Kamu seringkali membuat dirimu repot sendiri untuk memenuhi kriteria sebagai istri idaman. Memperbaiki diri dengan banyak cara. Padahal untuk mendapatkan predikat ‘istri idaman’ bisa hanya dengan menjadi dirimu sendiri. Tanpa perlu memaksakan diri menjadi pribadi yang sangat berbeda.

Dan lagi, kadang kesiapan menjadi seorang istri bisa datang dengan alami dalam diri masing-masing cewek. Tanpa kamu sadari, sebenarnya ada tanda alami yang bisa kamu yakini sebagai kesiapan menjadi istri. Kalau sudah ada tanda-tanda ini, kamu nggak perlu diragukan lagi.

1. Kemampuan memasak dan mengurus rumah tak pernah sesumbar kamu banggakan. Buatmu, hal tersebut adalah kewajiban

Tak pernah sesumbar via bridalmusings.com

Ada gadis yang baru bisa memasak tumis kangkung sudah memekik kegirangan lalu memamerkannya ke semua orang. Seakan itu adalah maha karya pertamanya, yang semua orang perlu tahu. Kerepotan memasak di dapur pun tak ketinggalan kamu abadikan lalu disebarkan di sosial media.

Padahal bagi mereka yang siap membangun rumah tangga, ketrampilan memasak dan urusan pekerjaan rumah tangga lainnya bukan lagi hal yang harus dibanggakan. Karena otomatis itu sudah menjadi tanggung jawab saat menjadi istri kelak. Meski mengurus rumah tangga tetap butuh kerja sama antara suami dan istri, namun sedari dini kamu sudah paham hal-hal apa yang kelak menjadi tanggung jawabmu sebagai istri.

2. Meski penampilan tak selalu ‘wah’, namun yang terpenting senyum di wajah tak pernah sirna

Advertisement

Senyum tak pernah sirna via bridalmusings.com

Soal penampilan, kamu memang bukan tipikal gadis yang detail. Selera fashion-mu pun terbilang biasa aja. Kamu pun kagok kalau disuruh menyebutkan item fashion yang jumlahnya tak terhingga. Tapi meski begitu, kamu tetap anti untuk tampil asal-asalan. Buatmu, yang penting nyaman saja.

Karena buatmu, penampilan cantik bukan hal utama. Ada hal lain yang menjagamu untuk tampil menarik namun tetap bersahaja. Yakni senyum di wajahmu yang tak pernah sirna. Pesonamu terpancar dari sini, bagaimana kamu selalu menyalurkan energi positif pada orang-orang sekitarmu. Untuk hal satu ini, siapa yang tidak sepakat memiliki istri yang memiliki kecantikan luar dalam?

3. Kamu tidak lagi diributkan dengan keinginan jalan-jalan ke sana sini. Karena kamu lebih memilih sibuk memperjuangkan mimpi

Sibuk memperjuangkan mimpi via nouba.com.au

Fokus dengan karir dan cita-cita yang belum kamu lunasi adalah tujuan utama dalam hidupmu. Saat gadis lain memilih sibuk jalan-jalan dan pergi ke berbagai tempat yang bisa menghasilkan foto bagus untuk dipajang di sosial media, kamu lebih memilih untuk berkutat dengan upayamu mewujudkan mimpi.

Kamu tak mempermasalahkan sekalipun dianggap cupu dan ketinggalan zaman karena jarang piknik dan berlibur sana-sini. Menurutmu, masa depan adalah hal yang utama yang harus didahulukan, agar ketika masuk usia senja kamu tak merepotkan banyak orang.

Ini menunjukkan kamu adalah seorang calon istri yang tangguh serta bertanggung jawab. Masa depan dan cita-citamu saja begitu kamu pegang erat, apalagi ketika kelak membangun keluarga.

4. Bukannya pelit, tapi kamu sudah paham dengan kebiasaanmu mengirit keuangan kala muda, ada kebaikan apa saja yang akan menyertai

Pelit itu perlu via bridalmusings.com

Ya ampun, kamu jangan pelit dong sama diri sendiri. Belanja kek sekali-kali, buat apa kerja melulu kalau kamu sendiri pelit begitu

Kerap mendengar celotehan teman yang mengomentari betapa iritnya kamu? Nggak masalah, dan jangan ragu untuk mempertahankan kebiasaan iritmu itu. Disadari atau tidak, banyak manfaat yang akan kamu peroleh jika kamu bisa tega dengan dirimu sendiri untuk nggak menghambur-hamburkan uang walaupun umur masih belia.

Kamu punya kesadaran untuk belajar mengatur keuangan selagi belum menikah. Karena hal itu akan berguna ketika kelak sudah berumah tangga. Kemampuan mengatur keuangan jelas sangat diperlukan.

5. Kamu mampu memberikan kritik dengan baik, tanpa kesan menggurui sama sekali

Tak ada kesan menggurui via bridalmusings.com

Istri idaman itu nggak cuma cantik saja, tapi juga harus dia yang mampu membantu pasangan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kritik yang kamu berikan tak pernah terkesan menggurui, karena kamu selalu menyampaikan dengan baik. Pasanganmu pun akhirnya tak pernah keberatan mengubah diri, sesuai saran yang kamu berikan.

Meski sama-sama menuntut, tapi tuntutan yang kamu berikan murni untuk kebaikan. Dan selalu jauh dari kesan egois.

6. Walau perempuan identik dengan sifat egois dan mau menang sendiri, kamu tidak pernah keberatan untuk bilang maaf dan terima kasih

Tak segan bilang maaf via nouba.com.au

Banyak yang mengatakan kalau cewek itu egois dan nggak mau mengalah, apalagi buat sekedar bilang maaf. Tapi kamu yang telah siap dijadikan pendamping hingga tua nanti, adalah seseorang yang tak keberatan untuk menundukkan kepala untuk mengakui kesalahan.

Kamu menunjukkan sikap yang sopan sebagai perempuan dan calon ibu yang baik. Buatmu, bilang maaf tidak akan menjatuhkan harga dirimu sebagai perempuan. Dan dengan terbiasa mengucapkan terima kasih pada orang lain, tandanya kamu bisa menghargai orang lain dan kamu pun pantas untuk dihargai sebagai perempuan yang berkepribadian baik dan memiliki sopan santun.

Kira-kira tanda apa saja nih yang sudah kamu rasakan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya