Rasa kurang percaya membuat seseorang menjadi mudah menaruh curiga terhadap pasangannya. Tentu nggak nyaman memiliki kekasih yang semacam ini, sedikit-dikit menelepon, kepo terhadap isi gawai, dan yang paling parahnya lagi terkadang ia melarang-larang kamu berbuat sesuatu.

Selain kurang percaya, sikap curigaan pacarmu ini juga bisa disebabkan karena ia buta dalam mencintaimu. Ia terlalu bergantung kepadamu dan takut kehilangan sosokmu dari hidupnya. Nah daripada dibiarkan lama semakin tambah ribet, kali ini Hipwee punya cara ampuh untuk menyikapinya.

1. Jangan batasi dia dengan pergaulanmu. Semakin dia mengenal duniamu, maka ia akan semakin mengerti bagaimana hubunganmu dengan orang lain

Kenalkan dengan teman-temanmu via www.unsplash.com

Advertisement

Punya pacar curigaan memang bikin nggak nyaman, tapi alaih-alih marah atau malas dengannya, kamu harus bisa menyikapinya dengan bijak. Salah satu caranya dengan mengenalkan ia ke teman-teman terdekatmu, ajak dia nongkrong bareng. Semakin dia mengenal duniamu harapannya ia akan semakin mengerti cara kamu menjalin hubungan duniamu dan sikapmu dengan orang lain.

2. Jangan pernah membalas kecurigaan. Sebaliknya tunjukkan rasa percayamu kepadanya, pelan-pelan ia akan balik percaya

Balas dia dengan rasa percaya via www.unsplash.com

Jangan sekali-kali menyikapi pacar yang suka curigaan dengan balik mencurigainya, karena itu bisa memperkeruh suasana. Perlakukan pasanganmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Tunjukkan rasa percayamu kepadanya dengan wajar menanyakan kabarnya, nggak repot menelpon, membebaskan dia dengan temannya, dan lain sebagainya. Tunjukkan rasa percayamu terhadap dia dengan harapan hal ini bisa merangsang kepercayaannya kepadamu.

3. Selalu jujur dalam berkomunikasi dengan pasangan, termasuk dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dirasa sensitif olehmu

Jaga kejujuran via www.pexels.com

Selalu berkata jujur dan mau menjawab semua pertanyaan pacar yang mencurigaimu jadi salah satu cara untuk mengubah sikapnya kepadamu. Buktikan kepadanya bahwa kamu nggak ada niatan melakukan hal yang macam-macam di luar sana. Selain itu, dengan menjaga kejujuran kamu juga membuktikan bahwa kamu benar cinta kepadanya, nggak ada yang berusaha kamu tutupi dari dirinya. Semoga matanya terbuka dan kecurigaannya kepadamu berkurang.

4. Jangan menunda-nunda untuk membicarakan kesalahpahaman sedang terjadi, biar tak memperkeruh situasi

Selesaikan masalah secepatnya via www.unsplash.com

Advertisement

Pacarmu yang curigaan biasanya suka ngambek hanya gara-gara masalah sepele. Maklum, mungkin karena pikirannya telalu dipenuhi kekhawatiran. Maka dari itu saat ia kumat, sebaiknya kamu langsung tanggap menyelesaikan masalah dengannya. Tanyakan apa keluhannya, jelaskan kejadian yang sebenarnya. Jangan pernah menyepelekan hal kecil, jangan pula suka menunda-nunda. Masalah sepele bisa jadi besar saat kamu kurang tanggap dalam menyikapi pasanganmu yang curigaan itu.

5. Jangan putus memberikannya perhatian, karena kadang dia ngambek hanya tak ingin dicueki kekasihnya

Jangan putus perhatian via www.unsplash.com

Dia yang menaruh curiga kepadamu boleh jadi karena kamu kurang memperhatikannya. Coba deh ingat, kapan terakhir kali kamu quality time berdua ke tempat yang kalian berdua suka? Kamu yang terlalu sibuk mungkin membuat dia cemburu, karena dirimu lebih sering memperhatikan pekerjaan dibanding dia.

6. Sering-seringlah bertukar cerita tentang satu sama lain agar kamu dan dia kian hari kian mengenal satu sama lain

Bertukar cerita via www.unsplash.com

Yang terakhir, untuk menyiasati kesibukanmu dan kecurigaan dia kepadamu maka kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Di sela keibukanmu yang padat itu, sediakan waktu khusus berdua untuk bertukar cerita. Menelpon malam hari sebelum dia tidur misalnya. Manfaatkanlah waktu singkat itu bercerita tentang apa yang kamu lakukan seharian. Dan jangan lupa pula untuk mendengarkan keluh kesahnya menjalani harinya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menyikapi pasanganmu yang curigaan. Memang sih melakukannya nggak semudah mengedipkan kelopak mata, tapi mau nggak mau itu mesti kamu lakukan secepatnya sebelum hubunganmu makin nggak nyaman. Siapa tahu dengan rutin melakukannya sifat pacarmu bisa berubah secara perlahan-lahan. Siapa tahu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya