Hubungan jarak jauh memang tak pernah ada yang mudah. Kalian harus bersabar, saling menata kepercayaan, sampai kemungkinan dihadapkan dengan hal-hal menakutkan yang bisa saja merusak hubungan. Selain harus berjauhan dan nggak bisa setiap saat bertemu, komunikasi dengan pasangan di kejauhan kadang tersendat dan bikin masalah baru.

Meski nikmatnya hubungan jarak jauh atau LDR sendiri sudah jelas, saat akhirnya kerinduan itu terobati, saat itu pula kebahagiaan dan kelegaan dirayakan bersama pasangan. Namanya cinta, sejauh apa dipisahkan tapi rasa sayang dan kepercayaan selalu ada di hati. Betapa mulia orang-orang yang sukes dengan hubungan jarak jauhnya, semua keikhlasan dan kesabaran sudah habis ditunaikan. Tapi bagaimana dengan kalian yang masih harus berjuang karena LDR-an? Pastinya keresahan-keresahan ini akan dirasakan oleh kamu dan dia.

1. Nggak bisa memantau dia terus-terusan, takut kalau terjadi sesuatu yang buruk menimpa pacar kesayangan

Nggak bisa memantau perkembangannya sampai takut kalau dia sakit di sana via unsplash.com

Advertisement

Karena rasa sayang bukan sekadar mencintainya dari kejauhan, bukan hanya rasa percaya satu sama lain, tapi ada kekhawatiran yang terlunasi. Merasa kahawatir dengan keadaan pasangan yang jauh dari pandangan, karena nggak setiap detik dan menit bisa memantau secara langsung. Kadang kekhawatiranmu ikut bertambah saat telepon dan chat telat direspon. Membuatmu bingung, ingin mendatangi langsun tapi jauh. Sementara menunggu kabar rasanya berat sekali.

2. Takut banget sama kesibukan dan rutinitas yang menyita waktu, telepon dan saling balas chat jadi berkurang

Kadang saat kamu punya waktu luang, dia malah masih sibuk via unsplash.com

Hubungan jarak jauh bisa terjadi karena banyak faktor, mungkin karena kalian kenalan di medsos dan harus menjalin hubungan berjauhan tanpa pernah sekali ketemuan. Biasanya sih karena salah satu harus pergi merantau karena bekerja atau sekolah. Akhirnya kejadian juga kalian sama-sama sibuk dan harus mengalami masalah tiap kali mau telepon dan chat secara kalian jarang punya waktu luang bersamaan.

3. Banyak kasus pelaku LDR ditinggal nikah pacar yang buatmu posesif. Padahal tak semua kisah cinta jarak jauh akan berakhir sama

Kadang jadi posesif karena dia nggak ada kabar via unsplash.com

Karena hubungan jarak jauh berarti harus saling percaya tapi di situ lah kesulitannya. Kekhawatiran yang memuncak melihat banyak banget kasus atau gosip negatif soal LDR berkembang di sekelilingmu. Kamu yang penasaran, dengan sedikit curiga kamu malah jadi posesif ke pasangan. Posesif nggak selamanya buruk tapi kalau terlalu over dan lebay malah bisa menghancurkan kepercayaan pasangan. Baiknya, apa yang dikatakan kekasih kamu percaya dan jangan menuduh sembarangan tanpa bukti kuat.

4. Takut kalau sampai jatuh cinta sama orang lain di sini, membuatmu tak hanya jaga perasaan pasangan tapi juga dirimu sendiri

Jangan sampai jatuh cinta ke orang lain deh via unsplash.com

Advertisement

Kamu yang sedang menjalani LDR juga punya banyak sekali godaan, dari rasa kangen sampai didekati orang sana-sini. Sampai akhirnya kamu takut banget jatuh cinta ke orang lain di sini, sementara pasangan lelah berjuang di perantauan. Kamu sebisa mungkin menjaga perasaan dan kepercayaan kekasih seiring banyak godaan tiap kali kian kuat menantang. Semoga kamu nggak tergoda dan LDR berjalan sukses hingga akhirnya sukses ke hubungan yang lebih serius.

5. Saat waktu pertemuan dengan pacar tiba kamu justru takut kalau kalau kalian tak nyambung lagi karena lama tak berkomunikasi langsung

Takut banget kalau sampai nggak nyambung lagi ngobrolnya via unsplash.com

Banyak kejadian yang bakalan terjadi saat hubungan jarak jauh kamu jalani. Kejadian dan peristiwa di sekitarmu kadang mengubah cara berpikirmu, dan saat-saat akan ketemuan dengan kekasih kamu jadi takut kalau kamu terlalu banyak berubah. Kamu takut banget kalau sampai nggak nyambung, bingung memilih topik dan akhirnya jatuh ke jurang kebosanan.

6. Kamu takut dia kecewa dengan penampilanmu sekarang, sebisa mungkin kamu berpenampilan sempurna

Takut banget kalau sampai dia nggak menerima apa adanya lagi via unsplash.com

Seperti halnya cara berpikir dan sikap yang kadang berubah seiring bertambahnya usia. Kamu juga mengalaminya saat harus menjalani hubungan jarak jauh, kamu takut perubahan penampilanmu nggak disukai pasangan. Saat-saat ketemuan dengan pasangan kamu takut dia nggak suka lagi dengan penampilanmu. Semoga hal ini nggak terjadi pada dirimu, semoga pasangan selalu menerima kamu tulus apa adanya.

Nikmatnya LDR hanya bisakamu rasakan kalau rindu sudah menumpuk, lalu melangsungkan pertemuan seketika rindu yang menumpuk itu hancur menjadi butiran cinta yang kamu nikmati selama pertemuan. Pertemuan yang mungkin hanya berlangsung satu jam itu bagimu adalah kebahagiaan yang nggak ternilai, berbulan-bulan menahan rindu, lihatlah kali ini kamu sedang dipeluk kekasih kesayangan. Bagaimana perasaanmu? Bertubi-tubi, hanya rasa syukur yang bisa dipanjatkan. Semoga hubunganmu berhasil dan akhirnya bisa duduk di pelaminan bareng pasangan tercinta.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya