Kata Pidi Baiq, perpisahan adalah upacara menyambut hari-hari penuh rindu. Namun, perpisahan kali ini bukan akhir dari hubungan. Hanya perpisahan sementara antara raga kamu dan dia. Sebenarnya rindu juga tak akan seburuk gambaran dari kalimat Pidi, secara hubungan kalian masih selalu ada selama jarak tak menjelma jurang. Toh kamu dan dia pun masih punya kesempatan bertemu dan menghapus rindu.

Makanya biar rindu tak lantas selalu menjelma sendu, atau membuat hari-harimu penuh kekhawatiran akan urusan menunggu, kamu perlu sesuatu yang bisa mengalihkan perhatianmu. Bukan untuk melupakan dirinya, tapi cuma membuat kamu atau dia tenang kalau semua akan berjalan semestinya sesuai rencana kalian. Hubungan jarak jauh nggak sesulit imajinasimu atau selentingan orang-orang. Nggak percaya, baca dulu ulasan di bawah ini biar kamu lulus untuk jadi pejuang rindu.

1. Memperbanyak kegiatan entah hobi atau pekerjaan, biar pikiran tak sering merenungkan pertemuan

Jadi fotografer lepas via dylandsara.com

Rindu biasanya berkunjung ketika dirimu teramat senggang. Saat pikiran yang kosong memberi kesempatan kepada angan untuk terus menggambarkan pertemuan kalian yang entah kapan. Karena itu, kamu perlu menyiasati diri untuk jadi lebih sibuk. Entah menenggelamkan diri seutuhnya pada pekerjaan, atau membaginya dengan hobi yang bermacam-macam.

Kamu bisa mencari kerjaan sampingan di luar kerjaan utamamu. Kamu bisa menekuni kembali hobi-hobi yang dulu sempat diabaikan atau hanya dilakukan setengah-setengah. Apapun entah yang menghasilkan uang atau cuma sekadar kesenangan. Setidaknya kesibukan selalu ampuh menyita seluruh ruang dipikiranmu. Jangan biarian angan punya lebih banyak kesempatan untuk bersarang dan akhirnya menelurkan rindu yang termat sendu. Huhuhu

2. Karena berkumpul dengan teman dan keluarga membuat harimu tetap terisi, meski tak ada dia di sisi

Advertisement

kebersamaan dengan saudara mengisi hari-harimu via www.logancoleblog.com

Kebersamaanmu dengan orang-orang terdekatmu yang lain, membuat hari-harimu tetap terisi dengan baik dan menyenangkan. Kata kesepian tak berlaku lagi dalam kamus LDR’an kalian. Sebab biasanya kesepian berkawan baik dengan rindu yang bukan lagi sendu tapi sudah terlalu suram untuk dirasakan.

3. Karena jalan-jalan bisa jadi pelipur lara dari rindu yang membara. Nggak perlu jauh-jauh pergi ke taman kota atau museum saja

jalan-jalan sendiri mencari cerita via dylandsara.com

Perjalanan tak hanya membawa waktu tapi juga cerita sebagai pelipur lara saat rindu datang membara.

Bukan berarti kamu perlu jalan-jalan ke tempat yang jauh. Karena kalau mau melakukan trip yang jauh, kenapa nggak sekalian berkunjung ke kotanya. Tapi, perjalanannya kamu kali ini cukup ke tempat-tempat terdekat dari kotamu. Bisa sekadar ke taman kota atau museum. Pokoknya manapun yang masih terjangkau dalam hitungan jam.

Kamu perlu percaya, tempat apapun yang dikunjungi selalu punya cerita yang bisa dikerat untuk disimpan dalam pikiranmu. Dan ini juga yang bisa kamu bagi untuk dia yang ada di sana. Membuatnya merasakan perjalanan yang coba kamu bangun lewat imajinasinya. Bukan kah ini menyenangkan?

4. Dengerin musik, nonton film, main games, baca buku atau apapun yang bisa menenangkanmu yang tengah didera rindu

main game bareng kakak ade via www.logancoleblog.com

Saat rindu sudah terlanjur datang, kamu jangan lantas menyerah dengan perasaan kalut. Lakukan kegiatan yang menurutmu ringan yang bisa membuat kamu tenang, seperti mendengarkan musik, nonton film asal jangan drama yang terlalu mendramatisir, main games yang bisa memicu adrenalin, baca buku yang bikin kamu berimajinasi, sampai makan apapun yang membuat hatimu senang.

5. Komunikasi yang tepat. Nggak berlebihan dan nggak kekurangan demi kualitas hubungan yang sehat

komunikasi yang tepat via dsadventuregear.blogspot.co.id

Semua orang sudah pasti setuju kalau komunikasi bagian penting untuk hubungan. Nggak hanya yang LDR’an, tapi juga yang satu kota. Nah, kadang ada yang salah juga tentang pemahaman komunikasi yang baik. Orang banyak yang bilang, kualitas komunikasi yang baik itu terbangun karena kuantitas yang lebih tinggi. Padahal yang harus kamu tahu, kualitas hubungan yang sehat ada karena komunikasi yang tepat. Nggak berlebihan dan nggak kekurangan juga.

Tahu sendirikan, kalau keseringan jenuh bisa saja datang. Sedangkan kalian sendiri juga punya kesibukan masing-masing yang harus diutamakan juga.

6. Tapi ada kalanya rindu tak perlu kamu hindari, supaya kalian tahu bagaimana perjuangan saat ini

Merasakan rindu untuk tahu bagaimana perjuangan LDR via www.logancoleblog.com

Karena rindu juga manusiawi, adakalanya kamu tak perlu menghindarinya. Bahkan kalau rasa itu harus membangunkan sendu di sudut pikiran dan hatimu. Lemaskan saja perasaan itu, biarkan kamu tenggelam di dalamnya, dan akhirnya tahu perjuangan menjalin hubungan jarak jauh ini nggak mudah. Tapi membekas dan memberi perlajaran supaya kamu dan dia sama-sama dewasa.

Bukankah kelak saat level hubunganmu semakin tinggi, cobaan yang kalian alami pun akan semakin berat. Tenang rindu dan sendu pada akhirnya akan ramah untukmu yang sudah berhasil sabar menerima keduanya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!