Ada perasaan dilema saat melihat teman diwisuda. Di satu sisi kamu bahagia, di sisi lain kamu merasakan sedih. Apa sebab? Nggak lain karena perasaan menyesal gagal menyelesaikan kuliah bareng. Kamu yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan skripsi agar bisa melunaskan tekad lulus bareng yang sudah kalian wacanakan sejak lama.

Memang rasanya sedih sekaligus iri melihat sahabat dekat lulus duluan. Artinya sebentar lagi dia akan meninggalkan perantauan. Sedih nggak sih berjuang sendirian? Nah untukmu yang sedang merasakannya, jangan khawatir ada beberapa hal yang bisa menenangkan jiwamu yang gagal wisuda bareng teman seperjuangan.

1. Kamu yang nggak bisa lulus bareng teman sekarang, bukan berarti lebih bodoh dari mereka. Kamu hanya kurang beruntung saja

Nggak lebih bodoh via www.unsplash.com

Advertisement

Bukan karena kamu yang bodoh atau temanmu yang kelewat pintar, kamu hanya kurang beruntung saja nggak bisa lulus bareng. Kamu dan temanmu menghadapi dua problem yang berbeda. Skripsinya bisa mudah mungkin karena penelitian lebih mudah atau dosennya lebih asyik dibandingkan dengn kamu. Jadi dulu lulus darimu nggak berarti lebih pintar. Jangan patah arang, teruslah berusaha. Giliranmu berikutnya.

2. Lagipula toh kamu bisa memanfaatkan waktu di kampus untuk mempelajari banyak hal lagi. Khususnya dalam usahamu menyelesaikan penelitian dan skripsi

Kehidupan kampus via www.pexels.com

Salah satu hikmah di balik tertundanya kelulusanmu adalah kamu masih bisa belajar di kampus. Jangan menyepelekan kehidupan kampus, banyak para pekerja yang meridukannya. Dunia kampus sarat akan iklim belajar. Mereka yang sudah bekerja pasti merasakan betapa mereka nggak punya waktu lagi untuk membaca buku, berdiskusi dengan teman, berbincang dengan dosen dan lain-lain. Waktu mereka habis untuk bekerja di kantor.

3. Kalau keterlambatanmu karena sibuk merintis karir, mengapa mesti iri? Justru kamu sedikit beruntung, meski telat lulus tapi sudah punya pengalaman kerja dan penghasilan sendiri

Nggak bingung mikir via www.pexels.com

Kamu yang lulus lama umumnya aktif di kegiatan lain selain kuliah, entah itu kerja atau berkarya. Sejatinya tertundanya kelulusanmu ini nggak berarti apa-apa saat kamu memiliki sesuatu positif yang sedang dikerjakan. Semisal kamu sedang merintis bisnis, ketidaklulusanmu nggak akan berarti apa-apa lagi di sini saat bisnismu lancar. Saat mereka yang lulus sibuk mencari kerja, kamu sudah mendapatkannya jauh sebelum lulus. Ini bekal yang penting untuk masa depanmu.

4. Kamu juga masih bisa menikmati kiriman orangtua yang bisa ditabung untuk modal bisnis di masa depan

Nabung via www.pexels.com

Advertisement

Sebenarnya ada hal lain bakal dirindukan mereka yang sudah lulus dari kehidupan perkuliahan. Nggak lain adalah kiriman uang bulanan. Sekali waktu mereka pasti menyesalkan kenyataan bahwa mereka nggak kunjung dapat kerja sehingga mereka kesulitan memenuhi kehidupan sehari-hari. Di sinilah satu lagi keberuntunganmu, mumpun masih mendapat kiriman bulan kamu mestinya bijak mengelolanya sebelum kamu lulus nanti. Menabunglah sedari sekarang, sebab kamu akan membutuhkannya di masa depan, entah untuk modal bisnis atau menikah.

5. Kamu nggak sendirian, masih ada teman-teman seangkatanmu yang belum lulus. Bersyukur saja, semua akan indah pada waktunya

Masih ada teman-temanmu via www.pexels.com

Memang benar kamu bakal kehilangan sahabatmu pulang setelah lulus nanti. Tapi bukankah setiap perantau nantinya akan pulang ke rumah pada waktunya? Kamu justru jahat kalau memberatkannya untuk nggak pulang. Relakan sahabatmu untuk pulang, sebab petualangan hidupnya juga mesti berlanjut.

Kamu nggak perlu takut kesepian, toh masih ada temanmu lain yang belum lulus juga. Justru di sinilah kamu bisa lebih dekat dengan temanmu yang belum lulus itu. Ini momen di mana kamu dan dia saling mengakrabkan diri, sesuatu yang dulu belum pernah dirimu lakukan. Perbanyak teman, itu baik untukmu.

6. Setiap orang punya waktu untuk sukses yang berbeda-beda. Kamu yang nggak bisa lulus sekarang hanya perlu berusaha agar bisa menyusul secepatnya

Sukses udah ada yang mengatur via www.pexels.com

Meski temanmu lulus duluan kamu nggak boleh menyimpan rasa iri. Justru seharusnya terpacu untuk bisa sukses menyusulnya. Keberhasilan orang berbeda-beda. Kadang yang lulus cepat belum tentu meraih kesuksesan yang cepat pula dalam dunia kerja. Sebaliknya, kadang ada yang lulus lama namun cepat meraih karirnya. Bicara sukses jelas bicara takdir, sama halnya dengan jodoh sejauh apapun kamu berusaha, kalau bukan waktunya nggak akan tercapai. Kamu hanya perlu konsisten dalam berusaha untuk menjemput kesuksesanmu.

Untukmu yang gagal wisuda bareng teman, jangan berkecil hati. Sebab sukses nggak memandang siapa yang lulus duluan atau yang belakangan. Teruslah berusaha, susul temanmu secepatnya. Buatlah janji dengannya lagi untuk bertemu kembali di masa depan saat kalian sama-sama sudah sukses.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya