Bukan hanya pacar, ternyata sahabat juga bisa cemburu. Apalagi saat kamu lebih banyak menghabiskan banyak waktu dengan teman-teman baru yang lain daripada dengan sahabatmu. Sahabatmu hanya merasa kehilangan sosokmu yang selalu bersamanya, kemudian kamu seakan tak punya waktu untuknya.

Memang terlihat lucu, tapi siapa sangka ternyata sahabat yang cemburuan memang kerap terjadi. Bak pacar yang posesif, mereka juga ingin diberikan waktu untuk menikmati kebersamaan denganmu. Justru, jika memang sahabatmu cemburu itu tandanya kamu teman yang berarti untuknya. Coba lakukan 5 hal ini agar sahabatmu tak perlu merasa cemburu karena teman-tema barumu yang lain.

1. Bicara baik-baik pada sahabatmu, bahwa kamu juga berhak punya dunia atau lingkungan sendiri di luar dari persahabatan kalian

Bicarakan apapun masalahmu via www.unsplash.com

Advertisement

Jika memang ada hal yang mengganggunya dan membuat sifat menyenangkannya berubah, bicarakanlah. Ingat, jangan meninggalkan suatu permasalahan tanpa ada jalan keluarnya, karena hal tersebut justru akan merusak hubunganmu dengan sahabatmu.

Meski bersahabat, kamu dan juga sahabatmu tidak berhak saling membatasi lingkungan. Kalian akan semakin dewasa, wajar jika lingkupan pertemanan meluas dan bukan seharusnya hal ini dibesar-besarkan karena kamu pun akan selalu berupaya meluangkan waktu untuk sahabatmu disela-sela kesibukanmu.

2. Kamu harus mulai belajar membagi waktu untuk sahabatmu dan teman-temanmu yang lain

bagi-bagi waktumu via www.unsplash.com

Saat waktumu semakin sibuk, intensitas pertemuan dengan sahabatmu maupun teman-temanmu yang lain pun juga akan berkurang. Tantangan untuk mepertahankan hubungan dengan mereka juga harus dihadapi. Apalagi waktu luang kalian tak selalu sama, jangan sampai waktu luang yang kamu punya lebih banyak condong ke teman-temanmu yang lain dibanding sahabatmu. Kalau memang mereka semua berarti untukmu, ya seimbangkan semuanya.

3. Ajaklah sahabatmu masuk ke lingkungan pertemananmu, bukankah akan lebih seru kalau kalian bisa kumpul bersama?!

temanmu bisa jadi temannya juga via www.unsplash.com

Advertisement

Kenalkan sahabatmu juga ke teman-temanmu yang lain, selain menambah pertemanan. Sahabatmu juga akan mengenal seperti apa teman-temanmu itu, dan tak lagi merasa terabaikan tanpa membuatnya merasa tak nyaman. Siapa tahu, teman-temanmu bisa jadi teman baiknya juga.

4. Tetap bangun koneksi dengan curhat, karena sahabatmu akan merasa terlibat dengan ceritamu

Curhat sist~ via www.unsplash.com

Kalau memang kesibukanmu tak memungkinkan untuk sering bertemu sahabatmu, sementara kamu punya banyak cerita untuk dibagi. Untuk menjaga hubungan baik kalian, selalu libatkan sahabatmu dengan setiap ceritamu. Seperti buku harian berjalan, begitulah salah satu fungsi sahabat. Sahabatmu akan senang menjalankan salah satu fungsinya tersebut, dengan begitu mereka akan merasa dipercaya untuk mendengar seluruh ceritamu.

5. Nikmati quality time bersama sahabatmu dengan melakukan hal-hal menyenangkan yang kalian sukai

kemana aja yang penting seru-seruan via www.unsplash.com

Saat kesempatan quality time bersama dengan sahabatmu, maksimalkan waktumu untuknya. Tak perlu mengajak orang lain hadir, karena ini waktunya kalian menikmati hari bersama. Lakukan apa saja yang kalian suka, lupakan peliknya dunia, berbagi cerita dan ciptakan tawa. Dengan begitu ikatan emosional antara kalian berdua tetap terjaga.

Kecemburuan sahabatmu dengan teman-temanmu yang lain menandakan bahwa kamu penting di hidupnya, jangan merasa tak nyaman. Lakukan hal-hal tersebut untuk membuat sahabatmu merasa lebih baik. Kalau kamu sudah memiliki sahabat, jagalah hubungan kalian semampu kamu bisa. Karena menemukan sebuah persahabatan bukan hal yang mudah meski temanmu di mana-mana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya