Karateristik Cowok Idaman Berdasarkan Drama “Start-up”, Kamu Pilih yang Tsundere atau Bucin?

Nam Do-san vs Han Ji-pyeong

Bagaimana jika kamu berada di antara dua pilihan, keadaan ini tentu membuat kita sulit menentukan arah jalan yang mana. Apalagi jika perkara cinta, sebenarnya kamu mempunyai rasa yang imbang dengan keduanya tetapi diharuskan untuk menentukan pilihan. Nah, perasaan ini mungkin yang kamu alami saat mengikuti drama Korea Start-Up. Ada dua haluan besar penonton, yang satu memilih Nam Do-san dan sisanya berlabuh pada Han Ji-pyeong. Keduanya memiliki karakter unik yang membuat Seo Dal-mi dan jutaan orang yang menonton drakor ini mengalami dilema besar. 

Advertisement

Meskipun kamu bukan Seo Dal-mi dan tidak diperebutkan dua cowok ganteng yang getol membangun perusahaan start-up, dilema memilih karakteristik cowok itu pastinya pernah dialami. Ada yang cenderung selalu memilih pria yang sifatnya dewasa meskipun sedikit dingin, ada juga yang lebih senang dengan cowok ekspresif yang tidak takut mempertaruhkan segalanya alias bucin. Mirip-mirip lah dengan perdebatan antara tim Nam Do-san dan tim Han Ji-pyeong yang memanas beberapa minggu terakhir ini.

Mana sih sifat cowok dari karakter drakor Start-Up ini yang lebih kamu dambakan? Atau kamu punya pilihan yang lebih spesifik seperti kalau menikah ya pilih cowok seperti Han Ji-pyeong, tapi untuk pacaran lebih memilih cowok semacam Nam Do-san?!

Kesan pertama dengan cowok seperti Han Ji-pyeong mungkin tidak terlalu berkesan, bahkan bisa jadi menyebalkan. Ia tidak terbiasa menunjukan perasaan, meski aslinya sangat hangat dan penuh perhatian

Advertisement

Kalau dipikir-pikir, sosok seperti Han Ji-pyeong sebenarnya mungkin bisa banyak ditemui di sekitar kita. Bukan soal kemiripan muka atau kerjaannya yang mentereng lo, tapi cowok yang hobi banget menyembunyikan perasaan.

Entah karena malu, gengsi, atau memang tidak terbiasa mengekspresikan perasaan. Cowok tipe ini akan sering terlihat cuek atau bahkan dingin ketika pertama kali bertemu. Daripada ketahuan nervous atau salah tingkah, mereka lebih memilih mengatakan hal-hal yang sama sekali berbeda dengan isi hatinya. Walaupun suka atau perhatian, mereka hanya akan mengamati dari jauh dan memberi perhatian diam-diam.

Advertisement

Dalam kebudayaan Jepang dan Korea, ada istilah khusus untuk karakteristik cowok seperti ini yaitu ‘tsundere‘. Tokoh tsundere dalam drakor pun sebenarnya memang cukup populer. Ada karakter Kim Jung-hwan (Ryu Jun-yeol) di Reply 1988,  Heo Joon-jae (Lee Min-ho) di Legend of the Blue Sea, sampai tentu saja tsundere paling terkenal saat ini Han Ji-pyeong yang diperankan oleh aktor Kim Seon-ho. Ada yang kenal atau malah sedang pacaran sama tsundere seperti ini nggak?

Meskipun awalnya cuek dan dingin, karisma cowok tipe Han Ji-pyeong ini akan sulit dilupakan. Kehangatan dan kebaikan hati yang terkadang muncul ke permukaan itu lo, bikin hati bergetar

Tipe cowok seperti Han Ji-pyeong memang biasanya adalah cowok yang pesonanya ‘jangka panjang’. Pesona dan isi hati yang sesungguhnya akan pelan-pelan terpancar seiring banyaknya waktu yang kamu habiskan bersama. Kamu juga jadi paham kalau segala tingkahnya yang sok cuek dan tidak peduli itu, sama sekali berbeda dengan apa yang sebenarnya ia rasakan. Cowok tipe seperti ini memang sulit membuka hati kepada orang lain. Tapi begitu hatinya terbuka untukmu, dia akan sepenuhnya setia.

Bersamanya, kamu mungkin tidak akan mendapat hadiah bunga sewaktu Valentine atau gesture besar ketika dilamar. Meski minim ekspresi dalam hubungan, tapi cowok seperti ini biasanya tahu betul apa artinya membangun komitmen dan masa depan bersama. Bahkan tanpa dihujani kado dan janji manis sekalipun, anehnya, kamu akan mudah merasa aman dan bahagia.

Teori inilah yang mungkin jadi latar belakang kenapa begitu banyak penonton drakor Start-Up akhirnya mendukung Han Ji-pyeong, karakter yang notabene second lead. Kita seakan-akan bisa melihat masa depan bahagia jika Seo Dal-mi akhirnya memilih Han Ji-pyeong yang selama ini selalu (diam-diam) membantu dan menjaganya.

Masalahnya, cowok semacam Han Ji-pyeong ini memang sering kesulitan mencari timing yang tepat. Apalagi kalau beranggapan dirinya hanya akan jadi penghalang kebahagiaan, ia mungkin bakal mundur

Permasalahan utama yang sering dihadapi oleh cowok-cowok semacam Han Ji-pyeong adalah timing. Terlalu hati-hati membuka hati dan tidak bisa dengan baik mengekspresikan perasaan, tentunya jadi masalah jika kebetulan ada orang lain yang juga menaruh hati terhadap cewek yang sama. Pemikirannya yang dewasa dan penuh perhitungan, juga mungkin malah mendorongnya untuk mundur demi mendahulukan kebahagiaan orang lain.

Nah, wajar sih kalau banyak orang gregetan sendiri melihat karakter seperti ini di dalam drama. Sebagai penonton, kita tahu betapa besar perjuangannya menjaga dan mencintai tokoh utama secara sembunyi-sembunyi. Kita berharap sang tokoh utama segera bisa mengetahui apa yang sudah kita ketahui. Sayangnya, timing itu sering tidak pernah datang dan hanya menghasilkan adegan pengakuan yang sudah terlambat di episode akhir. Namun berhubung Start-Up belum rampung, tim Han Ji-pyeong jelas masih punya harapan agar perjuangan Ji-pyeong berakhir dengan bahagia.

Berbeda dengan Han Ji-pyeong, cowok seperti Nam Do-san akan langsung bisa mengambil perhatianmu. Meski sadar dan terkadang minder akan kekurangannya, ia selalu berusaha jujur dengan perasaannya

Perbedaan karakter yang begitu mencolok antara Han Ji-pyeong dan Nam Do-san, bisa jadi merupakan daya tarik utama dari drakor Start-up. Meskipun penggemar drakor sudah sering mengalami ‘second-lead syndrome‘, tapi sepertinya perdebatan mengenai siapa yang seharusnya jadi pasangan aktris utama itu tidak pernah sesengit ini.

Karakter Nam Do-san boleh jadi telat muncul di akhir episode pertama, tapi ketulusan dan kegigihannya langsung bisa meluluhkan hati penonton.

Cowok seperti Nam Do-san mungkin memang jauh dari kata sempurna, tapi dia juga tidak berusaha menutupi kekurangannya. Alhasil, bahkan sejak pertama kali bertemu, kesan hangat, terbuka, dan likeable selalu identik dengan cowok seperti ini. Cowok tipe ini juga biasanya tidak memiliki masalah menunjukkan perasaan dan isi hati apa adanya. Meskipun ia akan masih sibuk berproses dengan dirinya sendiri, tapi cowok tipe Nam Do-san pasti dengan gigih tetap mempertahankan hubungannya denganmu.

.

Keterbukaan hatinya menjadikan cowok tipe Nam Do-san pendengar yang baik. Ia mau mengakui kesalahan dan terus berkembang

Mungkin Nam Do-san tidak semapan atau se-reliable Han Ji-pyeong dalam urusan profesional, tapi lain urusannya kalau masalah hati. Ia yang dengan berani membuka dan menunjukkan hatinya kepada Seo Dal-mi dari awal, serta jadi pendengar yang baik, jelas punya keuntungan. Kalaupun Nam Do-san bukan sosok cinta pertamanya, Dal-mi tetap tersentuh dengan perasaan Do-san yang begitu tulus.

Belum lagi perjalan mereka untuk berjuang bersama-sama membangun Samsan Tech, posisi Do-san menjadi semakin tidak tergantikan dalam hati Dal-mi. Cowok seperti ini punya keberanian untuk mengakui kesalahan dan terus memperbaiki diri. Seperti karakter Nam Do-san yang banyak menemui kegagalan, tapi tiap kali ia bisa menjadikan pengalaman itu sebagai semangat baru.

Kegigihan tipe cowok seperti Nam Do-san ini mungkin terkadang juga bisa beban. Terutama jika perasaan tidak lagi bersambut, tapi ia tetap gigih memperjuangkan 

Sama seperti cowok tipe Han Ji-pyeong yang selalu bermasalah dengan timing, cowok berkarakter Nam Do-san pun punya permasalahan sendiri. Bukan soal memulai hubungan, tapi justru mungkin kesulitan menerima saat akhir perjuangan tiba. Karena selalu gigih dan tulus memperjuangkan semua hal, cowok tipe ini bisa jadi terus berusaha walaupun perasaan tidak lagi saling berbalas. Adakah yang pernah bertemu dengan cowok yang seperti ini?!

Sifat seperti ini memang mungkin banyak ditemui di kalangan anak muda yang semangatnya masih berapi-api. Banyak pasangan yang keluar dari hubungan seumuran dengan tensi dan ego yang sama-sama tinggi, akhirnya kemudian pasangan yang lebih tua atau lebih muda untuk saling menyeimbangkan. Lagi-lagi, bukan berarti Nam Do-san dan Seo Dal-mi akan berakhir seperti itu ya~ Kan dramanya juga belum selesai, kita lihat saja nanti…

Nah, itu dia kira-kira breakdown karakter cowok idaman berdasarkan drama Korea Start-Up yang populer banget akhir-akhir ini. Hipwee mah tim netral dan asal Seo Dal-mi bahagia sih, toh Nam Do-san dan Han Ji-pyeong punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Kalau kamu Guys, tim yang mana nih?!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE