10 Alasan Shinee Tetap Bersinar Seperti Namanya.

10 tahun berkarya, SHINee layak disebut salah satu grup K-POP terbaik

Sulit rasanya untuk mengungkapkan 10 alasan SHINee tetap bersinar meskipun sudah 10 tahun berkarya di industri musik KPOP. Terlalu banyak alasan yang membuat Shawol akan tetap mencintai SHINee meskipun bermunculan idol-idol group baru yang pesonanya juga sulit ditolak. Kekompakan dan solidaritas antar member SHINee menjadi salah satu alasan mereka tetap bisa mempertahankan eksistensinya.

Debut diusia muda tidak menjadi hambatan bagi SHINee untuk berkarya dan menghasilkan penampilan yang luar biasa diatas panggung. Menyanyikan berbagai genre musik menjadi bukti bahwa SHINee memiliki banyak talenta. Lagu-lagunya terkenal easy listening dan tidak membosankan, seperti Replay, Ring Ding Dong, Everybody, Sherlock dan Lucifer yang masih sering diputar diberbagai acara TV. Bahkan lagu Ring Ding Dong masuk dalam 100 greatest Boyband Songs of All Time versi Billboard. Padahal hanya 10 lagu k-pop loh yang masuk list ini.

Tahun 2017 mungkin menjadi tahun yang tidak bisa dilupakan bagi para member SHINee maupun Shawol. Kepergian Jonghyun sebagai main vocalist di SHINee tentu sangat terasa ketika kita melihat keempat member lainnya tampil. Namun, bagaimanapun SHINee tetaplah SHINee yang memiliki 5 member yaitu Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin.

Walaupun sulit untuk merangkum sekian banyak alasan, tapi untuk memperingati 10 tahun anniversary SHINee bulan ini yuk simak 10 alasan utama SHINee tetap bersinar sampai sekarang :

1. IDOL GROUP GENERASI KE-2 YANG BERHASIL MELEWATI KUTUKAN 7 TAHUN

SHINee debut pada 25 Mei 2008

SHINee debut pada 25 Mei 2008 via https://aminoapps.com

Advertisement

Di industri musik kpop, dikenal istilah five years jinx atau seven years jinx atau ‘kutukan’ yang biasanya menghantui grup idol ketika memasuki usia lima dan tujuh tahun. Hal itu karena umumnya kontrak sebuah grup dengan agensi berlaku selama 5 atau 7 tahun. Sehingga keberlanjutan sebuah grup ditentukan ketika masa perpanjangan kontrak tersebut.

SHINee merupakan salah satu grup dari generasi kedua yang berhasil melewati 2 kutukan itu tanpa adanya pergantian line up member. Padahal, tidak sedikit grup seangkatannya yang bubar atau kehilangan membernya karena memutuskan untuk keluar. Sebut saja TVXQ, Super Junior, Girls Generation, B2ST, 2NE1, f(x), SISTAR, dan 4minute yang sama-sama debut diera 2001-2010.

Meskipun begitu sekarang SHINee tetap harus menghadapi kenyataan bahwa satu dari lima membernya sudah tidak bersama-sama lagi. Namun, sampai kapanpun Jonghyun akan tetap dikenal sebagai Jonghyun SHINee. Bukan sebagai mantan member yang keberadaannya harus dilupakan, Jonghyun tetaplah member SHINee yang akan terus melekat dihati para shawol.

Advertisement

Dalam Fan Meeting perayaan 10 tahun mereka membuat Video khusus untuk mengenang Jonghyun yang membuat shawol yang menyatu dalam emosi kesedihan bersama para member. Tetap harmonis dan bertahan diera persaingan K-POP yang semakin ketat menjadikan SHINee diakui sebagai role model bagi banyak rookie. Semoga SHINee bisa terus melewati rintangan lainnya ya!

2. KERJA KERAS DAN PROFESIONAL

SHINee memenangkan penghargaan

SHINee memenangkan penghargaan via http://dreamers.id

Lahir dari sebuah agensi besar, tidak menjadikan SHINee lantas besar kepala. Kerja keras, profesionalitas, dan bekerja dengan hati rasanya 3 hal yang melekat di semua member SHINee. Debut diera keemasan gelombang K-POP menjadikan SHINee harus bersabar untuk mendapat pengakuan di mata penggemar K-POP diseluruh penjuru dunia.

Di tengah kerasnya persaingan industri musik Korea, SHINee harus menunggu lebih dari 5 tahun untuk bisa membawa pulang penghargaan sebagai artist of the year di ajang music award. Walaupun banyak juga penghargaan lainnya yang mereka dapat, tapi membawa pulang gelar daesang tentu memiliki kebanggaan tersendiri bagi para idol.

Tanggal 14 November 2013 bisa dibilang salah satu tanggal bersejarah untuk SHINee. Untuk pertama kalinya setelah debut, SHINee menyandang predikat artist of the year pada ajang penghargaan Melon Music Award 2013. Shawol pasti masih ingat dong bagaimana terharunya para member SHINee ketika mendapat penghargaan itu.

Shawol yang nonton momen itu dijamin ikutan nangis deh! Meskipun saat ini banyak bermunculan idol group baru dengan fans bejubel, namun bagi SHINee memberikan penampilan terbaik adalah hal utama.

3. GOOD PERSONALITY

SHINee selalu meninggalkan kesan baik bagi siapapun

SHINee selalu meninggalkan kesan baik bagi siapapun via http://change.org

Sejak awal debut, SHINee dikenal sebagai idol yang memberikan good impression bagi para seniornya. SHINee dipuji selalu datang tepat waktu ketika menghadiri sebuah acara. SHINee juga dikenal ramah kepada para staff disetiap acara yang mereka hadiri. Bahkan setelah menjadi seorang senior pun, predikat itu tetap melekat dimata para juniornya. Tak jarang SHINee menyapa lebih dulu para juniornya dan memuji karya mereka.

Ketika menghadiri sebuah ajang penghargaan atau music festival, SHINee sering terlihat turut "menikmati" penampilan idol lain termasuk juniornya. Hal itu mengundang dercak kagum para penggemar karena SHINee dinilai bisa mengapresiasi karya oranglain. Bahkan di agensi mereka pun, SHINee terkenal sebagai grup yang penurut dan tidak pernah macam-macam.

Hal itu terbukti sejak debut sampai sekarang SHINee hampir tidak pernah terlibat skandal baik dalam bermusik maupun kehidupan pribadi. Sang leader, Onew, memang sempat dituduh melakukan pelecehan seksual tapi masalah tersebut sudah selesai dan Onew dinyatakan tidak bersalah. Disadari atau tidak, salah satu kunci SHINee tetap eksis adalah karena perilaku mereka yang baik kepada siapapun termasuk penggemarnya.

4. KING OF LIVE PERFORMANCE

SHINee "The King of Live Performance"

SHINee "The King of Live Performance" via http://stararena.co

Menjadi idol grup dengan member yang tergolong sedikit tentu tidak mudah ketika melakukan live performance terutama saat konser solo. Bernyanyi sambil menari saja tentu bukan perkara mudah, apalagi SHINee terkenal dengan koreografi yang sulit. Julukan King Of Live Performance untuk SHINee tentu sudah sangat sering dibahas. Bahkan penampilan SHINee dijuluki CDINee karena kemampuan vokal mereka tidak kalah sempurna dengan versi asli di CD album.

Di berbagai artikel, SHINee selalu termasuk kedalam idol group yang hampir tidak pernah melakukan lypsinc ketika tampil live. KBS Music Festival 2012 menjadi salah satu moment dimana SHINee menunjukan kualitas mereka. SHINee mendapat banyak pujian karena tetap tampil memukau ketika ada masalah dengan soundsystem di acara tersebut.

Kemampuan vokal sepaket dengan energi yang luar biasa menjadikan SHINee selalu banjir pujian. Sooyoung SNSD bahkan pernah berkomentar "Kami (Girls Generation) benar-benar iri dengan energi dan semangat SHINee di atas panggung. Seolah-olah itu adalah penampilan terakhir mereka,".

Julukan Raja dari Live Performance juga diberikan para wartawan yang menghadiri SMTown Live in Seoul 2017 lalu. Dari berbagai penampilan, SHINee berhasil memikat hati para reporter. Bahkan 3 dari reporter mengacungkan jempol mereka bersama-sama setelah melihat penampilan SHINee. "Mereka sangat bersinar terang. Saat orang-orang berprasangka buruk terhadap idol, pada akhirnya mereka akan menjadi fans SHINee setelah melihat penampilannya," ujar salah satu wartawan.

Sebuah artikel di New York Times tahun 2011 juga pernah membahas karakter vokal SHINee yang kuat dan peran main vocal dan sub vocal yang saling melengkapi. Meskipun beberapa lagu yang dibawakan cukup risky tapi SHINee mampu tampil dengan sempurna.

5. FASHION TREND

Konsep kostum yang unik menjadi ciri khas SHINee

Konsep kostum yang unik menjadi ciri khas SHINee via http://chanel-korea.com

Selain dikenal dengan kemampuan bernyanyi dan menarinya, SHINee juga dikenal sebagai k-pop group dengan konsep fashion yang unik. Tentu hal ini menjadi salah satu daya tarik SHINee yang membuat mereka tidak pernah bosan untuk dilihat. Tak jarang style unik itu menjadi trendsetter dikalangan penggemar k-pop. Bahkan konsep fashion debut mereka yaitu colorful skinny jeans dan white high sneakers mendapat penghargaan Style Icon Asia Awards 2008 karena menjadi trend di ASIA.

SHINee memang selalu muncul dengan konsep fashion yang berbeda untuk setiap albumnya. Misalnya saja untuk album Misconception of Us, SHINee mengusung tema setelan tabrak motif. Sementara untuk album Odd, SHINee memakai konsep summer vibes yang juga menjadi trend bahkan dikalangan para idol. Untuk album terakhir mereka 1 of 1 yang rilis tahun 2016, SHINee menggunakan outfit ala 90-an dengan setelan colorful dilengkapi aksesoris bling-bling.

Konsep fashion yang tidak biasa disetiap penampilannya, menjadikan penggemar selalu menunggu dan menebak fashion apalagi yang akan SHINee tunjukkan. Apalagi salah satu member SHINee yaitu Key memang memiliki minat khusus di dunia fashion, sehingga tak jarang kostum mereka merupakan ide dari Key. Wah, kira-kira untuk album mereka tahun ini konsep unik apa ya yang akan mereka tunjukkan?

6. KEMAMPUAN VOKAL DAN DANCE

SHINee dikenal sebagai salah satu idol group dengan kemampuan vokal dan dane terbaik

SHINee dikenal sebagai salah satu idol group dengan kemampuan vokal dan dane terbaik via http://shineeusa.net

Dikenal sebagai salah satu idol group dengan kemampuan vokal dan dance terbaik ternyata tidak begitu saja didapatkan SHINee. Dalam tayangan reality show 'BoA #Keyword’, Key mengungkapkan sebelum debut SHINee dianggap sebagai grup yang tidak bisa menyanyi oleh agensi mereka. SHINee direncanakan debut dengan konsep 80% rap dan vokal hanya sebagai bumbu tambahan karena kemampuan vokal mereka yang dianggap kurang mumpuni.

Menyadari bahwa mereka tidak memiliki image SWAG untuk menjadi sebuah group rap memotivasi seluruh member SHINee untuk meningkatkan kemampuan vokal masing-masing. Berkat kerja keras itulah, lagu debut mereka, Replay, berhasil merebut hati banyak penggemar. Perpaduan warna suara masing-masing member juga dianggap sempurna karena karakternya yang berbeda-beda.

Member SHINee memang dikenal rajin berlatih bahkan diluar jadwal yang telah ditentukan. Taemin misalnya, diawal kemunculan SHINee, kemampuan vokal Taemin dianggap sangat buruk. Hal itu membuatnya tidak mendapatkan part solo sama sekali ketika tampil. Dijuluki sebagai idol yang tidak bisa bernyanyi membuat Taemin terpacu untuk terus meningkatkan skill bernyanyinya.

Siapa yang menyangka main dancer SHINee itu sekarang sudah memiliki 2 album solo dan mendapat banyak penghargaan. Kemampuan vokal Onew sebagai lead vocal juga tentu tidak perlu diragukan lagi. Onew masuk dalam Top 20 Longest Notes by K-pop Stars karena berhasil bertahan dalam durasi 40 detik. Suara lembut Onew yang khas memberikan warna tersendiri untuk lagu-lagu SHINee.

Bicara tentang kemampuan vokal tentu suara emas Jonghyun memang tak terbantahkan. Namanya selalu muncul dalam daftar best kpop vocalists diberbagai situs. Karakter suaranya yang memiliki power luar biasa menjadikan Jonghyun tampil sempurna ketika membawakan lagu beat maupun ballad. Key dan Minho juga memiliki progress pesat dalam hal vokal.

Hal itu juga yang membawa mereka dijuluki sebagai salah satu grup k-pop yang seluruh membernya memiliki kemampuan vokal yang baik. Hal itu dibuktikan dengan part Minho dan Key di lagu terbaru Good Evening lebih banyak daripada Taemin dan Onew. Padahal mereka bukan vocal line loh!

Selain vokal yang sempurna, SHINee juga dikenal sebagai grup dengan kemampuan menari yang luar biasa. Koreografi SHINee yang dikenal cukup rumit dan tidak berjeda menjadikan para member berusaha lebih keras untuk dapat tampil sempurna. Lagu Sherlock, Dream Girl dan Everybody menjadi lagu yang memperlihatkan kekuatan dance dari SHINee. Kemampuan Taemin sebagai main dancer di SHINee juga tidak perlu diragukan lagi. Banyak grup rookie yang menjadikan Taemin sebagai idola bahkan role model mereka.

Bagi kalian yang sudah nonton performance SHINee dengan lagu terbarunya, Good Evening, tentu sangat setuju dengan point ini ya. Menggunakan kursi sebagai properti dance membuat SHINee semakin bersinar diatas panggung. Koreografi yang diusung oleh Koharu itu memang unik dan membuat siapapun yang melihatnya langsung terkesima. Tingkat kesulitan koreo dalam lagu terbaru mereka ini juga diakui oleh para member. Cukup sulit untuk menjaga kestabilan suara dengan melalukan gerakan dance yang tidak biasa ini sekali lagi membuktikan kualitas SHINee luar biasa!

7. MULTITALENTED MEMBER

Member SHINee dikenal multitalented

Member SHINee dikenal multitalented via http://soompi.com

Selain sebagai idol group, hampir seluruh member SHINee dikenal sebagai idol dengan banyak talenta baik dalam hal akting, variety show, olahraga, maupun bermusik. Hampir semua member pernah menjajali dunia akting baik hanya sebagai cameo ataupun sebagai pemeran utama. Minho adalah member SHINee yang paling aktif didunia akting. Bahkan kemampuan aktingnya membawanya menjadi second lead actor dalam film Derailed bersama Ma Dong Seok.

Saat ini Key pun mulai menunjukkan eksistensinya diindustri film setelah banjir pujian dalam perannya di drama Drinking Solo. Sang leader, Onew, juga ikut unjuk gigi dalam perannya sebagai Lee Chi Hoon dalam drama Descendant of The Sun dan mendapat penghargaan sebagai Scene Stealer di Rookie Award 2016.

Talenta member SHINee dalam membintangi variety show juga tidak perlu diragukan lagi. Menjadi bintang tamu ataupun main cast dalam berbagai reality show merupakan salah satu bukti eksistensi SHINee didunia hiburan selain bermusik. Sementara dalam olahraga, Minho memang kerap tampil diberbagai pertandingan olahraga terutama sepak bola. Minho dikenal sebagai salah satu The Soccer Idols. Dalam bermusik tentu tidak usah diragukan lagi, Jonghyun dikenal sebagai musisinya SHINee.

Kemampuannya dalam membuat lirik ataupun komposisi musik menjadikannya salah satu idol dengan hak cipta lagu terbanyak. Tercatat sebanyak 69 lagu beredar dibawah nama Jonghyun. Lagu-lagu ciptaannya tidak hanya dibawakan oleh SHINee, tapi juga penyanyi lainnya seperti EXO, Lee Hi, IU, Son Dam Bi, dan Lim Kim. Tak hanya Jonghyun, member lainnya juga seringkali ikut andil dalam pembuatan lagu untuk SHINee.

Baru-baru ini Key membuktikan kepiawaiannya dalam menulis lirik lagu dan juga rap dalam album terbaru mereka The Story of Light. Bahkan Minho tercatat sebagai idol dari SM Entertainment yang paling banyak berpartisipasi dalam pembuatan rap. Wah, paket lengkap banget ya SHINee!

8. LOVE, RESPECT, SUPPORT

Member SHINee dikenal kompak dan harmonis

Member SHINee dikenal kompak dan harmonis via http://digitalmusicnews.com

Wah kalau bahas point ini memang menarik ya mungkin bisa jadi novel kalau diceritakan semuanya. Menjadi idol group yang sudah bersama-sama lebih dari 10 tahun menjadikan SHINee semakin memahami satu sama lain. Hubungan antar member SHINee memang terkenal harmonis. Diakui Key, setelah 5 tahun hidup bersama saat ini mereka tidak pernah benar-benar bertengkar. Mereka sepakat menganggap para member sebagai rekan bisnis yang harus dihormati dan didukung.

Namun dibalik hubungan itu mereka justru lebih terlihat sebagai keluarga yang sebenarnya. Kasih sayang dan kekompakkan antar member bisa terlihat diberbagai moment. Dalam episode ke-3 Why Not The Dancer, Taemin mengungkapkan bagaimana ia sangat bergantung para membernya. Taemin juga bercerita ia selalu mengingat member SHINee ketika ia mengunjungi suatu tempat yang bagus atau menyantap makanan enak.

Member SHINee kerap terlihat hadir untuk mendukung aktivitas solo member lainnya. Tak jarang mereka juga saling memberikan kritik dan saran demi kemajuan SHINee maupun member secara personal. Kedekatan para member SHINee juga bisa dilihat disetiap acara yang mereka hadiri. Dalam berbagai acara penghargaan, SHINee seringkali tertangkap kamera asik dengan dunia mereka sendiri. Menikmati setiap penampilan dengan kekonyolan ala SHINee yang membuat kamera seolah terhipnotis untuk menggambil moment itu.

Dalam perayaan 10th mereka, berbagai moment manis juga dapat terlihat. Bagaimana para member bersyukur memiliki satu sama lainnya. Selain itu, Onew bahkan mengatakan ia memilih jadi Idol jika terlahir kembali asalkan itu tetap SHINee dengan member yang sama. Hal yang sama juga pernah disampaikan Jonghyun dalam interviewnya bersama Baskin Robins. Semoga hubungan mereka selalu harmonis dan mereka terus bersama-sama selamanya ya!

9. KARAKTER DARI SETIAP MEMBER SHINEE

Memiliki karakter berbeda-beda membuat member SHINee saling melengkapi satu sama lain

Memiliki karakter berbeda-beda membuat member SHINee saling melengkapi satu sama lain via http://saokpop.com

Salah satu kunci keberhasilan sebuah grup adalah karakter dari setiap membernya. Bagaimana masing-masing karakter itu bisa saling melengkapi dan menjadikan grupnya sempurna. Kepribadian member SHINee ini juga yang akan menjadi fondasi kekuatan mereka untuk terus bersinar dalam setiap penampilannya.

Onew

Pemilik nama lengkap Lee Jin Ki ini memang dikenal sebagai salah satu leader terbaik. Kemampuannya memimpin SHINee tidak hanya diakui para member tapi juga idol group lainnya. Hal itu terbukti dengan terpilihnya Onew sebagai Best Leader dalam ajang SBS Gayo Daejun 2015. Dalam acara Abnormal Summit, Minho mengakui bahwa salah satu hal yang membuat SHINee bertahan hingga sekarang yaitu kepemimpinan Onew yang tidak menempatkan dirinya lebih tinggi dari member lainnya. Sejak awal debut, Onew dikenal sangat perhatian dan bertanggung jawab kepada adik-adiknya di SHINee. Sisi lain Onew yang membuatnya dicintai oleh para fans adalah tingkah lucunya yang terkenal dengan Onew Sangtae atau Onew Condition.

Jonghyun

Kim Jong Hyun dikenal sebagai member yang memiliki kehangatan hati tapi juga jiwa humoris. Hal itu membuat para member merasa nyaman untuk menjadikan Jonghyun tempat curhat. Jonghyun juga dikenal sangat ramah kepada penggemarnya, tak jarang ia menyapa mereka melalui akun SNS pribadinya. Dalam percintaan, Jonghyun dikenal piawai dalam menjalin hubungan. Jonghyun adalah satu-satunya member SHINee yang pernah mengkonfirmasi hubungan percintaannya. Kemampuannya dalam bermusik tak jarang menjadikan Jonghyun tempat ‘konsultasi’ bagi penyanyi lain. Kepribadiannya yang baik dibuktikan dengan banyaknya kerabat yang menghadiri acara pemakamannya.

Key

Member serba bisa yang memiliki nama lengkap Kim Ki Bum ini memang dikenal terlalu jujur dalam mengungkapkan pendapat dan isi hatinya. Hal itu juga yang membuat Key dan Minho sempat canggung dimasa trainee. Key juga dikenal sebagai member yang perhatian. Diawal debut, Key lah yang bertanggungjawab mengurus sarapan dan seragam sekolah Taemin sehingga disebut ‘umma’ nya SHINee. Kemampuan bahasa inggris Key yang fasih membuatnya memiliki banyak penggemar di Amerika dan Eropa. Key juga dikenal sebagai member yang paling cepat menghafal gerakan dance meski baru satu kali melihat. Kepribadiannya yang ceria dan menyenangkan membuat Key memiliki banyak teman di industri K-pop.

Minho

Ketika mendengar kata Choi Min Ho tentu yang melekat di benak kita adalah jiwa kompetitifnya. Tidak hanya dalam sebuah pertandingan, bahkan ketika makan dengan Minho pun para member merasa berada disebuah ajang lomba makan. Minho juga dikenal sangat jahil dan tidak jarang membuat member lainnya kesal. Padahal, Minho dikenal jaim loh diawal kemunculan SHINee. Minho juga dijuluki ‘lem’ nya SHINee karena paling sering mengajak member lainnya untuk berkumpul. Bagi Minho, quality time dengan para member diluar pekerjaan itu sangat penting untuk mempertahankan kekompakkan. Minho juga menjadi member yang paling sering menghadiri aktivitas solo member SHINee lainnya.

Taemin

Sebagai maknae di SHINee, Lee Tae Min memiliki image cute diawal kemunculannya. Debut diusia muda menjadikan ‘baby Taemin’ sudah familiar di telinganya. Bisa dilihat bagaimana kemanjaan Taemin membuat para hyung nya merasa gemas dan selalu menghawatirkannya. Apalagi Taemin dikenal dengan julukan ‘magic hand’ karena sangat sering menghilangkan atau merusak barang yang ia pegang. Hal itu membuat member lainnya memberikan perhatian ekstra untuknya. Kehadiran Taemin selalu membawa tawa bagi para member lain karena tingkah lakunya yang konyol dan kepolosannya dalam berbicara. Saat ini Taemin sudah tumbuh menjadi idol dewasa yang dihormati juniornya.

10. SHAWOL IS EVERYTHING

Shawol adalah sebutan untuk fans SHINee

Shawol adalah sebutan untuk fans SHINee via http://aminoapps.com

Semua Shawol pastinya setuju dengan point ini dong ya. Kecintaan SHINee ke penggemarnya pasti bisa dirasakan disetiap penampilan mereka. SHINee tidak pernah melewatkan kesempatan untuk berterimakasih dan mengungkapkan bahwa mereka mencintai fansnya. Setelah kepergian Jonghyun pun mereka berjanji untuk terus bersama-sama sebagai SHINee demi Shawol.

Sang leader, Onew, pernah mengunggah foto yang menunjukan surat-surat dari penggemar yang ia kumpulkan. Key dan Jonghyun seringkali menyapa fans melalui SNS pribadi mereka dengan melakukan siaran langsung. Bahkan Key dan Taemin pernah bergabung di grup kakaotalk yang berisikan para shawol untuk sekedar menyapa dan melepas rindu.

Eksistensi shawol terbukti dengan masuknya SHINee kedalam 20 k-pop idol group dengan fans terbanyak. Diberbagai acara yang menampilkan banyak idol lainnya pun, shawol tetap eksis loh! Apalagi warna lightstick SHINee tergolong khas sehingga menonjol diantara warna lainnya.

Kecantikan warna lightstick SHINee seringkali mengundang kekaguman. Apalagi fans SHINee ini termasuk fansclub yang hampir tidak pernah terlibat fanwar dengan fans grup lainnya. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi SHINee. Ikatan yang kuat antara SHINee dan shawol ini tentu menjadi salah satu alasan kenapa SHINee akan terus bersinar.

Nah, itu dia 10 alasan SHINee terus bersinar sampai sekarang seperti namanya. Semoga SHINee terus bersinar selamanya yaa. Seperti slogan mereka ‘WE ARE SHINING SHINEE’!!! Happy 10th anniversary SHINee!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menulis adalah sebuah keberanian...

CLOSE