Ada banyak tanda jika kita sudah tulus jatuh cinta. Salah satunya, saat memberi dia hadiah kecil ada senang yang kita rasa. Mungkin karena itu kita jadi sering memberi kado buat pacar atau pasangan kita.

Entah buku catatan, entah martabak di dekat kost, selalu ada yang kita bungkus untuknya sebagai bentuk perhatian.  Tapi sebenarnya, memberi perhatian nggak harus lewat kado dan barang-barang, bukan?

Ada juga kok hal-hal yang bisa kita berikan padanya, yang gak kalah berharga dibanding benda-benda. Bahkan sebenarnya, kado apapun percuma kalau hal-hal ini tak kamu beri juga…

1. Saat dia coba melucu, hargai usahanya. Kalau joke nya gagal, toh kamu bisa menertawakan dia :p

Tertawa aja lah, nggak apa-apa 🙂 via tumblr.com

Kadang dia mencoba melucu. Entah karena melihat wajahmu suntuk, entah karena dia baru dengar joke baru dari teman yang menurutnya kocak banget. Sayangnya  dia nggak punya bakat alami jadi stand up comedian dan usahanya gagal. Tapi walau begini, kamu bisa tetap bermurah hati lho. Cobalah untuk tetap tertawa. Kalau joke-nya gak lucu, bukankah kamu juga bisa tetap menertawakan usahanya? ;p

“Lho. Kalo gak lucu, kok kamu ketawa?”

“Soalnya ekspresimu lucu banget — lebih lucu dari joke-nya malah…”

2. Dia pasti punya hobi dan selera yang tak kamu mengerti. Biarkan ia menyukai apa yang ia sukai

Biarkan dia suka apa yang kamu suka via app.deathtothestockphoto.com

“Kok kamu bisa sih suka sama band kayak gitu? Udah dandannya aneh, teriak-teriak sama lompat-lompat gitu di panggung…”

Walau berpasangan, kamu dan dia tetap dua orang yang berbeda. Dia bisa suka hal-hal yang nggak kamu mengerti, dan sebaliknya, kamu menyukai hal-hal yang bahkan dia gak tahu ada. Dan ini nggak apa-apa!

Saat dia menyukai sesuatu yang aneh buat kamu, jangan bertanya “Ih, kok bisa sih suka sama itu?” Nggak ada orang yang akan senang saat seleranya dipertanyakan, termasuk pacarmu.

Jadi cobalah menghargai hal-hal yang pacarmu sukai. Bahkan walaupun kamu tak mengerti. Tak perlu memaksa diri menyukai hal yang sama juga — tapi saat senyumnya mengembang karena penyanyi favoritnya ngeluarin single baru, kamu bisa ikut senang melihatnya.

3. Jangan hanya tanya tadi dia makan apa. Perhatikan juga sehat-tidak makanannya.

Perhatikan juga makanannya! via huffingtonpost.com

Di umur segini, kamu sudah harus memikirkan sisi kesehatan. Tak hanya kesehatanmu, tapi juga pacarmu. Toh kalian nanti akan hidup bersama, ‘kan? Repot juga kalau kalian sakit-sakitan di masa tua.

Karena itu, memperhatikan makanannya bisa dibilang sebagai salah satu bentuk keseriusan. Kamu cerewet karena ikut memikirkan juga kesehatan dia di masa depan. Hayo, bisa nggak kamu cerita hari ini dia makan sesehat apa?

4. Berikan dia perhatianmu seluruhnya. Jangan bolak-balik menatap layar gadget saat dia sedang bicara.

Tatap dia, bukan gadgetnya

Sebagai pasangan dan calon masa depannya, kamu adalah tempat utama dia dalam bercerita. Karena itu, cobalah beri seluruh perhatianmu saat dia mencoba berbicara. Saat dia mengeluh tentang dosen pembimbingnya, saat dia dengan semangat ingin bergosip tentang kantornya, atau saat dia serius dan ingin meminta pendapatmu tentang mimpi-mimpinya.

Bukannya mau sentimental, tapi ini kenyataan: kamu penting untuknya dan perhatianmu berharga.

Saat ia mencoba mengobrol denganmu, cobalah untuk menatap matanya. Tahan godaan untuk sibuk sendiri memainkan gadget di atas meja. Daripada mengetik dengan jarimu di layar gadget, lebih baik menggenggam tangannya seperti saat awal kalian memutuskan bersama ;pp

Setelah sukses dengan #RomanceHour tanggal 14 Februari kemarin — di mana ribuan couple dari seluruh Asia Tenggara melepas gadget mereka selama 1 jam demi mengobrol nyata dengan pasangan masing-masing — Downy sekarang ingin mengajak kamu meneruskan semangat yang sama.

Satu jam dalam sehari saja, kita bisa kembali sepenuhnya ke dunia nyata, meninggalkan sejenak gadget, media sosial, dan keriuhannya. Menghabiskan waktu yang ada untuk mengobrol secara nyata dengan pasangan kita. Menghargai mereka dengan perhatian kita yang utuh, penuh.

Kita tak selalu harus memberi kado untuk menunjukkan rasa cinta. Dengan 4 hal di atas saja, kamu juga bisa kok membuat dia lebih bahagia 😉