Komitmen itu ribet. Udah sih jalani saja dulu

Beberapa orang beranggapan bahwa komitmen dalam hubungan itu ribet. Padahal jika sayang dengan pasangan, komitmen di dalam hubungan tak sulit untuk sama-sama diwujudkan. Komitmen tersebut bukan sekadar janji, tapi kesadaran diri untuk bertanggungjawab untuk menjalani hubungan berdua. Meski sering dianggap ribet, komitmen dalam hubungan ini secara nggak langsung bisa membuat hubungan kalian semakin kuat. Tak perlu muluk-muluk, mulai saja berkomitmen tentang hal-hal sederhana ini.

1. Setia memang harga mati, tapi saling menghargai bisa membuat hubunganmu lebih kuat lagi

Saling menghargai via www.dylanmhowell.com

Advertisement

Kesetiaan jelas menjadi pilar utama dalam hubungan. Namun jika hanya modal setia tanpa adanya rasa saling menghargai, rasanya sulit untuk dijalani. Percuma kamu dan dia saling menjaga hati jika nanti setelah bertemu kalian justru tak menghargai masing-masing pribadi. Hubunganmu akan rapuh di dalam meskipun dari luar terlihat kuat karena kesetiaan yang terjaga.

2. Saat rindu sudah menyayat hati, pastikan kalian berjanji untuk saling mengobati. Sesederhana menyapa lewat telepon di malam hari

Suaranya, sedikit melegakan rindu yang ada via www.degrassi.wiki.com

Pacaran tanpa rindu itu hambar. Namun pacaran yang terus-terusan merindu itu hanya membuang waktu. Ketika kalian tengah dilanda rindu, pastikan selalu ada cara untuk saling mengobati. Nggak selalu harus bertemu, jika memang waktu dan kesibukan kalian tak memungkinkan. Sekadar saling menyapa lewat telepon  di malam hari pun tak apa. Asalkan mampu untuk mengobati kerinduan kalian.

3. Berkomitmen untuk terus bersama, meskipun jenuh dan bosan pasti dirasa

Komitmen untuk bersama di tengah rasa jenuh dan bosan via www.unsplash.com

Kamu yang udah pacaran cukup lama, pasti pernah merasakan jenuh dan bosan. Saat kamu merasa jenuh, bukan lagi udah tak lagi cinta. Namun kalian berdua hanya butuh sedikit jeda dalam hubungan. Saat rasa jenuh dan bosan ini melanda, kalian berkomitmen untuk terus bersama. Komitmen ini tentu saja berbeda antara pasangan satu dengan pasangan yang lainnya. Ada yang memilih jeda sejenak dengan tak bertemu beberapa waktu, ada pula yang tetap bertemu namun mengurangi intensitas komunikasi lewat chat atau telepon. Yang penting, ada kemauan untuk tetap bersama di tengah rasa bosan yang datang mendera.

4. Kamu dan dia juga perlu punya komitmen untuk terus menjaga langkah, di saat salah satu di antara kalian merasa lelah

Saling menopang saat yang lain merasa lelah via www.unsplash.com

Advertisement

Menjalin hubungan bukan sekadar selalu berjalan bersisian. Bukan juga sama-sama berjuang dengan terwujudnya hubungan. Maka dari itu kamu dan dia perlu memiliki komitmen untuk terus menjaga langkah, ketika salah satu di antaraka kalian mulai merasa lelah. Sebab berjalan dengan dua kaki akan lebih mudah dibandingkan dengan sendirian bukan?

5. Jangan hanya jadikan dia pacar. Buatlah sosoknya menjadi partner terbaik dalam menata masa depan

Jadikan dia partner terbaik untuk menata masa depan via www.unsplash.com

Memang sih, saat ini kamu dan dirinya masih dalam tahap pacaran. Namun nggak ada salahnya untuk menjadikan sosoknya lebih dari seorang pacar. Agar hubungan yang dijalani lebih akrab dan semakin kuat, kamu bisa menganggapnya jadi seorang partner dalam menjalani hubungan. Dengan menganggapnya jadi partner kehidupan, kamu bisa berdiskusi, tukar pikiran sampai manja-manjaan. Sebab partner itu memiliki peran yang lebih lengkap dibandingkan dengan pacar kan?

6. Komitmen bukan hanya untuk pacarmu ini. Tapi juga diri sendiri seperti jadi pribadi dan pasangan yang lebih baik lagi

Menjadi lebih baik lagi via www.unsplash.com

Agar hubungan makin kuat, kamu nggak hanya perlu berkomitmen dengan pacar. Memiliki komitmen dengan diri sendiri pun perlu kamu lakukan. Salah satunya adalah berkomitmen untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Saat kamu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, dia juga nggak segan untuk melakukan hal yang sama demi memantaskan diri.

Tak perlu takut apalagi ragu dengan komitmen dalam hubungan. Di masa depan, kamu dan dia jelas masih akan menemui banyak tantangan dalam menjalani hubungan. Asalkan komitmen sederhana di atas udah kalian miliki, dua hal tersebut akan terasa lebih mudah lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya