Kepastian jadi persoalan yang sering dirisaukan cewek. Sekalipun hubungan belum mencapai tahunan, cewek tetap butuh kepastian “Kapan kira-kira dirinya akan dilamar?”. Bukan berlebihan, tapi keputusan soal pinangan diibaratkan kunci untuk membuat hati cewek tenang. Setidaknya cewek tahu ada keseriusan dari cowoknya pada hubungan yang sedang dijalani.

Tak jadi persoalan bagaimana caramu meminta kepastian, entah secara blak-blakan atau sekadar kode-kodean. Toh sebenarnya cowok cukup peka untuk hal-hal semacam ini. Justru yang jadi persoalan, bagaimana respon atau jawaban cowokmu. Kira-kira jawaban seperti apa yang membuatmu yakin dan layak menunggu sosoknya? Jangan sampai waktumu sia-sia menunggu dia yang hanya menginginkanmu setengah-setengah.

1. “Sekarang kita fokus kerja dan nabung dulu aja ya,”

Biaya nikah dan bangun rumah tangga mahal, dek! via www.focusphotography.ca

Setidaknya jawabannya yang mengajakmu fokus kerja dan menabung jadi bukti dia paham ke jenjang pernikahan itu butuh modal. Tak hanya tabungan yang berjuta-juta, tapi juga kemapanan karir yang menjamin kehidupan kalian kelak.

2. “Tenang sayang, aku juga mikirin hal itu….”

Tanpa setahu kamu, dia pun memikirkan via www.mikefiechtner.com

Advertisement

Dia cuma ingin kamu tahu, di balik sikap tenang dan santainya menjalani hubungan ini bukan berarti dia tak memikirkan masa depan kalian. Diam-diam dia memikirkan apa yang kamu resahkan. Karena dia pun punya tanggung jawab atas perasaanmu, juga komitmen yang kalian buat di awal hubungan.

3. “Aku serius sama kamu, tapi kita juga nggak bisa terburu-buru,”

Semua butuh proses, termasuk merencanakan nikah via bridalmusings.com

Kamu harusnya bisa cukup tenang dengan pernyataan keseriusannya yang blak-blakan. Tapi kamu pun harus paham, kalau menuju ke arah pernikahan tetap butuh proses yang matang. Kalian tak bisa terburu-buru sekalipun sudah yakin sekali. Bukankah kamu ingin semua berjalan sesuai harapan?

4. “Iya aku ngerti. Kasih aku waktu buat nyiap-nyiapin semuanya ya,”

semua ada waktunya via www.mikefiechtner.com

Secuek apapun cowokmu, dia tetap ingin memberikan yang terbaik untukmu. Kamu sendiri harus bisa mengerti dan menghargai usaha yang dilakukannya sekarang ini. Dari jawabannya pun jelas, dia bukannya tak ingin buru-buru menghalalkanmu, tapi dia memang butuh sedikit lagi waktu untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mulai dari mental, materi, sampai karir. Dan kamu tak perlu lagi khawatir.

5. “Aku juga pengen nikah, tapi nggak sekarang juga ‘kan?”

Nikah kan bukan lomba via bridalmusings.com

Jelas dia juga punya niat menikahimu. Tapi dia ingin kamu tak menyamakan hubungan kalian dengan teman-teman yang memutuskan menikah sekarang-sekarang ini. Sebab buatnya menikah itu bukan lomba, siapa yang cepat dia yang terbaik dan jadi inspirasi. Dia justru ingin kalian menikmati proses, dan sama-sama menyiapkan semunya dengan baik.

6. “Aku selesain tanggung jawabku yang sekarang dulu,”

satu-satu ya via bridalmusings.com

Coba kamu ingat-ingat lagi apa yang jadi fokus pencapaiannya atau tanggung jawabnya saat ini? Sebab cowokmu bukan kamu yang bisa multitasking dalam menangani sesuatu. Dan jawabannya menyiratkan harapan supaya kamu bisa mengerti posisinya sekarang. Toh setelah tanggung jawabnya terpenuhi, dia pasti akan memberi kepastian itu.

7. “Nanti kita obrolin lagi ya,”

tunggu waktu yang tepat via www.mikefiechtner.com

Jawabannya bukan berarti dia menghindar. Tapi dia memang menunggu waktu yang tepat untuk mengungkapkan niat baiknya. Bisa jadi dia ingin mengutarakannya langsung di depan orangtuamu juga. Supaya bisa segera dibicarakan baiknya bagaimana. Bukan hanya sekadar janji-janji belaka.

8. “Sabar….”

Sabar menunggu hari lamarannya datang via www.mikefiechtner.com

Dia memintamu bersabar bukan tanpa alasan. Dia ingin kamu belajar lebih bisa mengendalikan ego sebelum kalian berumah tangga. Tak terburu-buru dalam mengambil keputusan, serta melapangkan pikiran dan perasaan saat menghadapi sesuatu yang tak sesuai harapan.

Dia memang tak langsung menjawab, “Iya aku nikahin kamu,”. Tapi jawaban-jawaban di atas setidaknya bisa membuat kamu yakin, jika dia benar sayang dan serius denganmu dan hubungan kalian. Tarik napas dalam-dalam, dan tunggu sampai hari lamaran darinya datang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya