Cap melankolis seakan tak pernah bisa jauh dari cewek. Bukannya tanpa alasan. Terkadang cewek sudah bisa menangis sesenggukan hanya karena melihat akhir drama korea favoritnya. Atau tentu saja untuk kasus yang lebih berat, ditinggalkan pasangannya, cewek sudah pasti bisa menangis tujuh hari tujuh malam.

Kalau sedih, wajar saja menangis. Namun ada pula momen bahagia yang juga bisa membuat cewek menangis dan lagi-lagi mendadak melankolis. Seperti saat diberi kejutan pacarnya, cewek bisa saja langsung menangis terharu. Tak heran cap lemah dan melankolis seringkali dialamatkan untuk kami. Karena perasaan selalu maju duluan dibandingkan logika.

Namun sebelum mengamini opini ini, ada baiknya mengenal cewek lebih jauh lagi. Cewek boleh saja melankolis di luarnya, tapi banyak hal lain yang membuktikan bahwa dia justru jadi makhluk yang tangguh soal hati!

1. Cewek selalu terlihat paling sendu saat hatinya tersakiti, tapi dia tak pernah kehabisan cara untuk bangkit lagi

Selalu ada cara untuk bangkit lagi via dylandsara.com

Siapa yang paling banyak menangis ketika tersakiti? Cewek jawabannya. Sekalinya ia tersakiti, cewek akan butuh waktu lama untuk kembali ceria. Seperti misalnya saat baru saja putus, cewek bisa menangis selama berminggu-minggu. Pada masa itu, dunianya boleh saja terasa runtuh. Beda dengan cowok yang masih bisa menahan kesedihan. Namun cewek lebih sering meluapkannya.

Advertisement

Namun meski begitu, cewek seperti tak pernah kehabisan cara untuk bangkit lagi. Meski sering terbawa perasaan, bukan berarti logika miliknya tak pernah terpakai. Alih-alih tenggelam terus-terusan dalam kesedihan, dalam batas waktu yang telah ditentukan, cewek lebih memilih untuk move on dan melakukan hal lain yang lebih bermanfaat untuk hidupnya.

2. Sekoyak apapun hatinya, cewek selalu bisa memastikan bahwa senyum di wajahnya tak akan pernah pudar

Selalu ada senyum yang tersungging di bibirnya via dylandsara.com

Cewek paling bisa menyembunyikan kesedihannya. Baginya tak penting jika hatinya sedang koyak, yang terpenting orang di sekitarnya tak khawatir dengan kondisinya. Sesakit atau seberat apapun beban yang sedang cewek pikul, dengan segala upaya ia tak akan membiarkan senyum di wajahnya memudar.

Baginya lebih baik berpura-pura bahagia, daripada kesedihannya membuat khawatir banyak orang. Kebanyakan cewek justru tak ingin jika orang-orang terdekatnya mengetahui luka apa yang sedang ia tahan perihnya. Melihat orang-orang yang ia sayang bahagia saja sudah jadi alasan yang cukup kuat untuk menyembunyikan lukanya.

3. Hatinya boleh saja remuk redam, namun cewek selalu bisa bersembunyi di balik kalimat andalan “Aku nggak papa” :’)

Aku nggak papa :’) via dylandsara.com

Ada banyak makna di balik kata “Aku nggak papa” dari cewek. Ya, cewek memang sulit ditebak. Terkadang di saat dia berkata “Tidak papa”, justru dia sedang berada dalam kondisi yang sangat tidak baik. Namun cewek memang jagonya bersembunyi di balik kesedihan.

Cewek yang mandiri tentu paham rasanya hal ini. Dengan mengatakan kalimat andalannya itu, ia berupaya untuk menyembuhkan lukanya sendiri. Tanpa perlu merepotkan banyak orang.

4. Soal ketangguhan hati, tak perlu lagi diragukan. Cewek ini juaranya menjaga perasaan

Ia senantiasa menjaga perasaanmu via dylandsara.com

Cewek dengan segala ketangguhan hatinya, tahu betul bagaimana rasanya disakiti dan proses beratnya hingga akhirnya bisa bangkit kembali. Untuk itu, cewek tak ingin pasangannya mengalami hal yang sama. Ia paling tahu caranya menjaga perasaan pasangan.

Ia tak ingin, sakit hati yang pernah dia rasa dialami juga oleh pasangannya. Walaupun pada akhirnya hal ini bukan jaminan cewek tak akan tersakiti lagi. Cewek dengan ketangguhan hati ini tak pernah berpikir untuk membalas dendam. Segala luka yang pernah ia dapatkan, ia jadikan pelajaran untuk tak lagi jatuh di lubang yang sama. Untuk itu, bersamanya kamu seharusnya merasa aman. Karena perasaanmu akan selalu terjaga.

5. Ketangguhan cewek juga dilihat dari kesediaannya menemani pasangannya berjuang. Ia tak akan membiarkan laki-lakinya terseok sendirian

Tak membiarkanmu berjuang sendirian via dylandsara.com

Bersama laki-laki yang menurutnya tepat dan layak dipertahankan, cewek tak pernah keberatan untuk mendampingi berjuang. Jatuh bangun laki-lakinya, akan dia dampingi dengan setia. Cewek pada dasarnya sadar bahwa tak ada kebahagiaan yang instan. Semua butuh proses panjang yang harus dilalui bersama.

Seberdarah apapun perjuangan yang nantinya ia lalui bersama laki-laki pilihannya, cewek sebisa mungkin tak akan pernah mengeluh. Karena cewek sadar, bersama orang yang ia cintai, halangan seberat apapun tak akan mampu menggoyahkan ketangguhan hatinya.

6. Air mata yang mengalir dari mata cewek bukan tanda kelemahan. Justru ini adalah sumber kekuatan terbesar

air mata jadi kekuatan via dylandsara.com

Air mata yang banyak keluar, justru ia jadikan sebagai sumber kekuatan. Untuk membuatnya menjadi pribadi yang jauh lebih tangguh dari sebelumnya. Selebam apapun hatinya, ia tak akan pernah menyerah begitu saja pada keadaan.

Air mata juga mugkin membuatnya terlihat lemah. Tapi bagi cewek, menangis menjadi terapi hati terbaik. Setidaknya lewat menangis, beban berat yang lekat padanya bisa luruh seiring dengan bulir air mata yang menguap.

Bukankah ini sudah jadi cukup bukti bahwa cewek bisa sekuat itu?

Memang sudah kodratnya perasaan cewek lebih lembut dan sensitif. Tapi ini bukan berarti cewek adalah makhluk yang lemah. Justru ia adalah sosok yang dapat diandalkan di saat-saat tertentu.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!