Orang bilang jatuh cinta itu mudah. Yang susah adalah melepaskannya ketika segala hal sudah dicoba tapi akhirnya tak sesuai dengan yang diharapkan. Marah, karena sudah berjuang tapi dipaksa menyerah. Sedih, karena kenangan tentang dia masih saja hilir mudik di pikiran. Sakit, membayangkan dia move on dengan kehidupan barunya.

Ada banyak cara untuk melewati kesedihan. Ada yang memilih pura-pura bahagia dan berharap luka itu berlalu dengan sendirinya. Ada juga yang pilih “menikmati” momen kesedihan itu, membiarkan diri sesedih-sedihnya sampai batas waktu tertentu, lalu bangkit seutuhnya. Jika kamu memilih yang kedua, Hipwee punya list lagu yang bisa membuat patah hatimu semakin berdarah-darah. Tak apa-apa, sedihnya dihabiskan sekarang saja, tinggal move on kemudian.

1. Perjuangan untuk merelakan itu berat. Tergambar jelas dalam lagu Kasih Tak Sampai dari PADI

Advertisement

Sudah terlambat sudah
Ini semua harus berakhir
Mungkin inilah jalan yang terbaik
Dan kita musti relakan kenyataan

Terkadang butuh usaha besar untuk meyakinkan diri bahwa segala yang direncanakan sudah tak bisa diteruskan lagi. Daripada terus saling menyakiti, lebih baik saling melepaskan di sini. Seperti kata Padi, pikirkan saja bahwa itu jalan yang terbaik untuk saat ini.

2. Usaha untuk move on belum ada hasilnya sekian lama? Biarkan lagu Terendap Laraku dari NaFF menemani kesedihanmu

Lihatlah aku di sini
Melawan getirnya takdirku sendiri
Tanpamu aku lemah dan tiada berarti
Sekian lama aku mencoba
Menepikan diriku di redupnya hatiku
Letih menahan perih yang kurasakan
Walau kutahu ku masih mendambamu

Advertisement

Seperti apa momen pertemuan tak sengaja kalian saat semesta sedang ingin bercanda? Awkward-kah? Canggungkah? Atau justru enggan saling bertatapan karena takut ketahuan bahwa cinta itu masih terlampau besar dan merelakan adalah siksaan diri terbesar?

3. Patah hati terkadang membuat kita lupa untuk bahagia. Lantas berucap Berhenti Berharap, seperti lagu Sheila on 7 ini

Aku berhenti berharap
Dan menunggu datang gelap
Hingga nanti suatu saat
Tak ada cinta kudapat

Saat patah hati terkadang segala-galanya terasa gelap. Film komedi paling lucu pun tak akan bisa merangsang syaraf tertawa. Sebab kadang kamu pun masih bertanya-tanya bagaimana caranya merelakan dan memulai langkah pertama untuk kehidupan baru tanpa dirinya.

4. Tak ada yang lebih sedih dibanding cinta yang bertepuk sebelah tangan. Lagu Pupus dari Dewa 19 totalitas menceritakan sakitnya

Baru kusadari cintaku
Bertepuk sebelah tangan
Kau buat remuk
Seluruh hatiku

Bagaimana sakit itu menyusup dalam hatimu saat mendapati fakta bahwa perasaan kalian tak mutual? Mungkin perasaan kalian bertepuk sebelah tangan, atau cintanya padamu tak sebesar cinta yang kamu berikan padanya? Sakit memang. Namun perlahan-lahan kamu akan terbiasa, lantas melupakannya. Lihat saja nanti 🙂

5. Kukira Kau Rumah, ternyata hanya persinggahan. Sakit hatimu semakin berdarah-darah dengan lagu dari Amigdala ini

Kau yang singgah tapi tak sungguh
Kukira kau rumah nyatanya kau cuma aku sewa
Dari tubuh seorang perempuan yang memintamu untuk pulang
Kau bukan rumah, kau bukan rumah

Ingatkah kamu tentang harapan-harapan yang dulu pernah dibagi? Kamu kira dia orang yang tepat untuk digandeng tangannya saat menyerangi jalan-jalan kehidupan. Ternyata harapan itu harus pupus, karena dia bukanlah rumah yang kamu idamkan. Dia hanyalah penginapan, yang dihuni sementara dan harus pergi saat tiba waktunya. Tak apa, rumahmu yang sebenarnya sudah menunggu di depan sana.

6. Bukan cuma patah hati, korban PHP juga sering marah pada diri sendiri. Karena terbuai Ekspekstasi seperti kata Kunto Aji

Harapan tinggi jatuh
Menguap tak berbentuk
Ternyata bukan pertanda
Hanya pikiranku saja
Harapan itu semu
Sulit tuk kupercaya
Sampai akhirnya kulihat sendiri
Sakit hatiku oooooh sakit
Melihatmu dengannya

Percayakah kamu bahwa sebenarnya kitalah yang mengecewakan diri sendiri? Saat dia mendekat dengan segala sikap manis, ekspektasi melesat tinggi. Namun ternyata apa yang kita pikir tak sesuai kenyataan. Dia pergi bersama yang lain setelah membumbungkan harapanmu sampai setinggi-tingginya.

7. Saat patah hati tak kunjung sembuh, percayalah bahwa ini hanya soal waktu. Lagu Aku yang Tersakiti dari Judika ini bisa mewakili hatimu

Tak pernahkah kau sadari akulah yang kau sakiti
Engkau pergi dengan janjimu yang telah kau ingkari
Oh tuhan tolonglah aku hapuskan rasa cintaku
Akupun ingin bahagia walau tak bersama dia

Sekeras apa pun kamu menyangkal, pada akhirnya selalu sama. Dia telah pergi memilih langkah baru tanpa menyertakanmu. Di saat seperti ini yang kamu bisa hanya berharap agar Tuhan segera menghapus rasa cinta, sehingga kamu pun akan bahagia. Selalu yakin saja bila Tuhan mendengar doamu. Bahagia itu, hanya soal waktu.

[Bonus]

8. Lalu kamu pun membayangkan dia move on dan bahagia tanpamu. Dengarkan lagu Jealous dari Labrinth supaya kesedihanmu kian syahdu

And I told you when you left me
There’s nothing to forgive
But I always thought you’d come back, tell me all you found was
Heartbreak and misery
It’s hard for me to say, I’m jealous of the way
You’re happy without me

Ketika hubungan baru diakhir, tanda tanya itu berserakan di kepala. Dengan siapa dia pergi hari ini? Tertawakah dia hari ini? Sedihkah dia hari ini? Lalu pikiran horor itu muncul, bagaimana jika ada seseorang yang bisa membuatnya lebih bahagia? Perasaan takut dilupakan itu wajar saja kok. Kelak kamu akan melampaui momen ini dan berbahagia kembali.

Setiap orang punya cara sendiri untuk menyikapi patah hati. Ingat saja, bahwa sepatah-patahnya hatimu saat ini, kamu akan segera mampu merekatkannya kembali. Tak apa-apa bila kamu belum bisa move on sepenuhnya saat ini. Sedih itu manusiawai, dan ini adalah bagian dari pendewasaan. Setelah berani merelakan apa yang sudah tak bisa diperbaiki, kamu sudah setengah jalan menuju bahagia lagi :”)

Lembaran bahagia baru sudah menyongsong di depan. Selamat move on ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya