“Ji… Umur gue udah segini. Tapi jodoh kok belom dateng ya,”
“Sabar. Jangan kira cuman lu doang. Gue juga belum ketemu jodoh, Rul,”
“Kira-kira kenapa, ya kita belum nemu jodoh?”
“Ya entah lah. Mungkin udah ketemu orangnya, tapi kita gak sadar aja,”

Tidak bisa dipungkiri kalau urusan jodoh akan selalu mengusik ketenangan pikirian kamu yang sudah memasuki usia siap menikah. Jangankan yang sudah siap nikah, banyak juga kok kamu-kamu yang masih kuliah semester awal tapi udah mikirin siapa jodohmu kelak hingga kapan dan dimana kamu akan dipertemukan dengan jodohmu.

Advertisement

Buat kamu yang sampai sekarang belum ketemu jodohmu, sebenarnya kamu gak perlu terlalu pusing dan muluk-muluk mikirin urusan jodoh. Tenang aja, jodohmu gak pernah jauh. Kadang malah bisa datang dari teman sendiri. Daripada pusing-pusing mikirin jodoh, mending kamu perbanyak teman aja.

1. Sahabat adalah orang yang selalu menemani dalam suka dan duka. Tak heran jika dari sahabat lalu timbul cinta.

sahabat jadi cinta tak ada salahnya

sahabat jadi cinta tak ada salahnya via dylandsara.com

Apa yang kita kini tengah rasakan
Mengapa tak kita coba persatukan
Mungkin cobaan untuk persahabatan
Atau mungkin sebuah takdir Tuhan

Sahabat Jadi Cinta – Zigaz

Kadang kala, ada perasaan yang terselip diantara kamu dan sahabatmu. Bukan tidak mungin bahwa kamu sendiri sebenarnya jatuh cinta kepadanya. Tidak ada yang gak mungkin kok. Kamu jatuh cinta kepada sahabatmu sendiri itu hal yang wajar, kok. Awalnya ya tetap ada rasa takut sih. Takut kalau-kalau hubunganmu dengannya nanti malah jadi memburuk. Tapi kalau kamu tak pernah mencoba, mana mungkin kamu tau apa yang sebenarnya dia rasakan?

2. Karena konsep jodoh sebenarnya tak pernah sulit. Tak jauh-jauh dari teman yang selalu menemani.

ngga jauh-jauh dari temen sendiri

ngga jauh-jauh dari temen sendiri via dylandsara.com

Advertisement

Definisi temen sendiri ini luas, loh. Temanmu kan emang banyak, masa iya kamu gak memendam perasaan sama salah satunya? Bisa jadi karena memang kamu dan dia sudah sama-sama saling mengenal, kalau begitu wajar kan kalau dari situ kamu dan dia bisa sama-sama jatuh cinta.

3. Secara alamiah, sulit buat dua orang sahabat cowok-cewek dekat tanpa ada perasaan apa-apa. Kamu cuma belum sadar aja.

belum sadar aja

belum sadar aja via dylandsara.com

Sudah jadi rahasia publik bahwa sangat susah untuk mempertahankan perasaan antara cowok dan cewek yang udah lama sahabatan. Sangat jarang ada cowok-cewek sahabatan deket tanpa ada rasa suka antara mereka. Bisa jadi kamu dan sahabatmu saat ini memendam perasaan suka, tapi cuma sungkan aja mau ngomongnya.

4. Wajar kalau kamu gak sadar kalau temanmu itu jodohmu. Mengerti cinta itu butuh siklus yang tak gampang.

siklus cinta memang butuh dipahami

siklus cinta memang butuh dipahami via dylandsara.com

Pada awalnya, kamu mungkin gak sadar kalau kamu sebenarnya punya rasa sama temenmu sendiri. Maklum lah, jatuh cinta itu butuh proses. Tapi tak bisa kamu pungkiri, awal dari jatuh cinta adalah karena kamu dan dia sudah berteman duluan. Setelah berteman, lama-lama akan muncul bibit cinta kok kalau kamu dan dia punya kesempatan untuk bisa saling dekat.

5. Jodoh juga urusan kenyamanan. Bukankah selama ini kamu sudah mendapatkannya dari teman?

teman yang memberikan kenyamanan

teman yang memberikan kenyamanan via dylandsara.com

Kalau kamu ditanya kriteria seperti apa yang kamu inginkan buat jadi pasangan hidup? Kebanyakan dari kamu pasti akan jawab yang bisa ngasi kenyamanan. Nah, kalau urusan ngasi kenyamanan, bukankah sahabatmu adalah yang nomer satu?

6. Kamu perlu tahu, 47% pernikahan itu berawal dari teman. Masih ragu kalau jodoh itu datang dari temanmu?

Bisa... bisa...

Bisa… bisa… via www.getscoop.com

Ini gak ngarang loh. Survei yang diadakan oleh Headwater Holidays pada tahun 2012 mengatakan bahwa sebanyak 47% pernikahan berawal dari persahabatan. Gak tanggung-tanggung, ada 2000 pasangan loh yang disurvey. Karena memang setelah sahabatan lama, kamu akan merasa nyaman dengan sahabatmu dan karena nyaman itu, kamu gak ragu untuk memilihnya jadi pasangan seumur hidupmu.

7. Seperti kata Jason Mraz dalam lagu Lucky. Beruntung banget bisa jatuh cinta sama sahabat sendiri.

Jason Mraz :D

Lucky I’m in love with my bestfriend via weheartit.com

Lucky I’m in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again

Kamu pasti tahu lagu ini. Lagunya Jason Mraz ini membeberkan betapa jatuh cinta sama sahabat itu sebenarnya beruntung banget. Lagi-lagi karena memang dari sahabat, kamu sudah mengenal baik calon pasanganmu. Nah, kamu sudah tau sendiri kan betapa hits-nya lagu ini. Itu menunjukkan bahwa sebenarnya emang lagunya benar-benar mewakili perasaan banyak orang. Mereka merasa beruntung bisa jatuh cinta dengan sahabat sendiri.

8. Masih perlu bukti nyata? Ingat hashtag #hamilintemensendiri? Kisah Ditto dan Ayudia Bing Slamet bisa jadi bukti nyata kalau jodoh itu gak bakal jauh dari temen sendiri.

Ada-ada aja hastagnya

#hamilintemensendiri via showbiz.liputan6.com

Ayudia dan Ditto ini sudah bersahabat selama 12 tahun. Mereka sudah deket banget dan tau cerita masing-masing. Dan ketika takdir menyatukan mereka, kisah cinta ini jadi kisah cinta romantis yang berujung bahagia. Saking bahagianya, si Ditto sampai bikin tagar #hamilintemensendiri saat Ayudia hamil anak pertama mereka. 😀

Sebenarnya kamu gak perlu galau mikirin jodoh. Yakinlah bahwa sejatinya, jodoh itu gak bakal jauh-jauh dari temen sendiri. Daripada kamu galau, mending perluas pergaulanmu. Kamu juga perlu untuk menghilangkan rasa takutmu bahwa kalau kamu memilih untuk jadian sama temen, nanti saat hubungan kalian gagal, kamu juga akan kehilangan temenmu. Kalau kamu tetap takut, gimana mau jemput jodohmu nanti?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya