Sekuat apapun kamu berusaha mengelak, yang namanya masalah dalam hubungan akan selalu datang. Bagaimana tidak. Penyatuan dua pikiran dari dua makhluk yang berbeda sudut pandang cepat atau lambat jelas akan menimbulkan gesekan. Mulai dari masalah sepele yang diawali dengan salah paham, hingga masalah yang mengancam ikatan kalian yang mungkin dikarenakan mulai goyahnya komitmen bersama.

Bukan bermaksud untuk menggurui, namun sebenarnya ada solusi yang sederhana untuk setiap masalah yang kalian hadapi. Karena yang bermain dalam hubungan kalian itu sama-sama manusia yang punya pikiran dan hati, solusinya jelas dengan duduk di satu meja dan mulai berbicara. Jangan malah memendam dalam-dalam sumber masalahmu. Semakin kamu simpan, ia akan semakin menggerogoti pondasi hubungan kalian.

Jangan takut mengungkapkan apa yang jadi masalahmu. Justru kalau kamu memilih untuk memendamnya, pasanganmu tak akan pernah tau

Jangan dipendam di belakangnya via www.huffingtonpost.com

Kamu pasti punya satu atau dua hal yang tak kamu suka dari pasanganmu. Entah cara dia bergaul dengan teman-temannya, sifat malasnya hingga cara dia menempatkanmu sebagai prioritas nomor dua. Apapun itu, pasti ada satu dua hal hal yang mengganggu pikiranmu dari hubungan kalian. Wajar memang. Namanya juga dua hati dan dua pikiran yang berbeda.

Sekecil apapun hal yang ada dalam batinmu, jangan dipendam

Advertisement

Cobalah untuk mengutarakan apa yang mengganggumu kepada pasanganmu. Dengan begitu dia akan tau dan mengambil inisiatif tindakan dari situ. Kalau dia akan mengambil inisiatif untuk mengubah sikapnya jadi lebih baik kan kamu sendiri yang bahagia nanti. Daripada diam dan memendamnya saja. Bagaimana mungkin dia bisa tau?

Membicarakan masalah dengan pasangan menunjukkan bahwa kamu mempercayai pasanganmu. Dia akan lebih terbuka mendengarkan apa yang jadi keluh kesahmu

bisa berarti percaya pada pasangan via favim.com

Ada orang yang merasa takut untuk mengungkapkan isi pikirannya kepada pasangan dengan alasan takut menyinggungnya. Dengan alasan itu kamu pun menolak memberitahu apa yang ada dalam pikiranmu dan memilih untuk menyimpannya dalam hati. Padahal, sejatinya dengan membicarakan apa yang jadi masalahmu dengan pasangan, dia akan merasa dihargai.

Saat kamu mau terbuka dengan pasanganmu, dia akan merasa mendapat kepercayaanmu. Perasaan dihargai bisa muncul dari situ. Saat pasanganmu merasa dihargai, apapun uneg-uneg yang kamu utarakan padanya akan diterima dengan pikiran terbuka. Dia tak akan langsung marah atau membiarkanmu begitu saja, namun berpikir keras untuk mengambil jalan terbaik agar hubungan kalian selalu terjaga.

Solusi masalah dalam hubunganmu tak akan pernah datang dengan berpikir sendirian. Membagi apa yang jadi masalahmu dengan pasangan akan membantu hubungan kalian

Kamu tak sendiri dalam hubungan ini via www.theodysseyonline.com

Karena masalahmu ini adalah masalah dalam hubungan, mencoba untuk memikirkan solusinya sendirian tak akan membuat masalahmu cepat selesai. Alih-alih cepat selesai, yang ada justru masalahmu semakin menumpuk dan semakin membuatmu pusing sendiri. Daripada memendamnya sendiri, bukankah lebih baik kalau kamu membaginya dengan pasanganmu.

Kamu tak menjalani hubungan ini sendirian. Membagi masalahmu dengan pasangan adalah pilihan paling tepat

Karena masalah ini adalah masalah dalam hubungan, jelas dia juga berhak untuk tau apa saja yang jadi uneg-unegmu. Saat kamu mau berbagi ceritamu, sebagai pasangan yang baik dia juga akan membantu mencari penyelesaiannya. Apapun keputusan yang menjadi solusinya nanti, dia pasti juga akan memikirkan soal apa yang terbaik agar hubungan kalian tetap bisa lanjut sampai nanti.

Dengan berani mengungkap masalah dengan pasangan, kalian akan belajar saling memahami. Masalah yang datang nanti akan lebih mudah teratasi

bisa saling memahami via id.pinterest.com

Kalau kamu membaca berbagai artikel soal hubungan, kamu akan menemukan banyak dari mereka yang membahas soal pentingnya komunikasi agar hubungan kalian berjalan dengan baik. Alasannya sederhana. Karena dengan berkomunikasi, kalian akan bisa saling mengerti apa keinginan satu sama lain. Dengan komunikasi yang lancar, tak akan ada salah paham antara kalian yang menyebabkan munculnya masalah.

“Tak perlu ragu untuk membagi ceritamu. Dia akan lebih memahamimu setelah tau apa saja uneg-unegmu”

Membagi cerita dan masalahmu dengannya akan membuka sudut pandang baru bagi pasanganmu. Yang sebelumnya dia tak tau soal isi pikiranmu, sekarang dia jadi tau. Kala kamu dan pasanganmu mau saling berbagi uneg-uneg bersama, kalian saling belajar untuk saling memahami dan hubungan kalian pasti bakal jauh lebih awet lagi.


Memang sih butuh waktu untuk bisa terbuka sepenuhnya dengan pasanganmu. Namun tetap saja kamu tak boleh memendam perasaan yang tak enak dalam pikiranmu terlalu lama. Semakin lama kamu memendam apa yang mengganjal hatimu dari pasanganmu, masalah bisa semakin menggunung. Ketika suatu saat kamu berada pada titik jenuh emosi setelah sekian lama memendam keluh sendiri, amarahmu akan semakin menjadi. Alih-alih mempertahankan hubungan, yang ada justru hubunganmu tak akan tertolong lagi karena luapan masalah yang sedari dulu kamu pendam sendiri.