyakannya ke pasanganmu.

5. Punya sapaan khusus dengan orang tertentu yang kerap berinteraksi di medsos

Punya panggilan sayang via www.pexels.com

Untuk mengenali apakah pasanganmu menaruh perhatian pada orang lain di medsos, maka kamu bisa melihat bagaimana cara pasanganmu dan orang tersebut saling menyapa. Jika antara keduanya saling menunjukkan sapaan mesra atau berbeda dengan sapaan pada orang lain pada umumnya, maka sapaan tersebut menandakan bahwa pasanganmu memiliki hubungan yang lebih dari sekedar pertemanan biasa dengan orang tersebut. Kecuali, sapaan tersebut telah digunakan jauh sebelum kamu kenal dengan pasanganmu dan nggak berlebihan lho, ya!

6. Dia menghapus semua percakapan ataupun pesan singkat dalam direct message medsosnya

Menghapus percakapan di direct message via www.wikihow.com

Seseorang yang tengah menjalani hubungan dekat dengan orang lain secara sembunyi-sembuyi tentu berpikiran untuk menghapus jejak-jejak yang berkaitan dengan orang tersebut. Percakapan dalam dirrect message adalah salah satu hal yang juga ingin disamarkan keberadaannya. Jika kamu menemukan direct message-nya yang bersih dari informasi apapun sementara kamu mengetahui bahwa dia seringkali bertukar pesan lewat medsos dengan orang yang nggak dikenal, patutnya kamu waspada. Ketika seseorang nggak memiliki rahasia, maka dia nggak perlu repot-repot menghapus percakapannya di medsos toh?

7. Aktif di medsos tapi nggak pernah mengunggah status ataupun momen kebersamaan denganmu

Nggak pernah mengunggah kebersamaan di medsos via www.pexels.com

Bagi pasangan yang berbahagia, umumnya nggak risi untuk menunjukkan kebersamaannya di depan publik, termasuk di medsos. Terutama untuk momen penting yang memang layak dibagikan. Asalkan masih dalam taraf yang wajar, mengunggah kebersamaan di medsos sah-sah saja. Nah, jika pasanganmu sangat getol dengan gawainya untuk bermedsos ria sementara dia nggak pernah sama sekali mengunggah kebersamaannya denganmu, Kamu perlu mempertanyakan alasannya secara baik-baik. Siapa tahu bukan karena dia sedang menjaga hati yang lain, tapi memang karena alasan yang justru baik untuk keberlangsungan hubungan kalian berdua.

Media sosial adalah sarana paling mudah untuk mendeteksi perubahan sikap pasangan. Lewat media sosial, kamu bisa saja menemukan banyak kejanggalan jika kamu benar-benar mengikuti pola dan perkembangan pasangan dalam berinteraksi di media sosial. Jika sebuah hubungan berjalan tanpa hambatan, seharusnya nggak ada yang berubah dari sikapnya sedari awal berhubungan. Perubahan sikap sekecil apapun seperti ke tujuh hal di atas sudah sewajarnya jadi bahan pertanyaan dan patut untuk dibicarakan bersama. Semoga hubungan kalian baik-baik saja, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya