Jatuh cinta itu mudah. Namun untuk mengungkapkannya yang butuh upaya lebih keras. Sebelum perasaan yang kamu rasakan sekarang ini berakhir sia-sia, sebaiknya kamu pastikan beberapa hal ini dulu. Memastikan hal-hal ini juga membantumu untuk tak terlalu sakit nantinya, jika hal yang kamu harapkan tak berjalan sesuai ekspektasi.

Sebelum yakin sama perasaan sendiri, coba cari kebenarannya soal hal-hal ini…

1. Terburu bilang cinta bisa jadi bencana. Pastikan dulu perasaanmu itu cinta atau hanya sekadar kagum saja

Cinta atau hanya kagum saja? via newscentral.exsees.com

Perasaan yang kamu rasa padanya bisa jadi hanya perasaan semu semata. Perasaan itu bisa hadir tanpa kamu duga, namun hanya didasari oleh rasa kagum saja. Tidak lebih. Memang sih dari rasa kagum bisa juga terbentuk rasa cinta. Namun bukan berarti yang kagum itu sudah pasti cinta ‘kan? Mungkin kamu mengaguminya karena yang kamu tahu darinya adalah hal-hal baik saja. Saat kamu tahu bahwa dia punya sisi negatif yang tak bisa kamu terima, rasa kagum tadi bisa saja sirna.

Kalau memang cinta, baik buruknya tetap akan kamu terima. Daripada tergesa-gesa, lebih baik pastikan dulu perasaanmu yang mana.

2. Setelah yakin soal perasaanmu sendiri, kini waktunya menangkap sinyal darinya. Memang dia juga suka atau kamu cuma kegeeran?

Advertisement

Menebak apakah dia mempunyai perasaan yang sama atau tidak memang bukan persoalan yang mudah. Memang tak banyak yang bisa kamu lakukan. Satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah pintar-pintar menangkap sinyal darinya. Apakah dia tetap memberi perhatian yang sama ketika kamu tak ada di sisinya atau ketika tak ada tujuan tertentu yang ingin dia capai.

Jika jawabannya dia masih memberikan perhatian yang sama, kamu boleh melanjutkan usahamu.

3. Kamu merasa jatuh cinta karena kebaikannya padamu? Mungkin memang dia adalah orang yang ringan tangan kepada siapa saja~

Kebaikan seseorang memang paling bisa membuat orang lain jatuh cinta. Bahwa ketika sudah lama bersama, definisi baik selalu jadi alasan kenapa pasangan bisa bertahan lama.

Aku nyaman sama dia. Karena dia BAIK.

Tapi kebaikan juga seringkali bisa menjebak, ketika ia disalahartikan. Kebaikan yang ia berikan tak selalu berarti dia menaruh hati padamu. Cari tahu lebih banyak dulu. Apakah dia membantu karena ada perasaan yang sama atau memang karena dia suka menolong orang?

4. Pastikan dia bersedia berjuang berdua, bukan hanya kamu yang berusaha..

Pastikan dia mau berjuang berdua via www.yourtango.com

Untuk mempertahankan hubungan agar tetap memiliki pondasi yang kuat, perlu usaha berdua. Jika hanya kamu yang berusaha, artinya dia tak menginginkan hubungan ini ke level selanjutnya. Jadi yakinkan dulu hatimu bahwa kamu tidak sedang menderita, memperjuangkan perasaan sendirian.

Kamu telah berupaya menjadi yang terbaik baginya, akan sia-sia jika dia hanya seenaknya saja. Jika ingin hubungan ini naik level, kamu dan dia harus beriringan menuju kebaikan berdua.

Jadi sudah menemukan kebaikan yang sekarang sedang kamu upayakan?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me