Jangan ‘kan menjalani, membayangkan hubungan jarak jauh saja nggak sanggup rasanya. Sebab seperti yang sudah-sudah, LDR jarang sekali berhasil. Saat menjalani pacaran jarak jauh, kamu akan menemukan banyak sekali cobaan yang melanda. Salah satu yang paling susah ditahan adalah perasaan rindu dan prasangka buruk kepada pasangan.

Bicara soal LDR, ada stereotip yang selama ini kerap merugikan cowok. Cowok selalu menjadi pihak yang disorot perihal kesetiaan. Cewek seringkali menyamaratakan kelakuan cowok yang suka main di belakang. Padahal kan nggak semua cowok begitu. Nah menanggapi keresahan cowok ini, Hipwee Hubungan telah mewawancarai 7 cowok untuk mencari tahu bagaimana sih arti pentingnya kepercayaan dari cewek saat LDR-an. Penasaran? Ini curhatan jujur dari mereka.

1. Segala yang dilakukan cowok di perantauan pasti melalui proses pertimbangan. Yang paling utama adalah nggak menyakiti hati ceweknya

Cowok yang tulus mencintai akan selalu menjaga perilakunya via www.unsplash.com

Advertisement

“Pasangan (cewek) jangan sampai mengkhawatirkan sesuatu yang sifatnya remeh, apalagi selingkuh atau yang lainnya. Semua yang dilakukan cowok saat LDR itu penuh dengan pertimbangan-pertimbangan yang, pada intinya, tidak akan menyakiti perasaan pasangan. Selagi rasa percaya itu bisa dipelihara bersama, saya yakin LDR bukan lagi suatu masalah”.

–Galih Utomo, LDR-an 7 tahun

2. Diam-diam cowok juga ingin dipercayai oleh cewek. Kepercayaan ini juga menjadi penilaian cowok untuk kelanjutan ikatan cinta ke depannya

Sebagai bahan penilaian via www.pexels.com

“Namanya hubungan yang utama percaya. Kalau mau serius harus saling percaya karena itu yang jadi penilaian ke depannya, ini bisa kerja sama bareng nggak atau cuma seneng-seneng doang. Ini buat dua-duanya sih, nggak cuma cewek atau cowok”.

–Hertando, LDR-an Jogja–Solo

3. Cowok paham nggak bijak untuk memaksakan cewek untuk selalu percaya. Makanya dia selalu terbuka saat ada sesuatu yang perlu dibicarakan

Kalau ada apa-apa ngomong via www.unsplash.com

“Aku tidak bisa memaksakan cewekku (istri) harus percaya sama aku.. namanya cewek nggak bisa dipaksa untuk percaya sama cowok, sedangkan cowok banyak yang bajing*n, image cowok di mata cowok kebanyakan jelek. Kalau aku sih intinya jangan ada yang saling mengkhianati, kalau ada masalah didiskusiin, ngobrol”.

–Budi Santoso, Lulus ujian LDR-an selama 4 tahun dengan menikah

4. Buat apa LDR kalau nggak bisa percaya satu sama lain. Mending nggak usah berhubungan sekalian

gfjhgggjkh via www.unsplash.com

Advertisement

“Kalau memang pasangan nggak bisa percaya satu sama lain dan emang komitmen yang dibikin belum kuat, ya buat apa LDR, mending nggak usah sekalian. Kecuali memang udah serius (pernikahan).. nah itu beda cerita”.

–Andrall, gagal LDR karena nggak kuat

5. Cowok memahami kekhawatiran cewek yang takut kehilangan. Tapi tetap saja jangan terlalu berlebihan

Khawatir boleh, tapi jangan berlebihan via www.pexels.com

“Ke mana-mana foto, sama siapa harus foto. Ya, risih dan emosi juga, kenapa nggak percaya saya. Tapi di balik dia yang protektif itu karena mungkin dia sayang, atas dasar cinta makanya dia takut kalau kita nggak ngabarin. Itu masuk akal sih”.

–Ghufran, sedang tidak pacaran

6. Cewek mesti tahu bahwa cowok juga sama-sama butuh kehadiran, perhatian, atau kontak fisik dari kekasihnya. Harus saling percaya!

Saling percaya via www.unsplash.com

“Cukup beralasan (kalau cewek khawatir ke cowoknya), karena cowok sifatnya emang memiliki kebutuhan akan pertemuan, kontak fisik. Tapi mungkin harus ada batasan (rasa khawatir), kan nggak mungkin harus setiap saat, apalagi lagi sibuk terus ditelpon dan harus jawab saat itu juga itu udah namanya mengekang”.

–Apoy Syahrin, pernah diselingkuhin saat LDR

7. Jangan takut memercayai cowok. Justru tanggung jawab cowok biasanya muncul saat dipercaya

Sekali kamu percaya, ia pasti akan segan untuk mengkhianatinya via www.pexels.com

“Aku tahu kenapa cewek tidak percaya karena kan cowok makhluk visual. Untungnya dapet orang yang percaya sama aku. Jadi saat aku udah dikasih kepercayaan itu justru malah bikin aku introspeksi diri kalau ngapa-ngapain (berlaku curang). Dia bisa menaruh kepercayaan sebesar itu, ya udah lah aku jadi nggak enak gitu kalau mau berbuat curang.”

–Armando, LDR Jogja-Lombok sebelum akhirnya kandas

Begitulah kiranya perasaan cowok saat ditanyai arti penting kepercayaan cewek dalam menjalani hubungan jarak jauh. Atas dasar kebiasaan buruk cowok, mereka mengakui bahwa wajar jika cewek khawatir. Tapi jangan lantas menjadikan ini sebagai alasan untuk menyudutkan cowok saat LDR. Sebab nggak semua cowok sama.

Khawatir atau cemas boleh-boleh saja, namun perlu diperhatikan sampai sejauh mana batasannya. Jangan sampai terasa mengekang. Hmm.. soal LDR memang rumit, tapi nggak ada yang nggak mungkin. Buktinya ada informan yang hubungannya langgeng sampai 7 tahun, bahkan ada satu yang sampai menikah. Hebat kan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya