Di perantauan bukan hanya perjuangan yang melelahkan badan, tapi kerinduan kepada kampung halaman sangat menyiksa batin. Apalagi soal asmara, meninggalkan kekasih di kejauhan sana sungguh melelahkan. Dia sudah lama merantau, perjuangannya soal menjaga hati sudah tak diragukan lagi. Kamu sekarang sedang rindu dan dia pasti tahu, nanti dia meneleponmu, menyampaikan kabarnya dengan gembira, baiknya kamu siapkan kata-kata biar semangatnya selalu ada.

Kamu dan dia sedang berjalan di jalan yang sama meski tak begitu dekat di mata. Kamu harus selalu setia seperti yang dia lakukan kepadamu dan kesibukkannya. Kalau pun ada masalah, anggap saja itu garam yang menambah lucu asmara yang kalian jalani. Keresahan menjalani hubungan LDR sudah biasa, daripada menyesali baiknya kamu mencari cara agar semangatmu dan dia tetap ada, perjuangan pun semakin ringan dan semua berjalan sesuai dengan mimpi yang kamu mau.

1. Katakan kepadanya kalau kamu sedang baik-baik saja dan rindu sudah terobati saat melihat wajahnya di layar ponsel

Bilang rindumu sudah sembuh saat dia mengirimkan potretnya lewat ponsel via unsplash.com

Advertisement

Dia mengharapkan kabar baik dari setiap saat. Seusai kesibukan yang membelenggunya dia pasti selalu bertanya-tanya dalam hati soal kabarmu. Baiknya kamu katakan kalau kamu baik-baik saja, karena dia selalu menunggu hal baik datang kepadamu setiap hari. Dan jangan lupa, rindu yang kamu simpan itu baiknya kamu terang-terangan ungkapkan, jangan bikin dia bertanya-tanya lagi.

2. Berikan semangat kepadanya dengan katakan kalau kesehatannya lebih berharga daripada materi yang mati-matian dia cari

Kesehatan yang utama via unsplash.com

Dia selalu berjuang, demi mendapatkan apa yang dia mau kadang dia harus jungkir balik menghabiskan banyak tenaga. Kamu sebagai kekasih bertugas untuk mengingatkan akan kesehatannya. Biar perjuangannya santai dan penuh dengan rasa tenang, rajin-rajin lah buat menanyakan kesehatan dan mengingatkannya jika sudah terlampau lelah.

3. Berikan dia kepastian soal asmara, katakan kalau kamu setia menunggu dan cinta kasihmu tulus

Katakan kalau kamu masih setia dan akan selalu setia via unsplash.com

Dia juga ragu, dia ragu kalau dirinya bisa membawamu menuju masa depan yang baik. Kamu perlu menyemangatinya dengan mengatakan kalau cintamu itu tulus, dia menginginkan kejelasan soal asmara kalian. Jangan diam-diam saja dan membuatnya lelah memikirkan kejelasan asmara sendirian. Hubungan jarak jauh tak cukup jika hanya saling percaya di dalam hati, harus dikatakan karena kalian jarang bertemu.

4. Saat dia kelelahan di sana, sapa dia dengan “aku sayang kamu, kamu hebat” puji dia sebaik-baiknya pujian

Puji dia dengan sejujurnya via unsplash.com

Advertisement

Lelah selalu membuatnya ragu akan perjuangannya. Dia butuh sebuah pijakan kuat biar rasa lelah tersalurkan dengan baik dan bisa memulai kembali kesibukan dengan semangat. Dia perlu kata-kata penyemangat darimu, pujian bisa membuatnya tambah semangat dan hubungan mesra kalian tetap selamat meski berjarak.

5. Kamu punya sedikit waktu untuk berbincang dengannya di telepon, jangan lupa tanyakan hal-hal kecil tapi berharga. “Kamu jangan lupa makan?”

Obrolan ringan juga perlu via unsplash.com

Hal-hal kecil tetap diperlukan, tak bisa kalau setiap kali telepon selalu membahas yang serius-serius. Perlu banyak basa-basi karena walau bagaimanapun bercanda adalah kunci biar hubungan tak terlalu tegang. Kamu tak harus membahas hal yang penting, sedikit bercanda malah harus diolah dengan baik. Kamu dan pasangan juga bisa jadian karena dulu senang bercanda lucu-lucu begitu kan?

6. Ingatkan dia kalau kamu juga berjuang di sini, berikan dia pengertian kalau kamu dan dia sama-sama berjuang dan dia tak sendirian menghadapi kelelahan

Dia harus tahu kalau kamu juga sedang berjuang via unsplash.com

Kamu perlu memberikannya pengertian, dia sebenarnya sedang gundah takut kehilangan kamu. Kamu perlu memberitahunya kalau perjuanganmu di sini juga berarti, kamu menjaga hati dan kepercayaan yang diberikan olehnya. Kamu pasti mampu walau sendirian, dan kekasihmu juga harus mengerti perjuangan ini dirawat bersama-sama.

7. Dia juga rindu dengan keluarganya, katakan kalau keluarganya di rumah baik-baik saja, dan kalau bisa kamu sering habiskan waktu bersama keluarganya

Kamu sering habiskan waktu bersama keluarganya di rumah …. via unsplash.com

Ketika jarak memisahkan kalian, yang paling penting di saat seperti ini adalah kepercayaan. Kamu bisa mengungkapkan keseriusanmu dalam hubungan LDR ini dengan memberikan perhatian kepada keluarganya di rumah. Dia pasti bangga memilikimu dan dia akan lebih ringan menjalani segala aktivitasnya di perantauan. Semua berkat pengertianmu.

Semoga semua harapanmu kepadanya bisa terwujud, kuatkan terus cintamu dengan komunikasi yang sengaja dijaga. Kalau kamu mulai lelah dengan LDR, ingat baik-baik bahwa sebetulnya terlalu banyak bertemu juga bisa bosan. Jangan terbawa suasana di sekelilingmu, mereka yang selalu leluasa buat kencan bersama pasangan juga menemukan banyak masalah. Semua sama saja, tergantung bagaimana kamu menata hati. Kamu harus tetap berjuang dan bersama pasangan saling menyemangati meski dari kejauhan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya