Cewek dan makna tangisannya

Eh, eh kenapa nangis Yang? Kamu sakit? Marah? Ada yang ketinggalan?

Saat menanggapi cewek menangis, cowok seringnya dibuat serba salah. Mau menanyakan penyebabnya, takutnya cewek malah semakin meledak. Kalau didiamkan, nanti dikira nggak perhatian sama pacar. Bagimu memahami makna cewek menangis sulitnya ngalah-ngalahin memahami alogaritma mesin pencari Google. Makanya kamu sering pusing dan geregetan sendiri tiap cewekmu menangis, sementara dirimu nggak tahu apa makna di balik tangisannya.

Advertisement

Nih buat kamu yang sering menghadapi situasi genting ini, Hipwee ada beberapa hal yang perlu kamu pahami. Biar kamu dianggap peka dan tahu apa yang perlu dilakukan menghadapi tangisannya.

1. Cewek yang air matanya keluar begitu saja berarti hatinya sedang tersentuh. Entah dengan hal-hal yang membahagiakan atau yang bikin trenyuh

Ada sesuatu yang bikin hatinya tersentuh via unsplash.com

Saat kalian lagi jalan berdua, tiba-tiba cewekmu meneteskan air mata saat melihat ke suatu tempat. Kamu jangan buru-buru panik melihatnya menangis seperti itu. Sebab bukannya ada yang menyakiti hatinya, tapi ada sesuatu yang membuatnya terlalu bahagia sampai menangis atau yang buat hatinya trenyuh sekali. Coba kamu lihat sekeliling dulu. Siapa tahu dia merasa tersentuh dengan keberadaan pengemis tua atau anak-anak jalanan.

2. Cewek yang nangisnya sesenggukan berarti ada sesuatu yang menyesakkan perasaannya. Ingin bercerita tapi belum menemukan momen yang pas saja

Nangis sesenggukan via www.giphy.com

Saat cewekmu menangis dengan sesenggukan, kamu biasanya langsung bingung sendiri. Wajar sih, mengingat tangisnya sampai buatnya seperti kesulitan untuk bernafas seperti itu. Dari tangis cewek yang sesenggukan ini sebenarnya ada sesuatu yang menyesakkan di dada. Entah itu masalah keluarga, pekerjaan atau masalah lain yang buat pikiran dan tenaganya tersita. Dia bukannya tak mau berbagi masalah denganmu. Hanya saja dia belum menemukan momen yang pas untuk bercerita.

3. Kalau cewek menangis sambil ngomel tanpa jeda, tanda dia ingin kamu beri perhatian lebih lama

Nangis sambil mengomel via www.buzzfed.com

Advertisement

Kamu tuh ya…hiks…hiks…nggak pernah ngertiin aku. Aku kan nggak minta macam-macam. Cukup balas Whatsappku aja…hiks…hiks…Coba kalau kamu aku gituin….apa kamu nggak khawatir…hiks…hiks

Selama menjalani hubungan, pernah suatu kali dia menangis tersedu-sedu. Di sela-sela tangisannya, dia justru mengomel tanpa jeda. Seringnya kamu nggak menangkap apa yang dia katakan karena bercampur dengan isakan tangisnya. Sebelum bingung harus berbuat apa, cewekmu ini sebenarnya ingin perhatian yang lebih darimu saja. Coba kamu tunggu sampai tangisnya reda, lalu rengkuh dia dalam pelukan. Tangis yang tersedu-sedu itu akan hilang perlahan.

4. Jika cewek menangis tapi nggak mau kamu dekati, berarti ada sesuatu yang salah dari dirimu. Hayo, diingat-ingat dulu

Jangan deket-deket! via unsplash.com

Tangisan cewek yang satu ini berbeda lagi. Saat di tengah tangisannya dia justru menghindari dan nggak mau kamu dekati, berarti ada sesuatu yang salah darimu. Entah sikap, ucapan, ataupun hal-hal lain yang menyinggung perasaannya. Kalau sudah seperti ini, coba diingat-ingat dulu apakah sebelumnya kamu pernah melakukan kesalahan padanya. Namun jika kamu belum ngeh juga apa yang salah darimu, lebih baik minta maaf aja.

5. Cewek yang malah menangis saat kalian baru bertemu, tanda dia hanya rindu pelukanmu. Sesederhana itu

Dia hanya terlalu rindu via www.giphy.com

Buat kamu dan dia tengah menjalani LDR-an. Lalu tiba saatnya kalian berdua untuk ketemu. Saat kedua mata kalian bertemu, dia bukannya tersenyum bahagia. Dia justru menangis bahkan sampai tersedu adanya. Melihatnya menangis kamu jangan malah bingung sendiri. Pahamilah bahwa sebenarnya dia sudah berada di puncak rindu. Air matanya itu tanda ekspresi bahagianya karena bisa menuntaskan rindu dengan bertemu denganmu.

6. Jika cewek menangis tapi berusaha terlihat baik-baik saja, itu pertanda ada salah satu mimpi yang gagal diwujudkannya

Menangis tapi pura-pura tegar via unsplash.com

Aku nggak apa-apa. Tadi cuma kelilipan aja~

Itulah alasan yang paling sering cewekmu gunakan saat kamu bertanya ada apa. Padahal kamu bisa melihat dengan jelas bahwa matanya sendu dan sembab. Kalau cewekmu menangis seperti ini, berarti ada satu dari usaha yang dia lakukan gagal. Atau ada sesuatu yang buatnya kecewa dan tak mau melanjutkan perjuangannya kembali. Sikap yang perlu kamu lakukan bisa beragam. Seperti menepuk pundaknnya untuk bantu bangkitkan semangatmu atau menyediakan bahumu untuk tempatnya bersandar.

7. Ini yang lucu, kalau cewek tiba-tiba menangis tapi masih bersikap biasa saja. Itu tanda dia hanya kebanyakan nonton drama korea

Kebanyakan drama korea via zalrb.tumblr.com

Satu lagi cara menangis cewek yang sering buatmu gagal paham. Dia kerap menangis secara tiba-tiba. Padahal sebelumnya dia terlihat baik-baik saja. Sampai setelah menangis pun dia masih terlihat baik-baik saja. Tenang, cewekmu masih normal. Hanya saja dia mungkin terlalu banyak menonton drama korea. Dia mungkin tiba-tiba mengingat salah satu adegan drama yang paling sedih. Seperti momen saat Ji Euntak mati dan tak bisa bersama dengan Goblin yang menyayat hati.

Cewek yang menangis itu sama sekali nggak berlebihan. Karena sejatinya cewek itu punya sisi sensitif dan melankolis yang lebih besar daripada cowok. Jadi sebelum kamu bingung harus melakukan apa, lihat lebih dalam lagi bagaimana cara menangis cewekmu ini. Dari sana kamu akan tahu, sikap dan hal apa yang bisa dilakukan agar tangis cewekmu mereda. Selamat mencoba ya! Sudah saatnya kamu paham makna tangisan. Jangan jadi tukang puk-puk doang~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya