Putus cinta memang menyakitkan, rasanya seperti tak ada duanya. Kadang putus asa, sedih, kecewa, bahkan marah. Sementara atu-satunya jalan untuk keluar dari zona itu hanya dengan melupakannya. Tapi melupakannya pun bukan persoalan yang mudah. Pahitnya lagi, meski hatimu sudah kembali utuh ada saja momen di mana secara nggak sengaja ingat mantan. Kalau sudah begini galaunya bikin ingin balik lagi, niat move on cuma ada di angan-angan.

Tapi kamu harus move on! Nggak boleh terus-terusan diam karena semua beban jika dibiarkan akan menjegal langkah-langkah ke depan. Saat momen-momen itu datang kamu harus bisa menyikapinya dengan bijak, terlalu lama menikmati kenangan malah nggak bisa move on. Rasanya memang sedih ditinggalkan, apalagi dulu kamu sudah terlanjur sayang sekali, tapi mau balikan pun rasanya tak mungkin. Kamu harus move on, dan terus percaya ada yang lebih baik dan pastinya lebih membahagiakanmu

1. Lakukan hal yang bikin kamu sibuk, jangan malah bengong menikmati masa lalu

Asal jangan sok sibuk via unsplash.com

Advertisement

Kamu pasti punya kegiatan yang bisa membuatmu sedikit sibuk. Jadi sewaktu ingat mantan, kamu bisa segera mengerjakan apa yang jadi kegiatan rutin. Karena mengingat mantan terus-terusan pun bisa mengganggu bahkan mempertaruhkan masa depanmu nih. Kamu baiknya larut dalam rutinitas dan kesibukan, bukan malah dengan sengaja mengingat mantan.

2. Langsung ingat-ingat kelakuan buruknya, kalau yang diingat cuma yang indah-indah bisa malah tambah baper

Dia pernah super jahat ke kamu, ingat itu, Jangan balikan deh, kamu yang kasihan via unsplash.com

Kamu pasti punya banyak kenangan dengan mantan, mulai dari yang getir sampai yang bikin kamu naksir. Nah, di balik kenangan manis itu pasti ada keburukannya yang bikin kamu nangis. Ketika kamu ingat mantanmu itu, ingat lah stau hal dia pernah berperilaku buruk kepadamu. Dengan ini kamu sedikit bisa melupakan mamtanmu itu. Lagian kenapa sih ingat-ingat mantanmu, dia itu sudah nyaman dengan yang lain.

3. Daripada terus diingat malah bikin sedih, langsung lakukan hal yang jadi kesenanganmu

Mending jalani hobi ketimbang mengingat mantan via unsplash.com

Mungkin kamu belum punya pekerjaan atau lagi santai tanpa tahu harus melakukan kegiatan apapun, tiba-tiba ingat mantan memang menyebalkan. Jangan takut, kamu hanya perlu melakukan hal yang kamu senangi, kerjakan hobimu dan fokus kepada apa yang kamu lakukan. Kamu pasti bisa sedikit melupakannya, ulangi kegiatan ini setiap kamu mengingat mantanmu.

4. Cari teman curhat, puas-puasin kangennya. Tapi ingat setelah itu langsung lupakan dia lagi ya

Luapkan ke sahabat, siapa tahu sahabatmu memberikan jalan keluar via unsplash.com

Advertisement

Kamu yang sedang ingat mantan tapi nggak tahu harus berbuat apa, baiknya mencari teman untuk mencurahkan kegundahanmu. Kamu yang sedang ingat mantan pasti banyak pikiran di kepalamu, sementara menyimpan sendirian bisa membuatmu bingung nggak karuan. Sahabatmu pasti mau menerima curhatanmu, dan pasti ada jalan keluar di mana bisa melupakannya. Siapa tahu nih kamu dikenalin ke calon pasangan.

5. Daripada ingat-ingat mantan, mending kepoin gebetan yang jelas ada buat dirimu

Gebetan lebih menawan via unsplash.com

Kamu punya banyak sekali alasan kenapa kamu harus melupakan mantan. Pertama dan yang utama kamu sudah tahu kalau mengerjakan hal yang produktif lebih baik daripada mengingat mantan, yang kedua, karena kamu sudah punya gebetan. Saat kamu ingat mantanmu, jangan sampai kamu terbawa, baiknya seketika lupakan dia dan beranjak kepoin gebetan. Siapa tahu kamu dapat satu pemahaman dan menemukan hal yang menarik dari gebetanmu itu.

6. Kalau teringat mantan sangat membebani dirimu, mulai hari ini bersihkan semua hal yang bisa mengingatkanmu tentang sosoknya

Sudah lah dibuang jauh-jauh saja, daripada dingat dan malah beban via unsplash.com

Kamu yang hobi banget simpan foto mantan atau koleksi barang pribadi milik mantan mulai sekarang kurangi itu. Sepertinya barang-barang yang penuh kenangan itu malah bikin kamu seperti sedang menanggung beban. Kenangan kalau disimpan pasti akan selalu terbayang-bayang, kalau kamu sudah niat move on, mulai sekarang kemasi barang pribadinya dan buang jauh-jauh dari sekitarmu.

Kadang kabar gembira memang nggak selalu enak, sering kali kegagalan malah membuatmu jadi lebih baik. Mantan-mantanmu punya jalan dan cita-cita sendiri, masak iya kamu mau terbelenggu kenangan usang itu terus-terusan. Kamu harus berjalan ke depan, lupakan semua yang membebanimu, mantan jangan sampai jadi beban. Kamu punya masa depan yang lebih baik tanpa mantan, kamu punya gebetan yang tampaknya lebih serius menjalani hidup berdua denganmu. Ciptakan kebahagiaan, jangan merasa diri nggak bisa berjalan tanpa mantan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya