Kehilangan cinta jelas tak ada seorang pun yang menginginkannya. Sebab rasa sakit dan sedih yang harus ditanggung bukan main hebatnya. Tapi bicara soal cinta laiknya hidup, penuh ketidakpastian. Sekeras mungkin kamu berusaha mempertahankan cintanya, tapi kalau takdir sudah menghendaki untuk berpisah dirimu jelas tak bisa berbuat apa-apa.

Meskipun begitu sejatinya kamu tak perlu takut kehilangan cintamu dengan berlebihan. Sebab perasaan takut ini apabila terlalu lama dipendam justru akan mengendalikan perasaanmu. Perasaan inilah yang nantinya membuatmu sibuk membayangkan hal-hal buruk terjadi dalam hubunganmu dengan dia, termasuk kemungkinan ditinggalkan dan kehilangan cinta. Untuk mengatasinya kamu perlu resapi beberapa hal ini dengan dewasa, agar rasa takut hilang.

1. Saat ada yang tak beres dalam hubungan, lekas dibicarakan dengan pasangan. Sebab kamu ataupun dia bukan cenayang yang bisa menebak isi kepala seseorang

Komunikasi via www.unsplash.com

Advertisement

Kunci hubungan yang baik sudah pasti jalinan komunikasi yang baik, sebab itu yang mencegah kesalahpahaman. Maka hendaknya ketika ada sesuatu yang tak beres, segera bicarakan dengan pasanganmu, tanyakan kenapa? Jangan main asal tebak, sebab kamu bukan cenayang, dukun atau sejenisnya yang bisa mengetahui isi kepala pasangan. Berusaha mereka-reka apa yang terjadi hanya membuat rasa takutmu semakin parah. Begitu juga dia yang mungkin kurang peka dengan apa yang kamu risaukan.

2. Jarang mengajakmu berkencan bukan berarti cintanya sudah hilang, boleh jadi dia memang sedang sibuk atau ada di fase bosan

Fase bosan via www.unsplash.com

Lika-liku hubungan penuh kejutan. Dia yang tadinya selalu menelponmu menjelang tidur, mengucapkan selamat pagi, mengajakmu berkencan di malam minggu dan lain-lain, bisa saja berubah tiba-tiba. Kebiasaan yang dulu dilakukan lambat laun berkurang. Tapi tenang, jangan buru-buru menyimpulkan cintanya sudah hilang. Sebab seiring bertambah usia hubunganmu, fase bosan seperti ini pasti akan dialami pasangan mana pun.

3. Berhenti terlalu berharap punya hubungan sempurna yang selalu baik-baik saja, sebab hubungan yang sehat pasti ada lika-likunya

Tak ada yang sempurna via www.unsplash.com

Setiap orang pasti menginginkan hubungan yang membahagiakan. Kamu juga tentunya berharap punya pasangan yang sesuai dengan keinginanmu. Tapi kadang keinginan dan harapan itu membuat kita lupa bahwa bagaimana pun tak ada cinta yang sempurna.

Advertisement

Hubungan yang sempurna adalah ketika kamu dan pasanganmu mau sama-sama berusaha saling memahami, mau diajak kompromi, dan selalu mengingatkan jika ada yang salah. Tanpa adanya bayangan tentang kesempurnaan, kamu dan dia justru akan fokus untuk berusaha menjadi pasangan yang lebih baik setiap harinya.

4. Tak perlu berlebihan pula dalam mencintai, agar rasa takut kehilangan tak tumbuh subur dan membuatmu resah berhari-hari

Cintai diri sendiri juga, dong via www.unsplash.com

Sulit untuk memisahkan perihal cinta atau hubungan dari kehidupan manusia. Termasuk bagimu yang begitu mencintai pasanganmu. Yang perlu diingat adalah jangan biarkan cintamu kepadanya lebih besar daripada cintamu terhadap diri sendiri. Sebab jika itu terjadi bukan tidak mungkin kamu akan sepenuhnya menggantungkan kebahagiaanmu pada pasangan. Terang itu salah.

Kamu mesti punya kepribadian untuk menentukan sendiri apa yang membuat dirimu bahagia. Lawan rasa takutmu. Kamu berharga dan layak dicintai. Sekalipun mungkin akan merasakan patah hati, kelak kamu pasti bisa bangkit dan mendapat cinta yang baru lagi.

5. Jika tak ingin benar-benar kehilangan dia, singkirkan semua pikiran buruk yang ada dalam kepala dan dimulai dengan mengubah sikapmu

Berbenah via www.unsplash.com

Hubungan cinta yang penuh kecurigaaan dan kecemasan berlebihan akan terasa terlalu melelahkan untuk dijalani. Pasalnya, pertengkaran dan perselisihan pasti jadi lebih sering terjadi sebab kamu terlalu fokus pada hal-hal negatif. Jadi, bukankah lebih baik mulai belajar mengubah pola pikirmu segera? Daripada sibuk berpikir yang tidak-tidak, alahkah lebih baik jika kamu memperbaiki diri, berbenah. Logikanya begini jika sikap dan perilaku bertambah baik di mata pasanganmu, mana mungkin ia berani meninggalkanmu.

6. Sebab rasa takut kehilangan yang berlebihan akan menjelma teror yang bisa membuat hubungan kalian berantakan

Simalakama via www.unsplash.com

Terlalu mencintai seseorang sejalan dengan bertambah besarnya rasa takut akan kehilangan dalam dadamu. Hidupmu akan selalu dilanda ketakutan dan kecemasan yang pikiranmu buat sendiri. Daripada sibuk membayangkan kemungkinan kehilangan, lebih baik berbenah diri demi dia dan hubunganmu yang sekarang?

Bukankan punya pasangan dan menjalani hubungan cinta seharusnya terasa menyenangkan? Kamu sebenarnya hanya perlu bersyukur karena sampai saat ini ia masih berada di sisimu. Yaps, itulah beberapa hal yang wajib kamu resapi dalam sukma untuk menghilangkan rasa takut kehilangan yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya