Apakah kamu pernah mengalami cinta beda agama? Kalau iya, berarti kamu adalah orang yang kuat. Sebab percintaan beda agama sangatlah berat. Kamu dan si dia pasti menghadapi berbagai tantangan, terutama soal restu orangtua. Karena itulah tak semua pasangan bisa berakhir bahagia. Namun jika kalian sama-sama berjuang dan berkorban, perbedaan agama bukanlah halangan untuk kalian di masa depan.

Ngomong-ngomong tentang cinta beda agama, hari Kamis lalu Hipwee menggelar #Miscur alias Kamis Curhat tentang topik ini di akun Instagram @Hipwee. Ternyata banyak juga orang-orang yang pernah merasakan cinta beda agama. Nah, berikut ini adalah berbagai pengalaman mereka yang menarik dan bisa menjadi pelajaran.

1. Sempat jatuh cinta pada orang yang beda agama, akhirnya memutuskan untuk berteman saja. Sebab takut berpisah karena terlalu berbeda

Advertisement

Banyak orang yang sudah lama pacaran tapi terpaksa berpisah karena beda agama. Karena itulah tak ada salahnya berhati-hati dalam memilih pasangan. Kalau kamu dan si dia berbeda keyakinan, barangkali cinta kalian tak perlu dilanjutkan sampai pacaran. Apalagi kalau keluarga masing-masing tak merestui. Lebih baik lanjutkan hubungan baik sebagai teman. Beda halnya kalau kalian siap berkorban dan berjuang bersama, maka lanjutkan saja cinta ini.

2. Pacaran lama sampai 7 tahun, akhirnya berpisah karena beda agama. Lalu sang mantan menikah duluan dengan orang lain

Pacaran sampai bertahun-tahun tak menjamin hubunganmu berakhir di pelaminan. Kadang ada perbedaan yang terlalu besar untuk diterima, salah satunya perbedaan agama. Jika akhirnya kalian berpisah, bukan berarti masa lalu dengannya sia-sia. Sebab kamu pasti telah bertumbuh dan belajar banyak. Tenang saja, jodoh yang tepat akan datang padamu di masa depan.

3. Cinta yang teramat besar membuat seseorang rela pindah agama. Namun sayang, ternyata sang kekasih tak seperti yang dikira

Pindah agama bukanlah hal yang sederhana. Jika ingin melakukannya, pastikan niatmu berasal dari diri sendiri, bukan dari sang kekasih hati. Sebab belum tentu kamu cocok dengan agama yang baru. Apalagi kalau kelak hubungan kalian berakhir, apakah layak pengorbananmu itu? Namun kalau sudah telanjur melakukannya, tak apa-apa. Jadikan ini pelajaran saja.

4. Setelah tahu gebetan memeluk agama yang berbeda, terkadang kita terpaksa mundur sebelum jatuh cinta terlalu dalam

Advertisement

Berbeda agama bukan berarti tak bisa saling mengingatkan untuk beribadah. Walau pada akhirnya terpaksa mundur, setidaknya kamu sempat menerima perhatian yang begitu tulus. Terkadang memang lebih baik untuk mundur di awal daripada melanjutkan sesuatu yang akan menghancurkan hatimu. Namun jika kamu sudah siap pada segala risiko, lakukan saja sesuai keinginanmu.

5. Cinta beda agama membuat kita belajar toleransi. Walau tak bisa bersatu, setidaknya bisa saling menghormati

Ada berbagai agama di dunia ini. Dengan mencintai seseorang yang beda agama, kamu akan belajar banyak tentang toleransi. Memang sakit rasanya kalau kalian tak bisa bersatu karena agama. Namun dengan menerima kenyataan pahit ini, berarti kamu sudah bertambah dewasa.

6. Beda agama bisa membuat pasangan putus karena tak sanggup mengorbankan keluarga. Namun pada akhirnya masing-masing bertemu jodoh yang tepat

Salah satu tantangan cinta beda agama memang restu orangtua. Jika keluargamu tak merestui hubungan kalian, mungkin sebaiknya akhiri saja daripada bertengkar hebat dengan keluarga. Pada akhirnya kamu akan dipertemukan dengan jodoh yang tepat. Bersabarlah menunggu, barangkali Tuhan punya rencana yang lebih baik untukmu.

Teruntuk semua pasangan yang menghadapi cinta beda agama, sabar ya. Setiap kisah mempunyai akhir yang berbeda. Ada yang berakhir bahagia, tetapi ada juga yang berujung saling melepas cinta. Apa pun yang terjadi padamu, ingatlah kalau kamu sudah berjuang.

Ingin curhatmu dibalas? Pantengin terus #MisCur di akun Instagram @Hipwee ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya