Membalas Curhatmu: Kata Psikolog soal Tipe Orang yang Bikin Kamu Jatuh Cinta, Ternyata Ada Logikanya

Tips psikolog soal jatuh cinta

Banyak orang sering bilang kalau cinta itu tampaknya memang tak pakai logika. Tiba-tiba saja, kita bisa ‘jatuh’ dan terhanyut dalam perasaan suka yang begitu mendalam terhadap seseorang. Seseorang yang mungkin tidak disangka, sampai-sampai sering timbul pertanyaan dalam benak sendiri ‘kok bisa ya suka sama dia?’

Advertisement

Nah dalam sesi #MisCur edisi 5 Maret 2020 kemarin, beberapa kawan Hipwee sudah curhat tentang hal-hal yang bisa membuat mereka jatuh cinta pada seseorang. Seperti Miscur edisi sebelumnya, dalam menjawab miscur kali ini juga dibantu oleh Nurul Aini Ongkowidjoyo, S.Psi, M.Psi., salah satu psikolog di Riliv, aplikasi meditasi dan konseling online. Seperti apa sih tipe jodoh yang diinginkan orang dan bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, simak selengkapnya~

1. Orang yang berpikiran terbuka tampak cerdas saat berpendapat. Rasanya mudah untuk tertarik padanya

Tertarik pada pemikirannya via www.hipwee.com

“Biasanya orang yang berpikiran terbuka bisa memahami dan menerima keunikan hidup banyak orang. Salah satunya mungkin adalah kehidupan dan perspektif kita. Wajar kan kalau kita jadi merasa diterima dan cocok?”

Supaya bisa berhubungan baik dengan orang seperti ini, kita juga perlu memiliki pikiran yang terbuka. Sebaiknya jangan terburu-buru menghakimi sesuatu. Pahami dulu masalahnya dengan jelas, baru berpendapat dan mengambil tindakan. Namun bukan berarti kita harus selalu menerima sikapnya, terutama kalau menyangkut kesetiaan. Boleh-boleh saja menolak atau pergi kalau kita merasa tak cocok dengan prinsip percintaannya.

Advertisement

2. Sifat humorisnya membuat obrolan begitu menarik. Namun sikapnya justru menjadi tak tertebak

Penyuka cowok humoris via www.hipwee.com

Anyone can say words but little will do action. Memang bagaimana selama ini sikap dia ke orang lain? Bagaimana sikapnya dengan kita? Bercanda atau tidak baru ketahuan saat kita sama-sama menyatakan ingin bersama kan?”

Sikap seseorang yang terlalu akrab, memang bisa membuat kita kebingungan. Bisa saja dia hanya mencoba bersikap ramah. Namun dalam hati, kita berharap dia melakukannya karena jatuh cinta juga. Kalau menghadapi kondisi semacam ini, sebaiknya jangan terburu-buru menyimpulkan, sebab bisa berakhir dengan rasa kecewa. Amati dulu perkembangan sikapnya pada kita dan orang-orang di sekitar.

3. Di tengah banyaknya bad boy, cowok yang sederhana dan sayang keluarga tetap memesona. Bikin jatuh cinta!

Advertisement

Sederhana sudah cukup via www.hipwee.com

“Orang yang punya positive vibes bakal menularkan kebahagiaan dan semangat hidup lho. Apalagi kalau dia sayang sama keluarga, berarti tahu cara mencintai orang yang istimewa untuknya. Wifey/husband material banget deh!”

Seiring bertambahnya usia, cewek memang lebih tertarik pada lawan jenis yang mapan secara emosional. Cowok yang simpel akan menghindari drama-drama yang tak penting. Apalagi kalau dia selalu berpikiran positif, tentu akan membantu saat kita tertimpa masalah. Lantas bagaimana cara mendapat jodoh seperti ini? Lebih baik kita benahi diri sendiri terlebih dulu. Semakin berkualitas diri kita, semakin baik pula jodoh yang diperoleh.

4. Sifat seseorang memang penting, tetapi penampilan juga bisa mempengaruhi daya tariknya. Yuk jaga penampilan~

Suka cowok wangi via www.hipwee.com

“Cowok yang wangi dan bersih berarti suka memerhatikan penampilan. Tidak menutup kemungkinan kalau dia juga ingin mempunyai pasangan yang seperti itu. Aroma bisa mempengaruhi mood seseorang lho. Menjaga kebersihan diri juga bisa menghindarkan kita dari penyakit. Jadi selain atittude, hal penting yang perlu kita jaga adalah kebersihan diri.”

Walaupun penting, inner beauty bukanlah segalanya. Sebab daya tarik seseorang juga dipengaruhi oleh penampilannya. Kalau ingin mempunyai pasangan yang wangi, berarti kita sendiri perlu rajin-rajin memakai parfum. Jangan malas untuk mandi secara rutin supaya penampilan tetap kinclong. Yuk rajin-rajin menjaga kebersihan diri~

5. Di saat orang-orang berusaha mencapai standar yang sama, dia yang berani berbeda tampak mengagumkan

Berani berbeda via www.hipwee.com

“Manusia pasti punya kekurangan dan kelebihan. Terlepas dari sifat buruknya yang wajar sebagai manusia, dia juga mempunyai sifat baik yang bisa menyentuh hati kita. Bukankah orang yang demikian layak untuk diajak berjuang bersama?”

Saat mencintai seseorang, kita memang harus siap untuk menerima kelebihan dan kekurangannya. Sisi positif yang dimilikinya bisa menjadi motivasi kita untuk berbenah diri. Lantas bagaimana dengan sisi negatifnya? Kita memang perlu memaklumi, tetapi jangan sampai membutakan mata sendiri. Kalau ada sifatnya yang sangat keterlaluan, jangan menerima begitu saja.

6. Walaupun menyakitkan, kritik dari seseorang adalah tanda kepedulian. Perlu kita syukuri nih~

Cowok dewasa via www.hipwee.com

“Bersyukurlah masih ada orang yang mau menyentil kita dengan kebenaran karena itu salah satu tanda peduli, walaupun dengan caranya sendiri. Wajar kok kalau merasa shock. Tarik napas dalam-dalam, senyum sejenak, lalu terima kenyataannya. Yuk kita berubah bersama-sama.”

Menerima kritik dari orang lain memang tak mudah. Namun tahukah kamu, dibutuhkan keberanian untuk menyampaikan kritik. Jadi kalau ada orang yang melakukannya pada kita, berarti dia peduli. Tetapi jangan langsung menelan perkataannya mentah-mentah, sebab kita perlu menyaringnya juga supaya lebih cocok.

7. Perbedaan bisa diatasi supaya tak menghalangi cinta. Asalkan berusaha, orang yang introvert dan ekstrovert juga bisa bersatu

Introvert dan ekstrovert via www.hipwee.com

“Hadir tidak harus selalu dengan heboh kok, merespons juga tidak harus terlihat ramai. Cukup dengarkan dan tunjukkan bahwa kamu peduli dan sesekali keluarkan respons yang mendukung. Bukankah setiap orang juga suka didengarkan?”

Jangan langung ciut kalau si dia mempunyai sifat yang berbeda dengan kita. Justru dengan adanya perbedaan, masing-masing akan belajar menjadi lebih baik. Orang introvert bisa lebih terbuka dalam mengekspresikan dirinya, sedangkan orang ekstrovert bisa lebih banyak mendengar alih-alih terus berbicara. Yang penting adalah keinginan untuk saling memahami.

8. Saat jatuh cinta, terkadang kita melupakan diri sendiri karena terlalu sibuk memerhatikan dirinya. Apa yang harus dilakukan?

Ingin menikah via www.hipwee.com

“Mulailah mencintai diri sendiri dulu. Mencintailah dengan penuh kesadaran, sadar bahwa ada banyak hal yang harus kita lakukan di kehidupan ini terlepas dari hadirnya si dia. Mencintalah dengan sadar akan segala konsekuensinya. Mencintailah dengan kesadaran bahwa dunia tidak akan selalu mengikuti kemauan kita. Mencintailah dengan kesederhanaan dan kedamaian.”

Cinta memang hal yang rumit, maka wajar kalau kita bingung menghadapinya. Namun yang jelas, jangan sampai kehilangan diri sendiri saat mencintai orang lain. Tetaplah perhatikan diri sendiri dan perjuangkan mimpi yang penting bagi kita. Tak perlu terburu-buru menikah kalau belum siap.

9. Terkadang, orang cuek kelihatan lebih menarik. Rasanya jadi ingin membuat dia peduli

Cuek justru menarik via www.hipwee.com

“Kalau kita suka karena dia cuek… perlu dipertimbangkan, apa kita juga akan menyukainya saat hal yang disukai itu hilang? Temukan faktor lain yang membuat kita jatuh hati. Mungkin bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang secara tak sadar sudah menyentuh hati kita. Tapi kembali lagi, untuk apa sih kita mencintai orang? Untuk apa sih menyatakan cinta? Pun dengan tujuan saat ini, sebenarnya, apa sih yang kita inginkan?”

Butuh lebih dari satu alasan untuk bertahan mencintai seseorang. Sebab saat terjadi masalah, alasan-alasan itulah yang akan membuat kita tetap membersamainya. Jadi kita perlu memahami perasaan dan tujuan kita dalam mencintai seseorang.

10. Orang yang asyik diajak ngobrol memang bikin terpesona. Apalagi kalau dia tahu cara menghargai diri sendiri

Memerhatikan penampilan cewek via www.hipwee.com

“Bisa bicara random mungkin maksudnya nyambung banget diajak ngomong ya? Dia bisa bebas dalam berbicara dan memiliki wawasan yang luas. Bagi kita yang ingin bereksplorasi, rasanya seperti menemukan partner kan? Kata orang, kadang cinta datang karena kita menyanyikan lagu yang sama. Well, cinta bisa datang karena sosoknya mirip dengan harapan dan minat kita.”

Supaya obrolan bisa terus mengalir, kita juga perlu memperluas wawasan. Ikutilah info-info terkini supaya kita nyambung saat diajak ngobrol. Perlu juga untuk mencari tahu hal-hal yang dia sukai, jadi obrolan akan semakin menarik.

Ada berbagai strategi yang bisa kita gunakan untuk meraih hati seseorang. Yang penting adalah mengenal dan memahami dirinya terlebih dahulu. Barulah setelah itu bisa mulai mendekatinya. Namun bersiap-siaplah menghadapi hal yang tak terduga. Sebab bisa saja, jodoh yang tepat untuk kita justru berbeda dengan tipe yang diinginkan. Jadi lebih baik bersikap luwes dalam percintaan.

Ingin curhatmu dibalas juga? Jangan lupa ikutan MisCur setiap hari Kamis di Instagram @hipwee ya~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE