Negeri di benua biru ini memiliki sejarah yang begitu panjang. Dari zaman King Henry VIII hingga Prince William, negeri ini selalu menarik untuk dibicarakan. Kastil-kastil kuno yang bertebaran di seluruh pelosok negeri membuat Britain menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, sebelum mendarat di negeri Harry Potter ini, saya akan mengajak para pembaca yang baik hati untuk meluangkan waktu sejenak dan merenungi beberapa hal di bawah ini :D

1. England, Great Britain dan UK Itu Berbeda

England atau Inggris merupakan sebuah negara yang beribukota di London. Great Britain atau Britania Raya merupakan gabungan England, Scotland dan Wales. Sedangkan UK (United Kingdom) merupakan persatuan dari Great Britain (England, Scotland, dan Wales) dan Northern Ireland (Irlandia Utara). Nah, jangan sampai ketuker-tuker lagi ya!

2. Teh Adalah Minuman Utama

Stonyford Cottage Gardens

Stonyford Cottage Gardens via https://www.stonyfordcottagenursery.co.uk

Teh menjadi minuman favorit di Britain yang muncul pertama kali di pertengahan abad ke-17. Princess Anna, Duchess of Bedford ke-7 adalah orang yang pertama kali mempopulerkan kebiasaan minum teh di akhir sore hari. Hal ini menjadi kebiasaan masyarakat berkelas pada waktu itu.

Advertisement

Hingga sekarang, minum teh tetap menjadi kebiasan para British. Bahkan di taman-taman terkenal seperti Ranelagh dan Vauxhall di London, sering diadakan Tea Gardens. Acara minum teh sambil menikmati pertunjukan kembang api bersama orang-orang tercinta.

3. Fish and Chips dengan Harga Selangit

Fish and Chips

Fish and Chips via https://www.cnn.com

Fish and chips menjadi makanan favorit di Britain. Sesuai namanya, makanan ini terdiri dari kentang dan ikan goreng yang disajikan bersama sambal colek. Yummy! Kalian bisa menjumpainya dijual di fish and chips shops di seluruh pelosok negeri. Tapi lihat-lihatlah terlebih dahulu jika membelinya di London. Harga fish and chips di London bisa mencapai £10 atau sekitar Rp 170.000,00. Benar-benar selangit!

4. Pejalan Kaki Berjalan di Sisi Kanan

Pedestrians in England

Pedestrians in England via http://www.dailymail.co.uk

Jika berada di Britain, maka kalian akan menemui para pengendara mengemudi di sisi kiri (sama dengan di negara Indonesia tercinta). Nah, jika kalian hendak berjalan kaki, pastikan berjalan di sisi kanan jika di jalan dua arah. Penting bagi kita untuk mempelajari terlebih dahulu the rules of pedestrians di buku panduan wisatawan. Atau untuk lebih aman gunakan trotoar, tempat yang paling nyaman untuk para pejalan kaki.

5. Memanggil dengan Sebutan yang Tak Lazim, Tapi Lucu Juga Diterjemahin

Ey'up, Duck!

Ey'up, Duck! via https://edition.cnn.com

Advertisement

Masyarakat di beberapa daerah seperti Nottingham, Derby dan Leicester memiliki kebiasaan yang unik. Mereka memanggil orang lain dengan sebutan yang tak lazim. Jadi, jangan tercengang jika kalian berada di sebuah toko dan pelayan tokonya bertanya, "How may I help you, duck?" Duck? Bebek? Iya. Duck adalah salah satu panggilan akrab di daerah ini. So, jangan keburu marah dulu ya! Hehehe.

6. Orang Britain Sering Berbicara Mengenai Cuaca

Weather Forecast

Weather Forecast via https://www.express.co.uk

Berbicara mengenai cuaca menjadi topik yang disukai orang Britain. Mungkin dikarenakan Britain memiliki 4 musim, berbeda dengan negara-negara di kawasan tropis. Cuaca di England mudah berubah-ubah, dari cerah, berawan, hingga mendung dan badai di musim salju.

Selain itu, berbicara mengenai cuaca menjadi salah satu cara yang friendly untuk dapat lebih dekat dengan teman kita. Bahkan biasanya, kalau seorang British tiba-tiba berbicara mengenai cuaca, tandanya dia mau mengatakan sesuatu yang serius.

7. Orang Britain Jarang Mengatakan Sebenarnya Apa yang Mereka Maksud

British People Arguing

British People Arguing via https://www.istockphoto.com

Semisal kamu menanyakan dress yang kamu pilih kepada teman Britain-mu. Dan dia jawab, "I think it's good enough." Yang kalau diterjemahin ke dalam bahasa Indonesia "Saya pikir cukup bagus. Padahal sebenarnya yang mereka maksud dress itu nggak bagus atau kurang cocok dengan kamu. Jadi jangan salah tangkap dulu ya, karena memang orang Britain suka berbicara dengan bahasa konotasi.

8. Budayakan Antre!

Brits Love Queueing

Brits Love Queueing via https://www.istockphoto.com

Orang Britain sangat menjunjung tinggi budaya antre. Jangan heran kalau di depan toko berdiskon besar-besaran kalian bakal menjumpai antrean yang lihatnya aja bisa bikin pingsan. Hehehe. So, budayakan antre ya. Kalau tidak, siap-siap aja dapat pelayanan yang tidak ramah. Atau yang paling parah bisa ditegur, kan malu-maluin.

9. Jangan Melakukan Kontak Mata di Daerah London

Crowded London

Crowded London via https://www.planetizen.com

Seramai apapun jalan yang kamu lewati ataupun underground yang kamu naiki, jangan pernah melakukan kontak mata dengan siapapun. Beginilah orang-orang di daerah London dengan kebiasaannya. Tetapi di luar London, orang-orang lebih ramah dan suka mengobrol. Jadi jangan kaget kalau di Newcastle kalian disapa "Alright, pet." atau di Derby "Ey'up, duck." Hehehe.

10. Pronunciation itu Penting

British People Asking for Direction

British People Asking for Direction via https://www.linguahouse.com

Pronunciation atau pengucapan kata ternyata sangat penting lho. Apalagi kita yang notabene-nya bukan native speakers, harus banyak belajar mengucapkan kata dalam bahasa Inggris, terutama nama geografis. Contohnya saja Leicester yang dibaca Lester. Dan ini tidak ada aturan bakunya lho. Jadi pahami betul-betul!

Nah, beberapa hal di atas adalah sebagian kecil hal yang perlu kita ketahui sebelum jalan-jalan ke Britain. Semoga tahun ini bisa liburan ke sana ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya