6 Red Flag alias Tanda Bahaya dalam Hubungan Cinta. Kalau Pacarmu Menunjukkan ini, Berhati-hatilah

Red flag tanda bahaya hubungan

Bingung kenapa hubungan percintaanmu bisa gagal? Coba deh bersikap lebih peka. Kadang-kadang, penyebab gagalnya hubungan sudah bisa dilihat sejak awal. Itulah yang disebut red flag (bendera merah), alias tanda bahaya dalam hubungan percintaan. Terkadang tanda ini muncul samar-samar sehingga nggak disadari. Apalagi kalau kita lagi dibutakan cinta, seolah sang pacar jadi manusia sempurna yang nggak ada kurangnya. Padahal mungkin dia mempunyai kekurangan yang berpotensi merusak hubungan kalian.

Advertisement

Karena itulah, penting banget untuk menyadari keberadaan red flag. Jadi kita bisa lebih waspada dan berhati-hati dalam membangun hubungan cinta. Sebab kalau nggak, bisa-bisa kita yang jadi korban. Yuk, simak dulu deretan red flag yang perlu diwaspadai ini~

1. Sedikit rasa cemburu memang bisa menyegarkan hubungan. Tapi kalau dia terlalu sering cemburu sampai jadi posesif, berhati-hatilah…

Sampai ngintip isi HP-nya via www.nbcnews.com

Salah satu hal mendasar dari hubungan adalah kepercayaan. Namun sayangnya, ada orang-orang yang mempunyai kecurigaan berlebih, padahal sebetulnya kondisi yang dihadapi biasa saja. Bagaimana kalau pacarmu seperti ini? Coba beri pengertian padanya kalau kamu selalu setia. Tunjukkan pula melalui sikapmu. Kalau dia tetap cemburu buta sampai posesif, berhati-hatilah. Bisa jadi kamu bakal nggak nyaman terus. Bukan mustahil kalian bakal putus karena ini.

2. Pasanganmu suka genit dengan cewek-cewek lain, padahal dia sudah menjadi milikmu? Bahaya nih, bisa-bisa keterusan sampai terjadi perselingkuhan~

Lirik sana, lirik sini via didyouknowfacts.com

Di poin sebelumnya, disebutkan kalau saling percaya itu penting. Namun bagaimana kalau pacarmu nggak berusaha menjaga kepercayaan itu dan malah menggoda cewek lain? Malahan dia berani menggoda cewek lain di depanmu, dengan alasan cuma bercanda. Waduh, waspada ya. Sebab biasanya, orang yang serius berkomitmen nggak bakal menduakan pasangannya dengan cara apa pun. Kalau cowokmu masih genit pada cewek-cewek lain padahal udah pacaran denganmu, barangkali dia belum siap berkomitmen.

Advertisement

3. Ada orang yang mengatasnamakan cinta untuk mengontrol hidup pasangannya. Padahal sebagai orang dewasa, tentu kamu berhak menentukan jalanmu sendiri

Diatur-atur terus! via www.crosswalk.com

Senang deh rasanya kalau pacar memberi saran dan arahan tentang hidup kita. Tapi jangan sampai berlebihan ya, contohnya kalau dia melarangmu meraih mimpi. Bisa juga dengan sengaja menjauhkan kamu dari orang-orang yang berharga bagimu. Itu keterlaluan! Ingat, hidupmu adalah hidupmu. Si dia nggak berhak mengontrol dirimu walaupun kalian pacaran. Kalau dia nggak bisa mengubah sifat ini, siap-siap saja ucapkan selamat tinggal. Daripada kamu yang jadi korban…

4. Sebaiknya waspada kalau dia terlalu sering pinjam uang darimu. Jangan-jangan, dia memacarimu hanya karena ingin dibayari ini itu

Lagi-lagi minta duit via www.theladders.com

Bergantian membayar saat kencan adalah hal yang wajar. Namun gimana kalau dia terus-terusan minta dibayari, bahkan sering pinjam uang darimu? Waduh, berhati-hatilah. Sekalipun sedang kesulitan finansial, seharusnya dia bicara jujur dan berusaha nggak merepotkanmu. Apalagi kalau sudah dewasa, dia bertanggung jawab untuk bekerja demi memenuhi kebutuhannya sendiri. Kalau dia nggak mau melakukannya dan tetap menjadi “benalu” bagimu, lebih baik akhiri hubungan deh. Baru pacaran saja seperti ini, apalagi kalau sudah menikah…

5. Orangtua dan sahabat nggak menyukai sifat pasanganmu? Dengarkan penilaian mereka. Sebab biasanya, orang-orang terdekatmu tahu mana yang baik dan buruk untukmu

Coba deh ajak ketemu teman-temanmu via ocalarealtyexperts.com

Saat pacaran, biasanya kita ingin mengenalkan kekasih pada orang-orang terdekat. Namun bagaimana kalau keluarga dan sahabat kita nggak menyukai sang kekasih? Lebih baik tanyakan langsung alasannya. Mungkin rasa nggak suka itu timbul hanya karena salah paham. Namun, kalau ternyata ada alasan yang masuk akal, coba dengarkan penilaian mereka. Siapa tahu mereka bisa menilai pacarmu dengan lebih baik, sebab nggak terbutakan oleh cinta seperti dirimu. Hehe…

6. Waspadalah kalau pacarmu melakukan kekerasan fisik maupun psikis saat kalian bertengkar. Ini merupakan red flag yang sangat jelas dan nggak bisa dimaklumi dengan alasan apa pun

Lindungi dirimu via www.hesterlawgroup.com

Katanya, sifat asli seseorang bisa terlihat kalau dia sedang marah besar. Bagiamana dengan pasanganmu? Kalau biasanya dia baik dan ramah, tapi suka “main tangan” saat bertengkar …  sebaiknya tinggalkan saja. Kekerasan fisik dalam hubungan nggak bisa dimaklumi dengan alasan apa pun. Selain kekerasan fisik, kekerasan psikis juga patut diwaspadai. Bila dia sering menghinamu, memberi sebutan-sebutan buruk, dan melakukan hal-hal yang membuat psikismu down, segera tingggalkan. Lagipula, orang seperti itu biasanya sulit diubah. Baru pacaran saja seperti ini, apalagi kalau sudah menikah … bisa-bisa terjadi KDRT. Jangan sampai kamu jadi korbannya!

Itulah sederet red flag alias tanda bahaya dalam hubungan percintaan. Kalau peka, kamu bisa melihatnya di awal hubungan. Jadi kamu bisa segera mengakhiri hubungan sebelum terjadi hal yang nggak diinginkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE