Duduk berdua adalah alternatif saat kencan di luar sudah terlalu mainstream. Bisa sambil nonton film favorit di Netflix, atau bisa juga sekadar ngobrol berdua. Rasanya bisa lebih intim daripada kencan dengan makan malam mewah ataupun nonton film di bioskop.

Namun, tahukah kamu kalau kebahagiaan dalam hubungan bisa dilihat dari bahasa tubuhmu dan dia saat sedang bersama? Salah satunya adalah pilihan posisi duduk saat di sofa. Mungkin kamu dan dia pilih duduk berdempetan di ujung sofa, mungkin juga kalian memilih duduk bersebelahan dengan sedikit jarak. Seperti yang diulas oleh The Sun, Dr. Georgina Barnett, seorang ahli bahasa tubuh, menjelaskan bahwa posisi duduk di sofa tersebut bisa berbicara banyak mengenai hubungan kalian. Berikut hasilnya.

1. Duduk di kursi yang berbeda, artinya kamu dan dia sudah pacaran lama. Posisi yang berjauhan ini bisa bermakna dua hal yang berbeda

duduk di sofa yang berbeda via www.prooff.com

Advertisement

Pernah nggak sih kamu dan dia sekadar bersama tapi nggak ngapa-ngapain bareng? Kamu duduk di satu sofa sambil membaca buku, sementara dia duduk di sofa lainnya sambil nonton TV. Nah, hal ini bisa berarti dua hal. Kamu dan dia sudah pacaran lama sehingga saling terbiasa satu sama lain. Kalian bisa saling menemani meski fokus dengan kesibukan sendiri-sendiri. Namun, hal ini juga bisa bermakna sebaliknya lo. Saking sudah saling nyaman dan terbiasanya, baik kamu dan dia sebenarnya sudah mulai tak acuh satu sama lain. Wah, kamu yang mana?

2. Suka berposisi manja dengan tiduran di paha pasangan? Hati-hati, itu menandakan salah satu terlalu dominan dalam hubungan

posisi manja via www.oregon.gov

Salah satu tiduran di sofa, dengan kedua kaki di pangkuan yang lainnya. Terlihat seperti scene di film-film romantis ya? Namun, hal ini bisa berarti sinyal bahaya lo. Menurut Dr. Giorgina, ia yang meletakkan kaki di pangkuan pasangannya adalah orang yang dominan dan selalu ingin diperhatikan. Jadi, bukan mustahil ia memiliki kontrol yang lebih besar dalam hubungan kalian. Akan tetapi, selain menyimbolkan dominasi, posisi ini juga menandakan kalau kalian sama sama nyaman dan happy dengan hubungan ini kok.

3. Duduk sebelahan mungkin dengan gandengan tangan tanpa acara ndusel justru menunjukkan level kebahagiaan dan kepercayaan kalian yang tinggi lo

duduk bareng doang via www.freepik.com

Mungkin sekilas posisi ini tidak istimewa. Duduk tanpa ndusel, mungkin sekadar berpegangan tangan. Kayak baru kenal atau ngobrol dengan teman ya? Uniknya, posisi ini justru menunjukkan level kebahagiaan yang tinggi lo. Posisi ini menunjukkan keintiman sekaligus kebebasan, yang mencerminkan sebuah hubungan yang sehat. Mungkin rasa cinta kalian tidak menggelora, tetapi, hubungan kalian dilandasi dengan penghargaan dan kepercayaan yang tinggi. Posisi ini menunjukkan kedekatan yang tetap memberi jarak untuk berkembang.

4. Sama-sama memilih duduk di ujung sofa yang berlawanan dengan jarak yang besar, adalah sinyal yang cukup bahaya untuk hubungan kalian

duduk di ujung sofa via www.vix.com

Advertisement

Sedihnya, meski berada di ruangan yang sama, posisi ini mengisyaratkan sebuah perpisahan lo. Dalam situasi sedang terjadi masalah, posisi ini menyiratkan situasi yang dingin, dan kalian sedang memrotes satu sama lain dengan cara membuat jarak sebesar-besarnya. Namun, bila terjadi dalam situasi adem tanpa masalah, posisi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu dan dia perlahan-lahan saling menjauh. Mungkin seiring waktu, perbedaan yang terlalu besar mulai terkuak, dan baik kamu dan dia mulai lebih nyaman jalan sendirian.

5. Suka mesra-mesraan di pojok sofa padahal sisi lainnya masih longgar? Salah satu dari kalian sering merasa inscure ya?

ndusel di sudut, padahal sofa masih longgar via www.freepik.com

Posisi yang satu ini juga cukup romantis. Meski sofa panjang dan longgar, tapi kamu dan dia memilih ndusel di sudut sofa. Memang sih posisi ini menunjukkan level kedekatan kalian yang tinggi. Namun, seperti posisi “kaki numpang di atas paha”, posisi ini juga menggambarkan sebuah dominasi lo. Ia yang duduk di sudut merupakan sosok dengan rasa percaya diri dan juga kuasa yang lebih tinggi dalam hubungan. Sementara ia yang duduk lebih ke tengah, seringkali merasa insecure dan merasa perlu mencari jaminan dengan mengikuti pasangan ke mana-mana.

6. Kalau kamu dan dia memilih mesra-mesraan di tengah sofa, artinya dunia milik kalian berdua. Pasti, baru jadian dan lagi sayang-sayangnya ya?

ndusel di tengah sofa via www.freepik.com

Yang baru jadian memang beda. Rasanya dunia milik berdua, yang lainnya sekadar numpang saja. Itulah sebabnya kamu dan dia memilih ndusel di tengah-tengah sofa. Posisi ini menunjukkan rasa cinta yang mutual dan sedang menggelora antara kamu dan dia. Sofa yang kalian duduki menyimbolkan sebuah kebersamaan, dan posisi ini menunjukkan bahwa kalian memiliki hubungan yang nyata, baik secara fisik maupun emosi. Selain itu, posisi ini juga menunjukkan kesetaraan dalam hubungan lo. Tidak ada salah satu yang mendominasi yang lain.

Karakter setiap hubungan memang berbeda-beda. Pasangan yang baru jadian dengan yang sudah pacaran tahunan tentu juga berbeda cara menikmati kebersamaannya. Beberapa hal di atas adalah gambaran hubungan kamu dan dia dilihat dari cara duduk di sofa saat sedang bersama. Benar atau tidak? Coba cocokkan dengan hubungan yang sedang kalian jalani yaa~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya