Banyak konsekuensi yang harus kamu terima saat kamu memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh atau LDR. Akan ada rindu tiba-tiba yang nggak bisa langsung dituntaskan begitu saja, mengingat kamu harus bersabar menunggu waktu perjumpaan kalian tiba. Banyak hal yang harus dikorbankan saat jarak menghadang, namun pengorbananmu tetap tidak akan pernah sia-sia begitu saja karena jarak selalu dengan senang hati mendewasakanmu dan mengajarkanmu banyak hal.
Kamu jadi pribadi lebih tangguh dan lebih tabah dibandingkan mereka yang belum pernah berhadapan dengan jarak. Kalau kamu mampu berhadapan dengan jarak dan mengendalikan kerinduan sebaik mungkin, wajar kalau kamu menjadi pribadi yang lebih bijak oleh 5 hal ini.

1. Memahami makna kepercayaan, kamu mampu tetap tenang jalani hubungan dalam jarak yang memisahkan raga kalian

tetap tenang meski jarak menghadang via www.pexels.com

Advertisement
Tak ada hal lain yang bisa diandalkan dalam hubungan jarak jauh selain kepercayaan, awal mencicipi hubungan jarak jauh memang nggak mudah menaruh kepercayaan pada seseorang yang jauh di sana begitu saja tapi seiring berjalannya waktu, mau nggak mau membuatmu berdamai dengan keadaan dan menggantungkan hubunganmu pada rasa percaya, dengan adanya rasa percaya kamu pun terbentuk menjadi pribadi yang setia.
Setelah kamu mulai yakin memberi kepercayaan terhadapnya, rasa tenang perlahan muncul menghiasi hubungan kalian. Hubungan jarak jauh tanpa kepercayaan nggak akan membuahkan hasil apa-apa, nggak heran kalau mudah putus di tengah jalan karena nggak dilandasi rasa percaya. Namun karena jarak, kamu jadi memaknai bahwa kepercayaan memang membawa pengaruh besar dalam hubunganmu.

2. Jarak membuatmu jadi pribadi yang mandiri dan tetap fokus pada tanggung jawabmu sendiri

fokus dengan tanggung jawab via www.pexels.com

Advertisement
Mungkin kalau kamu nggak dihadapkan dengan jarak, bukan nggak mungkin kamu akan selalu membutuhkan pasanganmu di mana pun dan kapan pun. Lagi-lagi jarak memberimu keuntungan, tanpanya kamu masih tetap semangat melakukan semua tanggung jawab sendiri karena jarak membuatmu harus mandiri dan nggak selalu bergantung pada pasangan. Cita-cita kalian berdua memang bukan hal yang bisa diremehkan, membangun mimpi dan menyusun rencana masa depan di usia kalian yang masih produktif memang harus dilakoni.
Untuk itu kalian berdua pun harus rela berkompromi dengan jarak, toh pengorbanan kalian sekarang juga demi masa depan bersama. Meski kamu dan dia sama-sama fokus dengan urusan masing-masing, nggak membuat kamu lupa akan kehadirannya dan hubungan ini yang juga perlu dirawat dari jauh.

3. Kamu jadi tahu harus seperti apa menjaga seseorang dalam jarak tanpa membuatnya merasa terikat

menjaga dalam jarak via www.pexels.com

Kepercayaan memang berarti, dari kepercayaan itu sendiri lahirlah pribadi-pribadi yang tenang dan setia. Kamu nggak melulu meributkan hal kecil setiap kali dia jarang membalas pesan singkatmu, karena kamu paham dia juga punya urusannya sendiri. Perihal jarak itulah kamu jadi nggak punya andil untuk membatasi lingkungan pertemanannya, karena dia juga harus berkembang di usia yang sedang bahagia-bahagianya begitu juga dengamu.
Kamu tau bagaimana harus menjaga dan mendekapnya dalam jarak, tetap membuatnya nyaman meski jauh. Kamu bukan lagi pribadi yang sering uring-uringan karena masalah spele. Berhadapan dengan jarak saja sudah mengancam, bagaimana mau meributkan hal kecil?

4. Kamu mampu mengatasi pertengkaran secara dewasa, mengingat jarak mengharuskanmu lebih banyak bersabar

mengatasi masalah dengan tenang via www.pexels.com

Pertengkaran memang nggak bisa dihindari oleh siapapun, baik dalam hubungan keluarga ataupun pertemanan. Begitu juga kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh. Namun, pertengkaran bukanlah momok menakutkan karena hal itu membantumu menjadi orang yang lebih baik. Adanya pertengkaran, menandakan hubunganmu dan dia ada yang butuh dikoreksi.
Lambat laun kamu terbiasa menghadapi pertengkaran setenang mungkin dan dengan kepala dingin, kamu sadar betul bahwa jarak bukanlah urusan main-main. Harus ada kesabaran dan sikap dewasa agar hubunganmu tetap berjalan dan nggak goyah begitu saja karena terhadang jarak.

5. Masalah menghargai waktu, kamu jagonya. Bagimu setiap waktu bersamanya jadi terasa lebih berarti

lebih menghargai waktu via www.pexels.com

Waktu kebersamaan memang terasa berarti saat kamu tau bagaimana rasanya sendirian. Kamu memang baik-baik saja tanpa dia, tapi kehadirannya juga mampu membuatmu merasa jauh lebih bahagia. Haram sekali menyia-nyiakan waktu pertemuan dengan dia begitu saja, karena itu kamu melupakan sejenak urusanmu ketika waktu pertemuanmu tiba.
Sudah banyak berjuang menahan rindu dan berdamai dengan jarak membuat moment berdua dengannya terasa mahal, setiap detiknya bermakna karena hal tersebut memang bukan hal yang mudah untuk didapatkan. LDR nggak selalu menakutkan, ternyata banyak hal secara tersirat yang ternyata mendewasakanmu dari jauh dan membuatmu memahami bagaimana berartinya kehadiran seseorang.
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya