Menunggu dia yang kita cintai terlihat manis sekali. Tak banyak orang yang bisa menunggu seseorang dalam jangka waktu yang lama untuk memberi kepastian hubungan. Kamu juga akan dinilai sebagai wanita tangguh dan setia. Karena mampu bertahan pada satu hati seorang pria. Untuk urusan satu ini, jelas ketangguhanmu tak perlu diragukan lagi.

Namun agaknya kita harus kembali memahami bahwa menunggu sesuatu yang tidak pasti adalah sebuah kesia-siaan. Menunggu tak seharusnya tak menjadi harapan hampa bagimu. Menunggu seharusnya membuatmu tahu apa yang harus kamu lakukan setelah ini untuk rencana hidupmu. Jadi ketika kamu terus menunggu tanpa kepastian apapun, hidupmu tak akan pernah bergerak kemana-mana.

Kita perlu kembali dulu kepada definisi menunggu. Bukankah menunggu itu berarti kamu tahu pasti kalau dia akan datang kembali?

menunggu itu berarti kamu tahu dia bakal datang, tapi nggak tahu kapan via myinternationaladventure.com

Menunggu seharusnya tak selalu membuatmu bertanya-tanya. Kapan dia akan kembali atau kapan dia akan segera memberi kepastian. Menunggu seharusnya punya tenggat waktu. Sehingga kamu tak terus-terusan dibuat bertanya-tanya sampai kapan terjebak dalam kondisi seperti ini.

Jika dia memang benar juga mencintaimu, dia juga tidak akan membuatmu terjebak dalam kondisi ketidakjelasan yang dia buat. Meski tak sekarang, tapi dia tahu kapan kata “nanti” berubah menjadi “sekarang”. Dan lagi, menunggu seharusnya memberikanmu debaran perasaan yang tak sabar segera diwujudkan, bukan tanya yang malah akan berujung pada kebimbangan.

Kalau kepastian tak juga datang namun kamu bersikeras menunggu, dia yang sebenarnya tepat untukmu bisa pergi begitu saja

Advertisement

Yang tepat justru bisa makin menjauh via elizabethwellsphoto.com

Ketika kita bersikeras menunggu dia yang juga sebenarnya tak tahu apa rencana hidupnya, bagaimana jika justru akan menjauhkan kita dari orang yang sebenarnya tepat untuk kita. Jodoh memang telah disiapkan Tuhan, namun kita tak akan pernah mendapatkan apa-apa jika tak berupaya. Termasuk jika terus-terusan menunggu. Kita justru tak akan mendapatkan kepastian apa-apa.

Jangan pernah takut untuk meninggalkan, jika kepastian tak kunjung kamu dapatkan. Jangan pernah takut sendiri, karena kesendirian inilah yang akan membawamu ke babak hidup yang lebih baru. Kamu akan dibukakan matanya terhadap sudut pandang lain. Bahwa menunggu tak seharusnya membuatmu kehilangan banyak kesempatan baik lainnya.

Kadang membuatmu menunggu tanpa kepastian jelas, tanda dia tidak mau berjuang lebih keras. Kamu masih yakin untuk bertahan?

Dia tak mau berjuang lebih keras untukmu via www.juliepepin.com

Selama ini kamu mungkin sudah banyak memaklumi. Dia yang tak kunjung datang membawa kepastian, mungkin sedang mempersiapkan masa depannya. Atau mungkin sedang mengumpulkan modal untuk membuatmu tak kepayahan kelak. Namun yang kamu tahu hanyalah “mungkin”, tanpa pernah tahu sebenarnya.

Dia tak pernah terbuka denganmu. Selalu menjawab pertanyaan dengan kata “nanti”, dan setelahnya membuatmu kembali bertanya pada ketidakpastian. Dia juga tak berusaha untuk membuatmu yakin pada hubungan ini. Semua terasa di awang-awang, yang kalau kamu bayangkan saja cukup sulit.

Kalau sudah begini, sebenarnya jadi tanda dia tak mau berjuang lebih keras untukmu. Dia hanya memanfaatkan kesempatan yang ada bersamamu sekarang. Yakin kamu masih mau bertahan?

Menunggu tak perlu selamanya, tentukan batas waktunya. Agar kamu bisa segera melakukan rencana selanjutnya

kamu yang tahu batas dirimu sendiri via pixabay.com

Sekali lagi. Menunggu seharusnya tak membuang waktumu. rencana yang kamu susun baik rencana pribadi maupun bersama dengannya harus tetap terlaksana dan bisa sesuai dengan timeline yang dibuat. Ketika batas waktu itu telah habis, maka kamu bisa segera banting setir ke rencana cadangan. Sementara kalaupun tak bisa mewujudkan mimpi bersamanya, bukan berarti kamu harus mengorbankan mimpi pribadi.

Menunggu tak boleh selamanya. Tentukan batas waktunya. Kalau lewat, jalankan rencakan selanjutnya.

Tolong pegang teguh prinsip ini. Agar hidup tak berjalan sia-sia hanya karena menunggu sesuatu yang tak pasti.

Jadi, mau berapa lama lagi kamu menunggu?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!